Pengaruh Kualitas Pelayanan Serta Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Garden Café & Resto

  • Gedhy Alvinna Riesya Universitas Telkom
  • Akhmad Yunani Universitas Telkom
Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Business Culinary

Abstract

Bisnis dibidang kuliner menjadi salah satu pilihan popular yang sesertag digemari masyarakat kini. Hal ini menimbulkan persaingan ketat sehinga begitu banyaknya jumlah rumah makan yang terus meningkat setiap tahunnya. Pihak manajemen rumah makan harus siap guna kerap upgrade serta berinovasi melalui upaya meninggikan usahanya. Penelitian ini bermaksud guna memahami pengaruh dari kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif melalui penghimpunan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 150 responden. Teknik sampling yang dipakai ketika menentukan responden ialah purposive sampling. Sementara teknik analisis data yang dipakai ialah analisis regresi linear berganda. Hasil temuan penelitian ini menemukan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan pada loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan juga berpengaruh posiif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu penelitian ini juga menemukan keduanya, kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan berpengaruh bersama-sama ataupun melalui simultan terhadap loyalitas pelanggan.

References

Afrilliana, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM Vol. 1, No. 2,, 46-55.
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan serta kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Serta Manajemen Islam, 3(1), 1–17.
Dewi, I. T., & Hasibuan, M. I. (2019). Pengaruh pengalaman pelanggan (customer experience) terhadap kepuasan pelanggan pada rumah makan kuliner Jawa Rantau Prapat. Jurnal Ecobisma, 1(3), 93–103. https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.695
Goetsch, D. ., & Davis, S. (2019). Quality Management For Organizational Excellence: Introduction to Total Quality (8th Editio). Printice Hall International, Inc.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.
Hair J.F., et al. 2010.Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Jeremia Kolonio serta Djurwati Soepeno (2019). Pengaruh Service Quality, Trust, serta Consumer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalty. Jurnal EMBA, 7(1), 833.
Kotler, P., & Keller, K. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Penerbit Erlangga.
Kotler, Phillip serta Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kristian, R. D., & Sugiharto, D. S. (2018). Analisa Pengaruh Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan INDIHOME FIBER melalui Customer Satisfaction selaku Variabel Intervening. 5(2), 1–7.
Mashuri. 2020. “Analisis Dimensi Loyalitas Pelanggan Berlandaskan Perspektif Islam.” IQTISHADUNA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 9, no. 1.
Pertiwi, D. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Serta Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Matahari Department Store Di Mantos 2. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis serta Akuntansi, 9(1).
Rosita Nuraeni, Achyar Eldine serta Leny Muniroh (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Serta Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 487.
Setiawan. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal.Unmuhjember.Ac.Id.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, serta R&D. Bandung : Alphabet.
Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, serta R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed)
Supranoto serta Nanda Limakrisna. (2020). Perilaku Konsumen serta Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Tjiptono, F. (2014). "Pemasaran Jasa/Prinsip, Penerapan, Serta Penelitian Edisi I. Yogyakarta: CV. ANDI
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2024-07-30
Abstract viewed = 3 times
pdf downloaded = 4 times