Penerapan Budaya Kerja Cinta (Competent, Integrity, Teamwork, Costumer Awarnes) Di PT. Bank Bpd Bali Capem Lovina

Authors

  • Putu Agus Adnyana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja
  • Kadek Deni Darmawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11651

Keywords:

budaya kerja, kompeten, integritas, kerja sama, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan budaya kerja CINTA sudah di terapkan dengan baik atau tidak pada PT.Bank BPD Bali Capem Lovina. Penelitian ini dilakukan pada PT.Bank BPD Bali Capem Lovina. Penelitian ini mengambil 5 (lima) orang responden yang merupakan karyawan Bank BPD Bali Capem Lovina. Metode pengumpulan data menggunkan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan Budaya kerja CINTA PT.Bank BPD Bali Capem Lovina ini sudah baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang mengatakan bahwa karyawan memiliki Budaya kerja CINTA yang sudah di terapkan untuk seluruh PT.Bank BPD Bali. Dilihat dari kompetensi karyawan dalam menyelesaikan tugas yang sesuai aturan, integritas karyawan yang baik dalam kegiatan, kerjasama tim yang dilakukan karyawan dalam menyelesaikan masalah yang ditemukan saat kegiatan transaksi, hingga seluruh karyawan yang mengutamakan kepuasaan nasabah.

References

1] Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja , Lingkungan Kerja , Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. 4(1), 47–62.
[2] Alfansyur, Andarusni, Mariyani, M. (2020). "Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial." Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 5.2 (2020): 146-150.
[3] Ali, H., Sastrodiharjo, I., & Saputra, F. (2022). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior : Beban Kerja , Budaya Kerja dan Motivasi ( Studi Literature Review ). 1(1), 83–93.
[4] Aribowo, H. (2017). PENYEDIA DATA DAN INFORMASI DALAM MENUNJANG PENELITIAN BISNIS. 433–444.
[5] Arifin, A. L., & Takrim, M. (2020). INTEGRITAS DAN KEPEMIMPINAN MILENIAL : KASUS PADA HR LEADER Integrity and Millennial Leadership : Case at HR Leader Abstrak.
[6] Arismunandar, O. S. (n.d.). Teknik Wawancara Jurnalistik. 1–9.
[7] Bagus, I. D. A., Pujaastawa, G. D. E., Antropologi, P. S., Sastra, F., Budaya, D. A. N., & Udayana, U. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. 1–11.
[8] Basic, V., Sumsel, B., & Cabang, B. (2017). SISTEM INFORMASI DOKUMENTASI DAN KEARSIPAN BERBASIS CLIENT-SERVER PADA BANK SUMSEL BABEL CABANG SEKAYU Ekkal Prasetyo Program Studi Teknik Informatika Politeknik Sekayu Email excal.polsky@gmail.com. VII(2), 1–10.
[9] Fanlia Adiprimadana SanjayaBudaya, D., Dan, K., Kerja, D., & Kinerja, T. (2021). Jieb : jurnal ilmiah ekonomi bisnis issn online 2615-2134. 2, 70–82.
[10] Febrianto, F. Y., Dan, K., Kepemimpinan, K. T. I. M., & Efektif, K. (2021). PENDEKATAN KEPEMIMPINAN TIM , DAN EFEKTIVITAS TIM ( SUATU KAJIAN STUDI LITERATURE REVIEW ILMU MANAJEMEN TERAPAN ). 2(2), 598–609.
[11] Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. 3(September), 171–180.
[12] Hasi, H. R., Effendy, S., Rambe, M. F., Manajemen, P. M., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (n.d.). Pengaruh Lingkungan Kerja , Budaya Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Labuhanbatu Utara. 1(3), 209–219.
[13] Hayati, N., Yulianto, E., & Bandung, U. L. (n.d.). Efektivitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia. 98–115.
[14] Hidayat, R. (2021). Pengaruh Motivasi , Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja. 5(1), 16–23.
[15] Ibrahim, F. E., Djuhartono, T., Sodik, N., Indraprasta, U., Guru, P., & Indonesia, R. (2021). Pengaruh kerjasama tim terhadap kinerja karyawan di pt lion superindo. 1(2), 316–325.
[16] Iii, B. A. B. (2019). Firdhayanti, 2020. 2002.
[17] Kuantitatif, T. A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif.
[18] Manoppo, P., Tewal, B., Trang, I., Kerja, P. B., Kerja, L., Integritas, D. A. N., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2021). TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI PT . EMPAT SAUDARA MANADO THE INFLUENCE OF WORKLOAD , WORK ENVIRONMENT AND INTEGRITY ON EMPLOYEE PRODUCTIVITY AT PT . EMPAT SAUDARA MANADO Jurnal EMBA Vol . 9 No . 4 Oktober 2021 , Hal . 773-781. 9(4), 773–781.
[19] Mekarisce & Augina, A. (2020). "Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat." Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat 12.3 (2020): 145-151.
[20] Pramana, Yogi, I.G., Rastini, N.M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. Diss. Udayana University, 2016.
[21] Pramudita, T., Gunawan, N. F., Ningsih, M. C., Adilah, R., (2022). DETERMINASI KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN : HARGA DAN KUALITAS PRODUK ( LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN ). 3(1), 424–436.
[22] Prawani, D., & Redjeki, S. (2013). Memahami sebuah konsep integritas. 5(3), 1–14.
[23] Rahmawati, Kepemimpinan, P., Kerjasama, D. A. N., & Dalam, T. I. M. (n.d.). Pentingnya kepemimpinan dan kerjasama tim dalam implementasi manajemen mutu terpadu.
[24] Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
[25] Ringkas, P. B., Menunjang, D., Gudang, K., & Kusumadewi, M. F. (2022). ISSN : 2809-7491. 2, 58–63.
[26] Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 2(2), 312–318.
[27] Sasongko, F. K., & Loyalitas, D. A. N. (2021). ( LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN ). 3(1), 104–114.
[28] Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada e-commerce. Jurnal Computech & Bisnis (e-Journal), 9(1), 23-36.
[29] Sutriani (2019), T., Akhir, U., & Uas, S. (n.d.). Sekolah tinggi agama islam negeri (stain) sorong uji keabsahan data.
[30] Wahyuni, Ilmu, J., Negara, A., Sosial, F. I., & Padang, U. N. (2020). PENGARUH PENERAPAN E-KINERJA DAN INTEGRITAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI Sisi Wahyuni. 4(2), 153–164.
[31] Widnyani & Astitiani, N.P.L.S. (2022). Standar Budaya Kerja Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana bagi Lembaga Perkreditan Desa di Bali." Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 10(1): 193-201.2809-7491. 2, 58–63.
[32] Yanti, & Luthfaarin. (2023). Displin Kerja Pegawai Dan Peranan Manajemen Sumber Daya ManusiaDalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Juripol: Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan, 6(1), 58–64 https://www.polgan.ac.id/jurnal/index.php/juripol/article/view/11754/1427
[33] Yuliani, A., & Nusa Putra, U. (2022). Peran Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja Sdm Dimasa Covid 19: Literature Review. Conference Series, 1(1), 1–08. www.covid.go.id
[34] Zubaidi, N., Cahyono, D., & Maharani, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kualitas Laporan Keuangan. 3(2), 68–76.

Downloads

Published

2024-09-04