Peranan Mahasiswa Dalam Mendukung Praktik Keberlanjutan Pada Perguruan Tinggi
Abstract
Perkembangan saat ini menuntut perhatian yang lebih besar terhadap isu ekonomi, sosial dan lingkungan, mengingat pentingnya menjaga keseimbangan di antara ketiganya. Dalam rangka mencapai Agenda SDGs 2030, peran aktif dari berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi, sangatlah penting. Implementasi keberlanjutan membutuhkan perubahan sikap dan perilaku dari setiap individu di perguruan tinggi, termasuk mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap implementasi pembangunan berkelanjutan di perguruan tinggi dan untuk mengetahui peran mahasiswa dalam upaya implementasi pembangunan berkelanjutan sehingga menjadi bahan evaluasi dalam mewujudkan kampus yang berkelanjutan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 449 responden yang berasal dari perguruan tinggi negeri di Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan persepsi mahasiswa, implementasi pembangunan berkelanjutan di perguruan tinggi berada pada tahap tinggi. Selain itu, peran mahasiswa terhadap upaya-upaya keberlanjutan juga berada pada tahap tinggi. Secara keseluruhan, upaya perguruan tinggi dalam mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan sudah baik, namun komunikasi antara perguruan tinggi dengan mahasiswa masih perlu ditingkatkan, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang keberlanjutan.
References
Avila, L. V., Leal Filho, W., Brandli, L., Macgregor, C. J., Molthan-Hill, P., Özuyar, P. G., & Moreira, R. M. (2017). Barriers to Innovation and Sustainability at Universities around the World. Journal of cleaner production, 164, 1268-1278.
Bakar, M. N. A., Salleh, H. M., Rahim, N. M., Ne'Matullah, K. F., & Idris, Z. (2021). Sustainable Campus: An Integrated Student Knowledge, Waste (WS), Energy and Climate Change (EC) for Recognition in “UI-Green Metric World College Ranking”. Selangor Humaniora Review, 5(2), 93-101.
Barnett, T., & Valentine, S. (2004). Issue Contingencies and Marketers' Recognition of Ethical Issues, Ethical Judgments, and Behavioral Intentions. Journal of Business Research, 57(4), 338-346.
Carroll, A. B. (1996). Business and Society: Ethics and Stakeholder Management. South-Western College Publishing
Cole, M. A., & Elliott, R. J. (2003). Determining the Trade–Environment Composition Effect: the Role of Capital, Labor, and Environmental Regulations. Journal of environmental economics and management, 46(3), 363-383.
Chen, C. J., Gregoire, M. B., Arendt, S., & Shelley, M. C. (2011). College and University Dining Services Administrators' Intention to Adopt Sustainable Practices: Results From US Institutions. International Journal of Sustainability in Higher Education, 12(2), 145-162.
Disterheft, A., Caeiro, S., Azeiteiro, U. M., & Leal Filho, W. (2015). Sustainable universities–a study of critical success factors for participatory approaches. Journal of Cleaner Production, 106, 11-21.
Derahim, N., Hashim, H. S., Ali, N., Abdul, S. A., & Aziz, G. (2012). UKM's Staff Perspective on Sustainability and Its Contribution Towards A Sustainable University. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 376-381.
Etheredge, J. M. (1999). The Perceived Role of Ethics and Social Responsibility: An Alternative Scale Structure. Journal of Business Ethics, 18, 51-64.
Er, A. C., Luthfi, A. T. M., Baharum, E. Y. B., Nordin, N. B., Rahim, N. I. B. A., Zakaria, S. K. B., & Alam, A. F. (2017). Sustainable Campus Initiatives Implemented by Higher Education Provider: Practices amongst Students. Transactions on Science and Technology, 4(1), 55-61.
Fahrianto, A. S., Supraba, I., Triatmadja, R., & Kamulyan, B. (2018). Universitas gadjah Mada Drinking water supply system (UGM-DWSS) potential on supporting green campus program in Universitas gadjah Mada. In Applied Mechanics and Materials (Vol. 881, pp. 55-63). Trans Tech Publications Ltd.
Freeman, R. E., & Reed, D. L. (1983). Stockholders and Stakeholders: A New Perspective on Corporate Governance. California management review, 25(3), 88-106.
Helferty, A., & Clarke, A. (2009). Student‐Led Campus Climate Change Initiatives in Canada. International Journal of Sustainability in Higher Education, 10(3), 287-300.
Kurniawan, P. S., & Wahyuni, M. A. (2019). Akuntansi Keberlanjutan dan Pengukuran Kinerja Keberlanjutan Universitas. Gorontalo Accounting Journal, 2(2), 50-64.
Kusumastuti, R. (2022). Kinerja Kerja Auditor: Tinjauan Melalui Kepuasan Kerja dan Komitmen Profesional. Penerbit Adab.
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Tanpa Tahun. Apa Itu SDGs?. Diakses pada 24 Januari 2023 pada link: https://sdgs.bappenas.go.id/.
Kementerian Pendidikan dan Budaya. (2020). Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Diakses pada 24 Januari 2023 pada link: https://pddikti.kemdikbud.go.id/
Leal Filho, W. (Ed.). (2016). Sustainable Development Research at Universities in the United Kingdom: Approaches, Methods and Projects. Springer.
Leal Filho, W. (2015). Transformative Approaches to Sustainable Development at Universities. World Sustainability Series, DOI, 10, 978-3.
Leiva-Brondo, M., Lajara-Camilleri, N., Vidal-Meló, A., Atarés, A., & Lull, C. (2022). Spanish University Students’ Awareness and Perception of Sustainable Development Goals and Sustainability Literacy. Sustainability, 14(8), 4552.
Lukman, R., & Glavič, P. (2007). What are the key elements of a sustainable university?. Clean Technologies and Environmental Policy, 9(2), 103-114.
Mohammadi, Y., Monavvarifard, F., Salehi, L., Movahedi, R., Karimi, S., & Liobikienė, G. (2023). Explaining the Sustainability of Universities through the Contribution of Students’ Pro-Environmental Behavior and the Management System. Sustainability, 15(2), 1562.
Nawi, N. F. M., & Choy, E. (2020). Campus sustainability: A case study in Universiti Malaysia Sabah (UMS). Journal of Sustainability Science and Management, 15(1), 113-124.
Nejati, M., & Nejati, M. (2013). Assessment of sustainable university factors from the perspective of university students. Journal of Cleaner production, 48, 101-107.
Pandiya, P. P., & Hamida, N. H. (2019). Gaya Bicara Pada Staf Pengajar Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang di Dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (Akunbisnis), 2(2), 165-170.
Park, H. (2005). The Role Of Idealism and Relativism as Dispositional Characteristics in the Socially Responsible Decision-Making Process. Journal of Business Ethics, 56, 81-98.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2015 Tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2015 Tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum
Praja, J. S. (2020). Aliran-aliran filsafat & etika. Prenada Media.
Ribeiro, J. M. P., Hoeckesfeld, L., Dal Magro, C. B., Favretto, J., Barichello, R., Lenzi, F. C., & de Andrade, J. B. S. O. (2021). Green Campus Initiatives as Sustainable Development Dissemination at Higher Education Institutions: Students’ Perceptions. Journal of Cleaner Production, 312, 127671.
Schoeps, A., & Hemmer, I. (2018). Participation of Student Authors in Reports on Sustainability. International journal of sustainability in higher education, 19(2), 249-265.
Singhapakdi, A., Vitell, S. J., Rallapalli, K. C., & Kraft, K. L. (1996). The Perceived Role of Ethics and Social Responsibility: A Scale Development. Journal of business ethics, 15, 1131-1140.
Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). Kesadaran dan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa di Kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260-275.
Tetřevová, L., & Sabolova, V. (2010). University Stakeholder Management and University Social Responsibility. WSEAS transactions on advances in engineering education, 7(7), 224-233.
Tan, H., Chen, S., Shi, Q., & Wang, L. (2014). Development of green campus in China. Journal of Cleaner Production, 64, 646-653.
Universitas Andalas. (2021). Laporan Kinerja Universitas Andalas. Diakses pada 24 Januari 2023 pada link: http://repo.unand.ac.id/43635/1/LAPORAN%20KINERJA%20UNIVERSITAS%20ANDALAS.pdf
Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pembangunan Berkelanjutan (Sustainability Development).
Varadina Manoe, Rayneke (2014). Pengaruh Idealisme, Relativisme, dan Materialisme terhadap Pandangan akan Peran Etika dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) (Doctoral dissertation, UAJY).
Velazquez, L., Munguia, N., Platt, A., & Taddei, J. (2006). Sustainable University: What Can be the Matter?. Journal of cleaner production, 14(9-11), 810-819.
Zamora-Polo, F., Sánchez-Martín, J., Corrales-Serrano, M., & Espejo-Antúnez, L. (2019). What Do University Students Know About Sustainable Development Goals? A Realistic Approach to the Reception of This UN Program amongst the Youth Population. Sustainability, 11(13), 3533.
Copyright (c) 2024 Celsi Sahda Fatika, Asniati Bahari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.