Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Hp Iphone Di Kota Semarang

  • Muhammad Iqbal Fajri Universitas Syiah Kuala
  • Luh Komang Candra Dewi Universitas Triatma Mulya
  • Elfis Mus Abdul Universitas Gorontalo
  • Musran Munizu Universitas Hasanuddin
  • Yanti Setianti Universitas Padjajaran
Keywords: Brand Image, Hp Iphone, Kualitas Produk, Keputusan Pembeliaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis bagaimana brand image dan kualitas produk memengaruhi keputusan pembeliaan ulang produk HP IPhone di kota Semarang. Penelitian ini melibatkan populasi di kota Semarang yang telah membeli atau menggunakan produk HP IPhone lebih dari satu kali. Dalam penelitian ini, sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Konsumen yang memenuhi kriteria yang ditetapkan peneliti adalah 67 orang yang dipilih untuk disurvei. Penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner yang dikirim melalui formulir Google Forms. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda.  Hasil analisis menunjukkan bahwa citra merek berdampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang HP IPhone di Kota Semarang. Kualitas produk juga berdampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang HP IPhone di kota Semarang.

References

Barreto, J. S., Dewi, L. K. C., & Ximenes, L. (2023). The Influence of Brand Image and Product Quality on Purchase Decisions of Packaged Drinking Water in Liquiça District, DILi – Timor Leste. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(1), 332–340. http://ijmmu.comhttp//dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v10i1.4399
Dewi, L. K. C., Widagdo, S., Martini, L. K. B., Suardana, I. B. R., I Gusti Ngurah Khrisna Siwa Putra, Luh Komang Candra Dewi, Dewi, L. K. C., Antari, S., Aardana, T. D., Xaiver, J., Candra Dewi, L. K., Conçeicão Soares, A. da, Barreto, H. M., Dewi, L. K. C., Ximenes, L., Putra, M. A. A., & Dewi, L. K. C. (2022). The Effect of Customer Relationship Marketing (CRM) and Service Quality on Customer Satisfaction Mediated by the Brand image at Bank of BNCTL, Dili Branch, Timor-Leste. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 1(2), 243–270. https://doi.org/10.46799/jss.v4i5.711
Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Sembilan). In Semarang, Universitas Diponegoro (p. 490).
Halawa, D. A., & Dewi, L. K. C. (2019). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU CAIR DALAM KEMASAN SIAP MINUM MEREK ULTRA MILK DI KABUPATEN BADUNG (Studi Pada Konsumen Ultra Milk di Kabupaten Badung – Bali). Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 1. https://doi.org/10.23887/pjmb.v1i1.19424
Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001
Imam, G. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program. IBM SPSS 23. UNDIP.
Kawiana, I. G. P., & Dewi, L. K. C. (2019). Pengaruh Entrepreneurial Marketing dan Inovasi Produk Terhadap Daya Saing Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bali. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 15(3), 148–159. https://doi.org/10.31940/jbk.v15i3.1623
Krisnan. (2021). Berikut Ini 4 Pengertian Metode Kuantitatif Menurut Para Ahli. In Meenta.Net.
Kusmaharani, A. S., & Halim, R. E. (2020). Social Influence and Online Impulse Buying of Indonesian Indie Cosmetic Products. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 237. https://doi.org/10.22441/mix.2020.v10i2.007
Natalia, F. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Keputusaan Pembelian (Studi Kasus Pengguna Pasta Gigi Close Up di Kota Ambon). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 8002–8010.
Pohan. (2014). Pembahasan Komprehensif Perpajakan Indonesia. Teori dan Kasus. Mitra Wacana Media.
Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17.
Putra, Y., Santoso, P. Y., & Adhypoetro, R. R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i1.1415
Reinaldi Wiranata, & Luh Komang Candra Dewi. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Kota Tabanan Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Research of Management, 3(3), 113–122. https://doi.org/10.51713/jarma.v3i3.90
Satriawan, N. (2023). Pengertian Metode Penelitian dan Jenis-jenis Metode Penelitian. Ranah Research.
Suharsimi Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineke Cipta.
Widyana, S. F., Kintani, N., Prodi, P., & Pemasaran, M. (2022). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN. 12(September), 1–13.
Wijaya, R. H., & Indriyanti, I. S. (2022). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION PELANGGAN. 2(1), 87–98.
Yogi Suari, M. T., Sayang Telagawathi, N. L. W., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26–33. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220
Published
2024-08-06
Abstract viewed = 5 times
pdf downloaded = 1 times