ANALISIS GREEN INNOVATION TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA IKM LOGAM KABUPATEN SUKABUMI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Green Innovation, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran dengan menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan deskriptif dan kausal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 pelaku usaha IKM Logam di Kabupaten Sukabumi dengan menggunakan non probability sampling metode sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana sebagai teknik analisis data. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa green innovation secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran.
References
Alzeaideen, K. (2019). The Effect of Total Quality Management on University Performance in Jordan. International Journal of Financial Research, 10 (6), 283.
Assauri., Sofjan. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Bappenas (2023). Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Triwulan I 2023. 7(1), 2-167.
Charan, R., & Wiligan, G. (2021). Rethingking Competitive Advantage. Currency.
Dumilah Ayuningtyas. (2020). Manajemen Strategis Organisasi Pelayanan Kesehatan Konsep dan Langkah Praktis. PT. Rajagrafindo Persada.
Jiwa, I.A, & Arnawa, G. (2022). Pengaruh Pemberdayaan, Green Innovation, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Pemasaran UKM Kabupaten Buleleng. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 6(1), 9-16.
Lynch, R. (2018). Strategic management. Pearson UK.
Mamengko., G, Dhea, Tawas, N. H., Raintung., Michael., Ch (2023). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran dengan Keunggulan Bersaing sebagai variabel intervening (Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Kawangkoan). Jurnal EMBA, 11(1), 486-499
Nazifah, M.N., & Ikhwan, K. (2021). Analisis Faktor Kendala Industri Kecil Menengah (Studi Pada IKM Makanan di Kelurahan Tidar Utara Kota Magelang). Journal of Management & Business Equilibrium, 7(1), 55.
Putri Fabiola, V., & Khusnah, H. 2022. Pengaruh Green innovation Dan Kinerja Keuangan Pada Competitive Advantage Dan Nilai Perusahaan Tahun 2015-2020. Media Mahardhika, 20(2), 295–303.
Thompson, Arthur., Peteraf, Margaret., Gamble, John., Strickland, A. (2022). Crafting & Executing Strategy: The Quest for Competitive Advantage: Concepts and Cases. (23rd edition). McGraw Hill.
Utomo, M. N., Rita, M. R., Pratiwi, S. R., & Puspitasari, I. (2022). Green Business: Strategi Membangun Kewirausahaan Berdaya Saing dan Berkelanjutan. Syiah Kuala University Press.
Copyright (c) 2024 Najwa Indah Sari, Nor Norisanti, Sopyan Saori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.