Pengaruh Social Media Marketing, Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Wizzmie

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11767

Keywords:

Social Media Marketing, Price, Lifestyle, Purchasing Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing,harga,dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada wizzmie.penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sample purposive sampling melalui pendekatan non probability sampling dengan jumlah 96 responden. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square atau PLS dengan menggunakan program Smart PLS versi 4.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif paling tinggi dan siginifikan terhadap keputusan pembelian T-hitung 1,998  dan nilai signifikan 0,046. Pada variabel harga berpengaruh positif paling rendah tetap signifikan terhadap keputusan pembelian T-hitung 3,727 dan nilai signifikan 0,000 dan variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian T-hitung 3,396 dan nilai signifikan 0,001.

References

Alverina, Devita, and Rinaldi Syarif. 2022. “Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Sancraft Di Jakarta.” Ikraith-Ekonomika 6(2):113–112. doi: 10.37817/ikraith-ekonomika.v6i2.2342.
Arif, Muhammad. n.d. Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. Vol. 2021.
Ayu, Intan. 2020. PENGARUH GAYA HIDUP, RELIGIUSITAS, IMPULSIF BUYING, HEDONISME, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ONLINE STORE MEDIA SOSIAL DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Vol. 3.
Damayanti, E. R., and E. Sulaeman. 2023. “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Kopi Janji Jiwa Di Kota Karawang.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(2):1–15.
Darmadi, Ravindra Ardiana, Aishah Norzianawati, Friztina Anisa, and Ida Uliyah. 2023. “The Effect of Brand Image , Price and Social Media Marketing on Chatime Product Purchasing Decisions Pengaruh Citra Merek , Harga Dan Pemasaran Media.” 3(1):43–53.
Dianamurti, Ivana Tita, and Dila Damayanti. 2023. “Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Matahari Plaza Ambarrukmo Yogyakarta Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen.” ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis 6(1). doi: 10.24269/asset.v6i1.7336.
Erdawati, Erdawati. 2020. “Pengaruh Gaya Hidup, Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee.” Jurnal Apresiasi Ekonomi 8(3):365–71. doi: 10.31846/jae.v8i3.331.
Erpiana, Nopi, and Trinik Susmonowati. 2021. “Pengaruh Pemasaran Media Sosial Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Lain Hati (Studi Kasus: Pelanggan Kopi Lain Hati Di Kabupaten Bekasi).” Jurnal Administrasi Bisnis JUMABI 1(5):399–408.
Hair, Joseph F., G. Tomas M. Hult, Christian M. Ringle, Marko Sarstedt, Nicholas P. Danks, and Soumya Ray. 2021. An Introduction to Structural Equation Modeling.
Haryadi dkk. 2022. “Pengaruh Social Media Marketing, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kecantikan Somethinc.” Jurnal Bismak 2(2):9–17.
Indriantono, Ismu, and Rinwantin. 2023. “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Kelirumologi Brebes.” Jurnal Bingkai Ekonomi 8(1):52–66.
Kartika, Rendika Putri, Ida Aryati, and Rochmi Widayanti. 2019. “Pengaruh Brand Image , Gaya Hidup, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Café Tiga Tjeret Di Surakarta.” Jurnal Ilmiah Edunomika 3(01):14–22. doi: 10.29040/jie.v3i01.406.
Made, Ni, Puspita Dewi, Gusti Ayu Imbayani, Pande Ketut Ribek, Fakultas Ekonomi, Bisnis Universitas, and Mahasaraswati Denpasar. 2021. “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of Mouth Pada Givanda Store Denpasar.” Jurnal EMAS 2(2):28–42.
Mawardy, Rozak Nauf, Wuryaningsih Dwi Lestari, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, and Dan Bisnis. 2023. ANALISIS PENGARUH PRODUCT QUALITY DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KONSUMEN MIE GACOAN DI SURAKARTA). Vol. 3.
Munika Afrilia, Lala, and Heny Sidanti. 2023. SIMBA SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 5 Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) 5 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas PGRI Madiun.
Nurul Halimah, Qamilla. 2024. “PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KENANGAN.” 17(1). doi: 10.46306/jbbe.v17i1.
Pratiwi, Meilawati, and Finisica Patrikha. 2021. “Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Se’I Sapiku Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9(3):1417–27.
Ratana, Meta. 2018. “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Ekuitas Merek.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 22(1):13. doi: 10.31445/jskm.2018.220102.
Ryandika, Ersa Prisma, Imronudin Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, and Dan Bisnis. 2023. “Pengaruh Pemasaran Media Sosial, Suasana Toko, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Konsumen the Hidden Swargi Coffee.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 3(Mei):2477–1783.
Sri Ekowati, Meilaty Finthariasari, Aslim. 2020. “Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (Jam-Ekis) Volume 3, No. 1, Januari 2020.” Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (Jam-Ekis) 3(1):1–14.
Tauran, Rishona Hanael, Dwi Retno Andriani, Agustina Shinta Hartati Wahyuningtyas, and Riyanti Isaskar. 2022. “THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA MARKETING ON THE PURCHASE DECISION OF KOOKA COFFEE PRODUCTS USING BRAND IMAGE AS A MEDIATION VARIABLE.” Agricultural Socio-Economics Journal 22(3):223. doi: 10.21776/ub.agrise.2022.022.3.9.

Downloads

Published

2024-08-14