THE IMPACT OF THE WORKING ENVIRONMENT, THE MOTIVATION, AND THE DISCIPLINATION WITH THE TEACHER'S WORKS IN THE SCHOOL PENGHARAPAN ABADI

Authors

  • Lewi Immanuela Universitas Prima Indonesia
  • Yugi Wiranto Universitas Prima Indonesia
  • Samuel Bin Ortega Simanjuntak Universitas Prima Indonesia
  • Harun Lubis STAI Darul Arafah

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11757

Keywords:

Lingkungan kerja, motivasi, kedisiplinan, kinerja guru

Abstract

Kinerja guru sangat penting untuk mengoptimalkan pendidikan. Riset ini bertujuan buat memastikan gimana area kerja, motivasi, dan kedisiplinan berdampak pada kinerja guru. Metode deskriftif kuanitatif digunakan dalam penelitian ini. Sekolah Cahaya Pengharapan Abadi Medan adalah tempat penelitian ini dilakukan. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Penelitian ini melibatkan semua guru di Sekolah Cahaya Pengharapan Abadi. Sampel yang diambil untuk penelitian ini berjumlah 30 sampel. Uji anggapan klasik, analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, serta koefisien determinasi digunakan buat menganalisis informasi. Hasil riset menampilkan kalau, secara parsial, area kerja serta motivasi tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap kinerja guru; kebalikannya, variabel ketertiban mempengaruhi secara signifikan terhadap kinerja guru. Besar pengaruhnya merupakan 58%, dengan sisa 42% berasal dari variabel lain yang pengaruhi kinerja guru yang tidak tercantum dalam riset ini.

Author Biographies

  • Lewi Immanuela, Universitas Prima Indonesia

    Fakultas Ekonomi

  • Yugi Wiranto, Universitas Prima Indonesia

    Fakultas Ekonomi

  • Samuel Bin Ortega Simanjuntak, Universitas Prima Indonesia

    Fakultas Ekonomi

References

Azahra, D. A., Putri, N. D., & Asbari, M. (2023). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru: Narrative Literature Review. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 2(4), 1-7. doi: https://doi.org/10.4444/jisma.v2i4.393
Chairani, C. (2020). Chairani, C. (2020). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Unit Pelaksana Teknis Badan Pendapatan Daerah Palembang I. Universitas Tridinanti.
Fatmaningrum, S., & Supriyoko, S. (2024). Fatmaningrum, S. R., & Supriyoko, S. (2024). Pengaruh Motivasi Kerja, Kedisiplinan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Kabupaten Kulon Progo. Media Manajemen Pendidikan, 6(3), 500-512. doi: https://doi.org/10.30738/mmp.v6i3.13757
Giawa, B., & Percaya, G. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Gaya Kepemimpinan di SMK Negeri 1 Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(3), 1382-1393. Retrieved from stokbinaguna.ac.id
Hartawati, S. (2024). Hartawati, S. I. (2024). Pengaruh Motivasi dan Tunjangan terhadap Kinerja Guru pada SMK Negeri 6 Majene. Mala'bi: Jurnal Manajemen Ekonomi, 5(1), 17-31. https://ejournal.stikesbbmajene.ac.id/index.php/malaqbi/article/view/164
Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, N., & Narulita, S. (2019). Hidayat, N., & Narulita, S. (2019). Hubungan Motivasi Kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Adiguna Bandar Lampung. Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1-10.
Jamilah, Warman, & Azainil. (2023). Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator dan Motivator dalam Meningkatkan Kinerja. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 55-63. doi:https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2920
Lubis, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 6(1), 17-25. doi:https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4391
Mutiaramases, Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43-48. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/4050/1817
Nurmalawati, Jullimursyida, & Heikal, M. (2022). ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP. Manajemen Indonesia, 7(2), 132-142. doi: https://doi.org/10.29103/j-mind.v7i2.9009
Permatasari, R., & Purwanda, E. (2020). Inovasi Manajemen Pendidikan dalam Kegiatan Belaajar Mengajar Saat Saat masa Pandemi di Kabupaten Ngawi. Jurnal Multidisiplin Madani, 8(2), 2323-2324. doi:https://doi.org/10.55927/mudima.v2i4.301
Pramana, A. N. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru. Psikoborneo, 8(2), 221-227. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengaruh+lingkungan+kinerja+guru+terhadap&btnG=
Putra, M. B., & Rochmana, S. (2024). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA (STUDI PADA GURU SMK YASPIM). Costing, 7(3), 6283-6291. doi:https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.9205
Putri, S. G., Wanta, & Hidayati, D. E. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SD QURAN TERPADU NURUL ISLAM JOHAR. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(4), 8094-8103. doi: https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10316
Rahmawati, Nuryadin, A., & Irawan, A. (2023). Pengaruh Kedisiplinan, Kompetensi Terhadap Kinerja Guru PadaSekolah Dasar NegeriWilayah IIIKecamatan Mambidi Sulawesi Barat. Jurnal Online Manajemen ELPEI (JOMEL), 3(1), 548-559. doi:https://doi.org/10.58191/jomel.v3i1.122
Ravensky, D., Bukhori, M., & Karnawati, T. (2023). Bukhori, M., & Karnawati, T. A. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Pondok Pesantren Dar Al-Raudhah Pangkalanbun Kalimantan Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 373-390. doi: https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.744
Rivai, V. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, V., & Febrian, D. W. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Non Fisik dan Gaya Kepemimpinan Otoriter Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Koperasi Karyawan Cardig International Group). Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani, 6(1), 29-45. Retrieved from https://journal.paramadina.ac.id/index.php/madani/article/view/788
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif dna Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahputra, E., Pristiani, L. R., & Siregar, T. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMA Negeri 1 Stabat. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(2), 156-161. doi:https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i2.16634

Downloads

Published

2024-09-03