Antecedents Of Entrepreneurial Intention Of College Students In Semarang City (Anteseden Niat Berwirausaha Mahasiswa Di Kota Semarang)

  • Maulida Rachmah Universitas Stikubank
  • Suhana Suhana Universitas Stikubank
Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Ciri-Ciri Kepribadian

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memeriksa faktor pendidikan kewirausahan, efikasi diri dan ciri-ciri kepribadian terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Selain itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk memeriksa niat kewirausahaan mahasiswa dapat berbeda karena latar belakang keluarga. Dengan sampel mahasiswa yang telah menyelesaikan minimal semester empat, penelitian ini dilaksanakan di berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor untuk menguji validitas. Software SPSS versi 27.0 digunakan untuk melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan, efikasi diri, dan ciri-ciri kepribadian mempunyai pengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Selain itu, ditemukan bukti bahwa tidak ada beda niat untuk berwirausaha pada mahasiswa yang memiliki latar belakang keluarga wirausaha dengan mahasiswa latar belakang keluarga non-wirausaha. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis maupun praktis. Hasil temuan memperkuat hubungan antar variabel terhadap intensi berwirausaha mahasiswa di Kota Semarang. Temuan ini juga memberikan kontribusi penting pada teori manajemen sumber daya manusia. Dengan memperhatikan pendidikan kewirausahaan, efikasi diri, dan karakteristik kepribadian, penelitian ini dapat menjadi masukan bagi universitas dan mahasiswa untuk meningkatkan keinginan mahasiswa untuk berwirausaha.

 

References

Anwar, I., & Saleem, I. (2019). Strategies and Dimensions for Women Empowerment Editors. Strategies and Dimensions for Women Empowerment, chapter 16.
Bignotti, A., & le Roux, I. (2020). Which types of experience matter? The role of prior start-up experiences and work experience in fostering youth entrepreneurial intentions. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 26(6), 1181–1198.
Fragoso, R., Rocha-Junior, W., & Xavier, A. (2020). Determinant factors of entrepreneurial intention among university students in Brazil and Portugal. Journal of Small Business and Entrepreneurship, 32(1), 33–57.
Herman, E. (2019). Entrepreneurial Intention among Engineering Students and Its Main Determinants. Procedia Manufacturing, 32, 318–324.
Hoang, G., Le, T. T. T., Tran, A. K. T., & Du, T. (2021). Entrepreneurship education and entrepreneurial intentions of university students in Vietnam: the mediating roles of self-efficacy and learning orientation. Education and Training, 63(1), 115–133.
Israr, M., & Saleem, M. (2018). Entrepreneurial intentions among university students in Italy. Journal of Global Entrepreneurship Research, 8(1).
Jena, R. K. (2020). Measuring the impact of business management Student’s attitude towards entrepreneurship education on entrepreneurial intention: A case study. Computers in Human Behavior, 107 (December 2018), 106275.
Karabulut, A. T. (2016). Personality Traits on Entrepreneurial Intention. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 229, 12–21.
Kautonen, T., van Gelderen, M., & Fink, M. (2015). Robustness of the theory of planned behavior in predicting entrepreneurial intentions and actions. Entrepreneurship: Theory and Practice, 39(3), 655–674.
Muhammad, F., Azeem Ahmad, K., Muhammad Shahid, K., Sara Ravan, R., & Bakare Soladoye, A. S. (2008). Entrepreneurial Intentions:The role of familial factors, personality traits and self efficacy. Word Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 1–
Munir, H., Jianfeng, C., & Ramzan, S. (2019). Personality traits and theory of planned behavior comparison of entrepreneurial intentions between an emerging economy and a developing country. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 25(3), 554–580.
Roy, R., Akhtar, F., & Das, N. (2017). Entrepreneurial intention among science & technology students in India: extending the theory of planned behavior. International Entrepreneurship and Management Journal, 13, 1013-1041.
Shahzad, M. F., Khan, K. I., Saleem, S., & Rashid, T. (2021). What factors affect the entrepreneurial intention to start-ups? The role of entrepreneurial skills, propensity to take risks, and innovativeness in open business models. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(3), 173.
Suhana et al. (2023). Determinants of Entrepreneurial Intention of University Students in Indonesia and Pakistan. Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 27 (6), 1181–1198.
Tiwari, P., Bhat, A. K., Tikoria, J., & Saha, K. (2020). Exploring the factors responsible in predicting entrepreneurial intention among nascent entrepreneurs: A field research. South Asian Journal of Business Studies, 9(1), 1–18.
Usman, O. (2022). The Effect of Personality, Family Environment, and Entrepreneurship Education on Entrepreneurship Interest of Fe Unj Students. SSRN Electronic Journal.
Walter, S. G., & Block, J. H. (2016). Outcomes of entrepreneurship education: An institutional perspective. Journal of Business Venturing, 31(2), 216–233.
Published
2024-08-04
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 1 times