Strategi Pengelolaan Dana Pemasaran Dalam Meningkatkan Keuntungan Perusahaan Cv. Prima Sealindo Engineering

Keywords: Strategy, Fund Management, Marketing and Company Profits

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengelolaan Dana Pemasaran dalam Meningkatkan Keuntungan Perusahaan CV. Prima Sealindo Engineering. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif. Populasi pada penelitian ini meliputi Manager utama, wakil manager, manager keuangan, admin, kepala gudang, expert marketing, karyawan CV. Prima Sealindo Engineering, Konsumen. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT dengan menentukan matriks IFAS dan EFAS. Penelitian ini mengumpulkan data dengan cara observasi tempat yang akan diteliti yaitu CV. Prima Sealindo Engineering. Kemudian melakukan wawancara dengan menggunakan teknik wawancara terstuktur dimana wawancara terstruktur adalah sebuah metode wawancara yang mengacu pada satu rangkaian pertanyaan yang telah disusun, karena peneliti akan melakukan wawancara sesuai dengan pertanyaan yang sudah disajikan oleh peneliti sesuai dengan apa yang diteliti. Selanjutnya menggunakan teknik dokumentasi dalam proses wawancara antara peneliti dengan narasumber. Hasil penelitian ini diperoleh dengan pengambilan keputusan strategis dalam perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Bahwa CV. Prima Sealindo Engineering memilih strategi agresif untuk berkembang. Strategi ini, yang dikenal sebagai strategi SO (Strengths-Opportunities), memanfaatkan kekuatan perusahaan, seperti inovasi produk dan reputasi yang baik, untuk memanfaatkan peluang pasar yang berkembang, seperti peningkatan permintaan produk

References

Agung, T., Nugraha, I. R., Farida, I., Ameylia, R., Aprilia, U., Wiragarna, M. R., & Puspitasari, R. (2019). Strategi Peningkatan Profitabilitas Pada PT. Bank Kerta Raharja Cabang Banjaran. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 76–87.
Agustina, I., & Lahindah, L. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Pada Pt.Esa Kreasio Sportindo (Stayhoops). Journal of Accounting and Business Studies, 4(1), 77–93. https://doi.org/10.61769/jabs.v4i1.332
Agustinus, J. (2016). Pengelolaan Keuangan yang Efektif dan Efisien dalam Meningkatkan Kekuatan Ekonomi bagi Masyarakat Papua dan Papua Barat di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(4), 727–734. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.4.13
Ahmad, E. Y., Nasution, Y. S. J., & Nurwani, N. (2023). Pengelolaan Keuangan Dan Strategi Pemasaran Dalam Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Pada Azhar Abdullah Tenun Songket Di Kabupaten Batu Bara). Journal on Education, 5(4), 13369–13379. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2344
Arwin, Lius, W., Mediyanti, S., Siahaan, R. F. B., & Utama, T. (2019). Analisis Penyusunan Anggaran Pada CV. Buana Raya Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1), 1–12.
Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.
Awanti, H., Fathoni, A., & Malik, D. (2018). Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang Dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran. Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Kompensasi, Lingkungan Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Di Ada Swalayan Banyumanik Semarang, 02(I), 2–18.
Dicky Perwira Ompusunggu, & Nina Irenetia. (2023). Pentingnya Manajemen Keuangan Bagi Perusahaan. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 140–147. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i2.1129
Gunawan, B., Shaleh, M., Anbar, N., & Sanjaya, R. (2020). Strategi Pengembangan Teknologi E-Commerce. Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vol.3 No.2, September 2011, 3(1), 1–13.
Hardani, A. (2015). KORELASI ANTARAINFLASI DAN PENGANGGARAN Oleh : H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si. Al -MASHARIF JURNAL EKONOMI DAN KEISLAMAN, 8, 69–82.
Listiawati, & Erni Kurniasari. (2020). Analisis Rasio Profitabilitas Dan Rasio Likuiditas Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pt Gudang Garam Tbk Periode 2014-2018 Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Inovasi Sains Teknologi Dan …, 6(01), 1–12. www.idx.co.id
Makalalag, A., & Ilat, V. (2023). the Effect of Production Costs, Marketing Costs and Quality Costs on Net Profit (Study of Food and Beverage Subsector Manufacturing Companies Listed on the Idx in 2018-2020). Walandow 71 Jurnal EMBA, 11(3), 71–81.

Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205
Ratnasari, E. (2020). Upaya Peningkatan Profitabilitas Usaha. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang., 18(1), 25–34. https://doi.org/10.51826/fokus.v18i1.393
Simanjuntak, W. W., Harahap, D., & Matondong, Z. (2022). Pengaruh Biaya Pemasaran Dan Biaya Administrasi Umum Terhadap Laba Bersih Pt. Astra Agro Lestari, Tbk. Profetik Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 150–166. https://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Profetik/article/view/6420
Suprapto, H. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Jasa Penginapan Di Kota Lamongan (Studi Pada Hotel Mahkota Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(3), 1049. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.271
Susilawati, E. (2022). Pengaruh Penjualan dan Biaya Promosi terhadap Laba Bersih PT Martina Berto, Tbk Periode 2010 – 2020. Mbia, 20(3), 213–221. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i3.1557
Tasya Anggia Namora, & Dewi Zulvia. (2023). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman Tahun 2017-2021 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Kendali Akuntansi, 1(2), 16–29. https://doi.org/10.59581/jka-widyakarya.v1i2.153
Wulandari, F. R., & Khabibah, N. A. (2020). Analisis Pengelolaan Dana Kas Kecil pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk KCU Magelang. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 65–73. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.285
Zainuri, R., & Budi Setiadi, P. (2023). Tinjauan Literatur Sistematis: Analisis Swot Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan. Jurnal Maneksi, 12(1), 22–28. https://doi.org/10.31959/jm.v12i1.1364
Published
2024-08-04
Abstract viewed = 3 times
pdf downloaded = 4 times