STRATEGI PEMASARAN DAN POTRET PASAR UMKM BATIK DI KABUPATEN BLITAR SEBAGAI WISATA EDUKASI

Authors

  • Diana Elvianita Martanti Universitas Islam Balitar
  • Yulida Erawati Universitas Islam Balitar
  • Rike Nanda Anggraini Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11731

Keywords:

Strategi Pemasaran, Potret Pasar, UMKM Batik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan daya saing dan pangsa pasar UMKM batik di Kabupaten Blitar, dengan fokus pada integrasi wisata edukasi. Metode kualitatif digunakan melalui wawancara mendalam dengan pemilik UMKM batik, pengrajin, dan pakar pemasaran lokal, serta analisis dokumen dari berbagai sumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Batik Balitar memiliki kekuatan pada keunikan motif khas Blitar dan kombinasi produksi batik cap dan tulis, namun menghadapi kendala dalam akses pasar, penggunaan teknologi digital, dan modal. Strategi pemasaran yang diusulkan meliputi pengembangan brand dan positioning, pemasaran digital dan media sosial, e-commerce dan marketplace, serta pengembangan wisata edukasi batik. Wisata edukasi batik diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk dan menarik lebih banyak wisatawan melalui paket wisata yang mencakup lokakarya batik dan galeri. Selain itu, kolaborasi dengan agen perjalanan, institusi pendidikan, dan influencer fashion diusulkan untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik produk. Melalui implementasi strategi ini, Batik Balitar dapat meningkatkan kesadaran merek, memperluas penetrasi pasar, dan meningkatkan pendapatan, sambil melestarikan warisan budaya batik Indonesia. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya inovasi produk dan peningkatan kualitas melalui pelatihan berkelanjutan bagi pengrajin.

References

Aaker, D. (1991). Brand equity. La gestione del valore della marca, 347, 356.
Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu'allim, 1(2), 299-218.
Fidela, S. (2021). Analisis Potret Kehidupan Sosial Ekonomi Pedagang Kaki Lima Studi Fenomenologi di Pasar Sukaramai Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Handayani, T., & Sari, R. A. (2020). Ekonomi Kreatif: Pemetaan Kendala dan Analisis Strategi Kebijakan Pemerintah Studi Kasus pada Kota Bengkalis. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi Vol, 4(1).
Ilmi, M., & Zulkarnain, C. A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Pt Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA), 1(1), 66-73.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68.
Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business horizons, 54(3), 241-251.
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.
Madarisa, F., Edwardi, E., Armadiyan, A., & Lazuardi, L. (2012). Potret Pasar Ternak Sumatera Barat. Jurnal Peternakan Indonesia, 14(3), 433-440.
Pine, B. J., & Gilmore, J. H. (1998). Welcome to the experience economy (Vol. 76, No. 4, pp. 97-105). Cambridge, MA, USA: Harvard Business Review Press.
Porter, M. E., & Strategy, C. (1980). Techniques for analyzing industries and competitors. Competitive Strategy. New York: Free, 1.
Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press.
Qaim, M., Sibhatu, K. T., Siregar, H., & Grass, I. (2020). Environmental, economic, and social consequences of the oil palm boom.
Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sari, F. P., Liantifa, M., Yuliasih, M., Irawan, D. A., Budaya, I., Setiawan, Z., ... & Pabulo, A. M. A. (2023). Strategi Pengembangan& Pemasaran UMKM: Teori & Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Shewhart, W. A., & Deming, W. E. (1986). Statistical method from the viewpoint of quality control. Courier Corporation.
Siregar, S. D., Djuwendah, E., Rasmikayati, E., & Wiyono, S. N. (2020). Persepsi PengunjungterhadapDesa Wisata Lebakmuncang (Suatu Kasus Desa Wisata Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung). Mimbar Agribisnis, 6(2), 542-553.
Sudiantini, D., & Hadita, S. P. (2022). Manajemen Strategi. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Susanto, H. H. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kampung Idiot Karangpatihan Balong Ponorogo. Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(1), 1-23.
Tomlinson, B., Burns, A., & Richards, J. C. (2001). Materials development. the Cambridge.

Downloads

Published

2024-08-26