Peran Digital Marketing, Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Sidoarjo Pada Merek 3second Di E-Commerce

  • Achmad Zilmam Sadad Abu Kautsar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Lilik Indayani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dewi Komala Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Digital Marketing, Word Of Mouth, Brand Image, Buying Decision

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin cepat di era modern ini tergambar dari banyaknya layanan daring yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat, salah satunya yaitu hadirnya pasar daring dan perdagangan elektronik (e-commerce). Kemunculan e-commerce perlahan merubah aktivitas perniagaan antara penjual dan pembeli, dari awalnya berjalan dengan tatap muka berubah menjadi daring. Hal ini juga berlaku pada produk fashion. Namun dari melonjaknya pemakaian e-commerce terutama di Indonesia, masih ada sejumlah problem pembeli yang lebih memutuskan melaksanakan pembelian dengan tatap muka dibanding online, semua terjadi karena beberapa alasan dari ketika membeli dengan tatap muka barang bisa dirasakan dan diterima dengan kontan, masalah keamanan data pribadi, hingga keterlambatan dan ketidaksesuaian barang yang diterima. Penelitian ini bermaksud agar memahami bagaimana peran Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Brand Image terhadap keputusan pembelian masyarakat Sidoarjo pada merek 3second  di e-commerce. Penelitian ini menggunakan  metode kuantitatif dengan jenis data primer. Informan dari penelitian ini dipilih melalui rumus Lemeshow yang menghasilkan informan sejumlah 96 responden. pengujian penelitian ini memakai analisis regresi linear berganda, uji validitas, uji relibilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan jika ketiga variabel yaitu Digital Marketing, Word Of Mouth, dan Brand Image berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada merek 3second.

References

[1] Cesariana, Carmelia, Fadlan Juliansyah, and Rohani Fitriyani, “Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace,” Jurnal. Manajemen. Pendidikan. Dan Ilmu Sosial., vol. 3, no. 1, pp. 211–224, 2022.
[2] Shahreza, Dona and Lisna Wati, “Analisis Perbandingan Penjualan Offline Dan Online Produk Fashion Meccanism Sebagai Cara Menarik Konsumen,” no. 1, 2024.
[3] Jauhari, Indah and Dandy Kurnia, “Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Melalui Aplikasi E-Commerce Pada Generasi Milenial Di Jakarta,” Jurnal. Ilmu. Multidisiplin, vol. 1, no. 2, pp. 09-18, 2022, doi: 10.56127/jukim.v1i2.90.
[4] Titin, Hariyanto Halila and Trisunarno Lantip, “Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee,” Jurnal. Teknologi. ITS, vol. 9, 2021, doi: 10.12962/j23373539.v9i2.56728.
[5] Amandin, “Factors Affecting E-Commerce Marketing On Online Purchasing Decisions In Prabumulih City,” Management. Studies. Entrepreneurship. Journal., vol. 2, no. 2, pp. 113–122, 2021, [Online]. Available: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
[6] Sobandi, Agus and Bambang Somantri, “Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online,” Winter Journal. Imwi Student Research. Journal., vol. 1, no. 1, pp. 41–52, 2020, doi: 10.52851/wt.v1i1.5.
[7] Ilmiyah, Khafidatul and Indra Krishernawan, “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto,” Maker. Jurnal. Manajemen., vol. 6, no. 1, pp. 31–42, 2020, doi: 10.37403/mjm.v6i1.143.
[8] Fauzi, Firman, “Pengaruh Etnosentrisme, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Batik,” Jurnal. Ekonomi. Journal. Economi., vol. 11, no. 1, pp. 86–95, 2020, doi: 10.47007/jeko.v11i1.3220.
[9] Adianto, Titania Elga and Dewi Komala Sari, “The Influence of Digital Marketing, Brand Equity, and Brand Ambassadors on Interest in Buying Skincare,” Indonesia. Journal. Innovation. Studies., vol. 21, pp. 1–19, 2023, doi: 10.21070/ijins.v21i.752.
[10] Iqbal, Muhammad, “Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh),” JEMSI (Jurnal Ekonomi. Manajemen, dan Akuntansi), vol. 7, no. 2, pp. 83–93, 2021, doi: 10.35870/jemsi.v7i2.609.
[11] Utomo, Joko, Julius Nursyamsi, and Aji Sukarno, “Analysis of the Influence of Products, Promotion and Digital Marketing on Purchase Decisions in Online Shopping with Customer Satisfaction as Intervening,” Jurnal. Ekonomi. dan Manajemen., vol. 2, no. 1, pp. 100–116, 2023.
[12] Kusumo, Dewoto and Rifki Afandi, “Mengeksplorasi Dampak Atmosfer Toko, Kualitas Produk, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kuantitatif di Kiroro Bakery,” Indonesia. Journal. Innovation. Studies., vol. 13, no. 1, pp. 1–12, 2020.
[13] Nisa, Khairun, “Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta),” Jurnal. Ilmu Manajemen. Terapan., vol. 4, no. 1, pp. 13–37, 2022.
[14] Maulana, Rafli and Dewi Komala Sari, “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Talang Galvalum pada CV Gita Jaya,” Innovative. Technologica. Methodical Research. Journal., vol. 1, no. 2, p. 15, 2024, doi: 10.47134/innovative.v1i2.69.
[15] ’Aini, Tiara Mufarihah, Eny Setyariningsih, and Budi Utami, “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Handbody Scarlett (Studi Kasus PadaPengguna Handbody Scarlett Di Wilayah Mojokerto ),” Jurnal Cakrawala Ilmiah., vol. 1, no. 11, pp. 1–16, 2022.
[16] Saputra, Gede Wisnu and I Gusti Agung Ketut Sri Ardani, “Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian,” E-Jurnal Manajemen. Universitas. Udayana, vol. 9, no. 7, p. 2596, 2020, doi: 10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07.
[17] Millenium, Alicia Sastra, I Wayan Suardana, and I Made Kusuma Negara, “Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali,” Jurnal. IPTA, vol. 9, no. 1, p. 173, 2021, doi: 10.24843/ipta.2021.v09.i01.p17.
[18] Marlius, Doni and Mutiara, “Pengaruh Merek, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembelian Smartphone Oppo pada Rindo Cell di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan),” Journal. Economi., vol. 1, no. 4, pp. 768–783, 2022, doi: 10.55681/economina.v1i4.169.
[19] Luthfiyatillah, Afifah Nur Millatina, Sitti Hamidah Mujahidah, and Sri Herianingrum, “Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian,” Jurnal Penelitian. IPTEKS, vol. 5, no. 1, pp. 101–115, 2020, doi: 10.32528/ipteks.v5i1.3024.
[20] Nurliyanti, Anestesia Arnis Susanti, and Baruna Hadibrata, “Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement),” J. Ilmu Hukum, Hum. dan Polit., vol. 2, no. 2, pp. 224–232, 2022, doi: 10.38035/jihhp.v2i2.982.
[21] Putra, Jonatahan Caesar and Ricky Talumantak, “Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga Dan Citra Kenangan Kota Kasablanka,” Jurnal Ilmiah Nasional, vol. 4, no. 3, pp. 26–39, 2022.
[22] Gunawan, Didik, Aiga Dwi Pratiwi, Yenni Arfah, and Bobby Hartanto, Keputusan Pembelian Skincare Safi Berbasis Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional, 2022. [Online]. Available: www.ipinternasional.com
[23] Arianty, Nel and Ari Andira, “Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian,” Maneggio Jurnal. Ilmu. Magister Manajemen, vol. 4, no. 1, pp. 39–50, 2021, doi: 10.30596/maneggio.v4i1.6766.
[24] Arfah, Yenni, Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional, 2022. [Online]. Available: www.ipinternasional.com
[25] Sari, Dewi Komala, Alshaf Pebrianggara, and Mas Oetarjo, Buku Ajar Digital Marketing, 1st ed. Sidarjo: UMSIDA Press Redaksi, 2021. [Online]. Available: press.umsida.ac.id
[26] Onsardi, Sri. Ekowati, Ade Tiara Yulinda, and Megawati, “Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu,” Creative. Research. Management. Journal., vol. 5, no. 2, p. 10, 2022, doi: 10.32663/crmj.v5i2.3096.
[27] Suma, Dewi and Budi Alamsyah Siregar, Bisnis Digital, 1st ed. PENERBIT. CV. AZKA PUSTAKA, 2023. [Online]. Available: www.penerbitazkapustaka.co.id
[28] Handayanto, Eko, “Word Of Mouth Dan Religiusitas,” 1st ed. malang: Selaras Media Kreasindo, 2022. [Online]. Available: https://penerbitselarasmediakreasindo.com/wp-content/uploads/2023/02/Word-of-Mounth-dan-Religiusitas-Online.pdf
[29] Anuraga, Muhammad Athoillah Gangga and Artanti Indrasetianingsih, “Pengaruh Harga, Personal Selling, Kualitas Produk dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Dealer PT. Yamaha Putra Langkapura” vol. 6, no. 1, pp. 1–13, 2021.
[30] Handayanto, Eko, “Word Of Mouth Dan Religiusitas,” 1st ed. malang: Selaras Media Kreasindo, 2022. [Online]. Available: https://penerbitselarasmediakreasindo.com/
[31] Prayoga, I Komang Wiramas and Ni Nyoman Kerti Yasa, Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Dan Purchase Intention : Konsep dan Studi Kasus Pada Calon Konsumen Kedai Kopi Fore Coffee, Cetakan Pe. Media Pustaka Indo, 2023. [Online]. Available: www.mediapustakaindo.com
[32] Rahmadani, Suci, St Rosmanely, and Nurliyah, Citra Merek (Brand Image) Dan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Kesehatan, Pertama. CV. Feniks Muda Sejahtera, 2022. [Online]. Available: www.feniksmudasejahtera.com
[33] Karimuddin, Abdullah et al., Metode Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022. [Online]. Available: http://penerbitzaini.com
[34] Tarjo, Metode Penelitian Administrasi. Syiah Kuala University Press, 2021.
[35] Imam, Machali, Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif, Cetakan 3. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.
[36] Purba, Yoel Octobe, Fadhilaturrahmi, Jessica Triani Purba and Kevin William Andi Siahaan, Teknik Uji Instrumen Penelitian Pendidikan, Cetakan pe. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung, 2021. [Online]. Available: www.penerbitwidina.com
Published
2024-08-22
Abstract viewed = 3 times
pdf downloaded = 5 times