Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Sumut Syariah KCP Multatuli

  • Muhammad Ikhwan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mutiah Khaira Sitohang Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Knowledge, Product Quality, Promotion, Saving Decisions, Islamic Banks

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh pengetahuan, kualitas produk dan promosi terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Sumut Syariah KCP Multatuli. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Non probability sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 91 responden. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh langsung dilapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan  kuantitatif yang diukur dalam skala likert. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan adapun variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan, kualitas produk dan promosi, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan nasabah menabung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. Variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. Variabel promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. Variabel pengetahuan, kualitas produk dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung dan memiliki koefisien determinasi sebesar 91,8% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya diluar penelitian ini. Yang terakhir, variabel kualitas produk memiliki pengaruh paling  dominan terhadap keputusan nasabah menabung.

References

Ansori, A. G. (2019). Hukum Perbankan Syariah. PT. Grafindo Persada.
Aqwa Naser Daulay dan M.Lathief Ilhamy Nasution. (2016). Manajemen Perbankan Syariah. FEBI UIN-SU Press.
Dendawijaya, L. (2018). Manajemen Perbankan, Edisi Kedua. Ghalia Indonesia.
Harahap, M. T. (2019). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 11.
Hasanah, U. (2023). Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Bank Syariah Terhadap Keputusan Masyarakat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kec. Air Joman). Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 4(1), 11.
Masyhud. (2019). Manajemen Risiko, Strategi Perbankan dan Dunia Usaha Menghadapi Tantangan Globalisasi Bisnis. Raja Wali Press.
Muhammad. (2020). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. UPP STIM YKPN.
Nasution, Y. S. J. (2019). Pasar Uang dan Pasar Modal : Suatu Pengantar. FEBI UIN-SU Press.
Pradesyah, R. (2020). Pengaruh Promosi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Melakukan Transaksi Di Bank Syariah (Studi Kasus Di Desa Rahuning). Jurnal Al Sharf, 1(2), 11.
Pradesyah, R. (2024). Pengaruh Label Halal, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 11.
Rahmani, N. A. B. (2018). Metodologi Penelitian Ekonomi. FEBI UIN-SU Press.
Selamat. (2022). Pengaruh Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pasca Bayar Pada Grapari Telkomsel Mini Multatuli. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 3(3), 11.
Sihotang, M. K. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk (studi kasus pada konsumen produk PT. HNI HPAI). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Triangle, 1(2), 11.
Sujawerni, W. (2019). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.
Swastiratu, C. (2019). Model Kolaborasi antara Perbankan Syariah dengan Financial Technology (Fintech) Syariah. Institut Pertanian Bogor.
Published
2024-08-07
Abstract viewed = 6 times
pdf downloaded = 9 times