Pengaruh Persepsi Tingkat Suku Bunga, Prosedur Kredit Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Mengambil Kredit (Studi Pada KSP Mitra Niaga Mandiri Indonesia Cabang Kendal)

  • Nadea Dwi Februan Universitas Stikubank
  • Bambang Sutejo Universitas Stikubank
  • Sri Sumiyati Universitas Stikubank
Keywords: persepsi tingkat bunga, prosedur kredit, kualitas pelayanan,  keputusan pengambilan kredit.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi tingkat bunga, prsedur kredit dan kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota dalam pengambilan kredit di KSP Mitra Niaga Mandiri Indonesia Cabang Kendal. Data tentang penelitian ini penulis peroleh dengan penelitian langsung, mengambil data literatur, studi kepustakaan dan penyebaran kuisioner pada anggota KSP Mitra Niaga Mandiri Indonesia Cabang Kendal. Sampel yang digunakan dengan menggunakan purposive sampling dan metode sampel yang diambil anggota yang berpendidikan paling rendah SLTA, yang memberikan kemungkinan yang sama bagi setiap unsur populasi untuk dipilih sebanyak 95 responden. Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas serta uji regresi berganda. Dari hasil olah data Uji t dan Uji F dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi tingkat suku bunga tidak berpengaruh, prosedur kredit  dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pengambilan kredit anggota koprasi.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta Dendawijaya, Lukman. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia
Handoko, T. Hani. 2003. Perilaku Keorganisasian. Jakarta Salemba Empat
Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya ManusiaEdisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. Judisseno, R. K. 2009.Perpajakan (Edisi Revisi). Jakarta: Penerbit GramediaPustaka Utama.
Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Rajawali Grafindo Persada
Kasmir. 2011. Manajemen Perbankan Edisi Revisi 2008. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Kotler, P.dan Amstrong. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid pertama. Edisi bahasa Indonesia. PT. Prenhallindo. Jakarta.
Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Mankiw, N. Gregory. 2003. Teori Makro Ekonomi Terjemahan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Tjiptono, F. 2007. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing
Manullang. 1991. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia Santoso. 2001. Dasar Pengambilan Keputusan. Bandung: Alfabeta
Sapto Nowo Asmoro. 2009. Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Lokasi, Pelayanan dan Prosedur Kredit terhadap Keputusan dalam Pengambilan Kredit pada PD BPR BKK Semarang Tengah Cabang Banyumanik. Skripsi Sarjana (Tidak dipublikasikan). Surakarta: Fakultas Ekonomi UMS
Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran: Falsafah Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Siryadi. Dasar Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia Sugiyono. 2006. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sutrisno, Hadi. 1993. Metodologi Riset Perilaku Konsumen Jasa. Yogyakarta Andi Offset
Tjiptono, F.2008.Pemasaran Strategik. Andi: Yogyakarta.
Umar, Husein. 2003. Metodologi Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: PT : Ghalia Indonesia
Published
2024-08-09
Abstract viewed = 4 times
pdf downloaded = 4 times