Pengaruh Fitur Layanan Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi E-Wallet Dana (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman)
Abstract
DANA merupakan aplikasi dompet digital yang dapat digunakan untuk menyimpan uang, melakukan berbagai transaksi dan berbagai pembayaran kebutuhan secara online. Berdasarkan data pengguna E-wallet di Indonesia DANA termasuk 5 E-wallet dengan pengguna paling banyak tahun 2022 yang menduduki peringkat keempat dan DANA juga termasuk aplikasi pendatang baru yang memiliki banyak pengguna. Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan untuk pengujian terdiri dari uji instrument, uji asumsi klasik, uji analisis liniear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 25. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner secara online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Fitur layanan berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan penggunaan (2) Kemudahan berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan penggunaan (3) Keamanan berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan penggunaan.
References
Alfaris, M. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital (E-Wallet). Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra, 4(2), 67–74. https://doi.org/10.33059/jmas.v4i2.7450
Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 399–409. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.121
Arta, T. L. F., & Azizah, S. N. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food dalam Aplikasi Gojek. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 291–303. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.478
Avif, M. N., Salim, M. A., & Mustapita, A. F. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Privasi, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Bertransaksi Di Aplikasi Dana (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 82–94.
El Wahyu, M. Z., & Fitriyani, M. N. (2021). Penerapan Technology Acceptance Model (Tam) Dalam Menganalisis Minat Mahasiswa Menggunakan Metode Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Pada Bank Syariah. Jurnal Al-Fatih Global Mulia, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.59729/alfatih.v3i1.39
Fitriyanti, E. D., Farida, E., & Primanto, A. B. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2019). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(01), 1464–1473.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.
Gunawan, I. (2021). Keamanan Data : Teori dan Implementasi. Cv Jejak. file:///E:/t_pmp_0909014_chapter1/t_pmp_0909014_chapter1.pdf
Gustiana, R., & Agustina, R. (2023). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Dana Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi STIE Nasional Banjarmasin. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 72–89.
Hendro, O., Asiati, D. I., & Sari, D. P. (2020). Pengaruh Promosi, Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Digital Dimediasi Oleh Pengetahuan Konsumen Dan Kepercayaan Konsumen Di Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 5(2), 73–98. https://doi.org/10.36908/isbank.v5i2.117
Herawati, S., Saktiendi, E., & Raihanah, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi KAI Access terhadap Kepuasan Konsumen PT Kereta Api Indonesia (Persero). Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(6), 1391–1406. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i6.1436
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Pertama (ed.)). Unitomo Press.
Indrawati, L., & Pattinama, M. M. (2021). Brand Image, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Di Dalam Pengaruhnya Terhadap Minat Ulang Penggunaan Aplikasi Dana. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 16–21.
Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. UMSU PRESS.
Lestari, S., & Tri, I. K. (2021). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Konsuemn Fintech (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi DANA). Jurnal Al-Misbah, 2(1), 66–80.
Made Laut Mertha Jaya, I. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Kedua). Quadrant.
Marhaendra, A. N., & Mahyuzar, H. (2023). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Keamanan Terhadap Kepuasan Pada Pengguna E-Wallet Dana Di Kebumen. Journal of Digital Business and Management, 2(2), 84–90. https://doi.org/10.32639/jdbm.v2i2.400
Masiaga, N. R., Worang, F. G., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Yang Berbelanja Secara Online Di Lazada.Com. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 900–910. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.40476
Mauludin, M. S., Saputra, A. D., Sari, A. Z., Munawaroh, I., & Regita, E. P. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di e-Commerce. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 108–123. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings
Purwanto, E. (2020). Technology Adoption A Conceptual Framework. In Advances in Science, Technology and Innovation (Pertama). Yayasan Pendidikan Philadelphia. https://doi.org/10.1007/978-3-030-50112-9_2
Rismalia, R., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Dana Di Universitas Esa Unggul. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 561–588. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.309
Santi, S. C., Surianto, M. A., Desembrianita, E., & Rosyihuddin, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Financial Technology (GOPAY) di Kabupaten Gresik. JPIM : Jurnal Peneliian Ilmu Manajemen, 6(3), 256–270.
Setiawan, W., Sunaryo, D., & AR, K. (2022). Analisis Fitur Layanan Dan Keamanan Terhadap Penggunaan Dompet Digital (Shopee Pay). Digital Business Journal, 1(1), 52. https://doi.org/10.31000/digibis.v1i1.6602
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (24th ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). ALFABETA.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, W. (2015). Metodologi Penelitian Bisini dan Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Sujarweni, W. (2020). SPSS untuk Penelitian. Pustaka Baru Pres.
Suriatno, M. E., Putra, D. H., Rumana, N. A., & Indawati, L. (2022). Penerimaan terhadap Sistem Informasi KIA Online di Kecamatan Cengkareng dengan Metode TAM. Journal of Innovation Research and Knowledge .(JIRK), 2(5), 2145–2160. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/3661
Tonio, A. M. P., & Imam, A. (2021). Analisis Pengaruh Promosi Penjualan, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Dana. Academia.Edu, 1, 1–22. https://www.academia.edu/download/65982729/Jurnal_Alycia_Maharani.pdf
Wahyuningsih, D., & Nirawati, L. (2022). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Loyalitas Pelanggan E-wallet Aplikasi DANA. Jurkam : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(3), 436–445.
Copyright (c) 2024 Ayu Arisma, Lailatul Hijrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.