Pengaruh Marketing Mix Terhadap Purchase Decision Konsumen Pada E-Commerce Shopee

  • Syifa Alifia Universitas Telkom
  • Heppy Millanyani Universitas Telkom
Keywords: Purchase decision, perdagangan online, marketing mix, Shopee, Indonesia

Abstract

Saat ini kehadiran internet dan penggunaan media elektronik bukan merupakan suatu hal tabu dikalangan masyarakat Indonesia. Bahkan sebagian besar orang tidak dapat terlepas dari internet dan media sosial. Sehingga, tidak sedikit perusahaan memanfaatkan kondisi ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnisnya. Pemasaran elektronik telah mengubah lanskap bisnis secara fundamental, dengan sistem perdagangan online menjadi salah satu pilar utamanya. Saat ini, menggunakan media elektronik dan memiliki akses ke internet bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak bisnis yang memanfaatkan kondisi ini untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasi mereka. Sistem perdagangan online adalah salah satu fondasi utama pemasaran elektronik, yang telah merevolusi lanskap perusahaan secara radikal. Shopee adalah salah satu contoh dari belanja internet. Shopee memprioritaskan pengalaman yang akan dimiliki oleh pelanggan potensial untuk memaksimalkan setiap komponen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana purchase decision konsumen pada platform e-commerce Shopee dipengaruhi oleh marketing mix (product, price, promotion, dan place). Marketing mix adalah seperangkat taktik pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan respon yang diinginkan dari target pasar, dan elemen-elemen dalam marketing mixmemiliki implikasi yang penting pada strategi pemasaran digital perusahaan. Marketing mix terdiri dari empat komponen atau yang dikenal sebagai 4 P (The Four P), yaitu product, price, promotion, dan place. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis SEM PLS sebagai metodologi penelitiannya. Jumlah pasti konsumen Shopee di Indonesia yang menggunakan platform antara tahun 2020 dan 2023 tidak diketahui, tetapi mereka merupakan populasi yang digunakan dalam analisis ini. Dengan jumlah sampel 422, metode pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, dalam e-commerce Shopee, promotion tidak secara signifikan namun bernilai positif mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli. Hal ini dikarenakan pelanggan tidak peduli dengan promotion karena mereka sudah percaya dengan semua hal yang disediakan. Meskipun demikian, hasil penelitian ini mendukung anggapan bahwa keputusan pelanggan e-commerce Shopee untuk membeli dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh product, price, dan place.

References

Ahdiat, A. (2023, May 3). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023. Databoks. Retrieved December 18, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-e-commerce- dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023
Amornpinyo, S. (2022). The Impact of the Covid-19 Pandemic on Consumer Spending in Flea Markets Evidence in Thailand. WSEAS Transaction on Environment and Development, 18. 10.37394/232015.2022.18.108
Astuti, R., Deoranto, P., Wicaksono, M. L., & Nazzal, A. (2021). Green marketing mix: an example of its influences on purchasing decisions. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 733. 10.1088/1755-1315/733/1/012064
Candiwan, & Wibisono, C. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Loyalitas Pelanggan pada E- Commerce. Jurnal Internasional Studi Perdagangan Elektronik, 12, 84-103. 10.7903/IJECS.1892
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing. Pearson.
Dewi, P. K. (2023, Juni 21). ANALISA TARGET PASAR SHOPPE. Wikipedia. Retrieved June 10, 2024, from https://medium.com/@putrikartikadewi1212/analisa-target-pasar-shoppe-62227f5a2132
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis. Cengage.
Haryadi, H., & Mulyani, E. (2020, September 28). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MESIN GASMIN DARI BEBERAPA INDUSTRI TAHU DI KABUPATEN SUMEDANG. Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara, 16. https://doi.org/10.30556/jtmb.Vol16.No3.2020.1051
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis: Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Refika Aditama.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson.
Lidwina, A. (2021, June 9). Gaji Generasi Z dan Milenial Banyak Dibelanjakan di E-Commerce. Databoks. Retrieved June 10, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/09/gaji-generasi-z- dan-milenial-banyak-dibelanjakan-di-e-commerce
Monoarfa, H., Juliana, J., & Setiawan, R. (2021, Agustus 24). The influences of Islamic retail mix approach on purchase decisions. Journal of Islamic Marketing, 14. 10.1108/JIMA-07-2020-0224
Muliyana, T., & Suyanto, A. (2019, Agustus). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE. e-Proceeding of Management, 6. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/9741/10458
Ningsih, H. (2023, September 20). Hasil Survei Gaji Karyawan Swasta 2023 Rata-Rata Rp 12,1 Juta Perbulan, Anda Termasuk? Ayo Bandung. Retrieved April30, 2024, from https://www.ayobandung.com/umum/7910231292/hasil-survei-gaji-karyawan-swasta-2023-rata-rata- rp-121-juta-perbulan-anda-termasuk
Nusran, M., Basri, M., Ahmad, L., & Paris, A. Y. (2018). Analysis Of Marketing Mix On The Decision Of The Purchasing Of Toyota Kijang Innova Car Using Method Of Structural Equation Modeling (SEM). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175. 10.1088/1755-1315/175/1/012016
Pahlevi, R. (2022, April 21). Riset Ipsos Ungkap Kualitas Produk di Tokopedia Unggul, Bagaimana Marketplace Lainnya? Databoks. Retrieved December 18, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/21/riset-ipsos-ungkap-kualitas-produk-di- tokopedia-unggul-bagaimana-marketplace-lainnya
Pangestika, W. (2023, October 19). Digital Marketing: Pengertian dan Jenis Strategi Penerapan Bisnis. Mekari Jurnal. Retrieved December 18, 2023, from https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing- konsep-dan-penerapannya/
Prasetio, A., Rahman, D. A., Sary, F. P., Pasaribu, R. D., & Sujipto, M. R. (2022, Juni 22). The role of Instagram social media marketing activities and brand equity towards airlines customer response. International Journal of Data and Network Science, 6, 1195-1200. 10.5267/j.ijdns.2022.6.014
Putra, D. A., & Saputri, M. E. (2020, April). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET ONLINE ANGKUTAN KERETA API. e-Proceeding of Management, 7.
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/13662/1340 4
Putri, M. R. D. (2024, March 13). Deret artis yang puas belanja di Shopee dengan Garansi Tepat Waktu. Antaranews.com. Retrieved July 5, 2024, from https://www.antaranews.com/berita/4006740/deret-artis- yang-puas-belanja-di-shopee-dengan-garansi-tepat-waktu
PUTRI, N. H. (2021, Agustus 12). Teknologi Maju, Digital Marketing Jadi Tren Baru - Diskominfo Prov. Kaltim. Diskominfo Kaltim. Retrieved December 18, 2023, from https://diskominfo.kaltimprov.go.id/teknologi/teknologi-maju-digital-marketing-jadi-tren-baru
Rachmawati, I. (2020). Influence of the use of brands in a foreign language (english) on the purchase decision process of cosmetic products made in Indonesia. SOCIAL SCIENCES & HUMANITIES. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/open/index.php/download/flippingbook/eyJkb3dubG9hZCI6I jEiLCJkd24iOnsia25vd2xlZGdlX2l0ZW1faWQiOiIyMTA4NjgiLCJtZW1iZXJfaWQiOiIiLCJuYW1lIj oiMjQuNTUuMDI2X2FydGljbGVfanVybmFsLnBkZiJ9LCJyZWFkb25seSI6IjEiLCJyZWFkIjp7Imtu
Rahayu, S., & Satria, C. (2019, Juni). The Effect of Supply Chain Strategy and Marketing Mixes on Purchase Decisions Sharia Productin PalembangRegion. International Journal of Supply Chain Management, 8. https://core.ac.uk/reader/230744890
Respati, S. (2024, January 16). Gelar 2.2 Shopee Live dan Video Mega Sale, Shopee Identifikasi Kebiasaan Baru Konsumen Online Shop. Grid.ID. Retrieved July 5, 2024, from https://www.grid.id/read/043993685/gelar-22-shopee-live-dan-video-mega-sale-shopee-identifikasi- kebiasaan-baru-konsumen-online-shop?page=all
Sadya, S. (2023, March 9). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 Juta pada 2022-2023. Data Indonesia. Retrieved December 18, 2023, from https://dataindonesia.id/internet/detail/apjii-pengguna-internet- indonesia-21563-juta-pada-20222023
Sastroasmoro, S., & Ismael, S. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis (5th ed.). Jakarta Sagung Seto.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. Wiley.
Setiyaningrum, A., Udaya, J., & Efendi. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. ANDI.
Shopee Careers. (n.d.). Tentang Shopee - Karir | Shopee Indonesia. Shopee Career. Retrieved December 18, 2023, from https://careers.shopee.co.id/about
Snapcart. (2023, March 16). Memasuki Bulan Ramadhan, E-Commerce Mana Yang Unggul Jadi No.1 Pilihan Pengguna? – Snapcart. Snapcart. Retrieved December 18, 2023, from https://snapcart.global/memasuki- bulan-ramadan-e-commerce-mana-yang-unggul-jadi-no-1-pilihan-pengguna/
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Suhendra, J. M., & Millanyani, H. (2021, Oktober). Pengaruh E-Marketing Mix Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Di Tiket.Com. e-Proceeding of Management, 8. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15943
Syahputra, E. (2022, June 5). Perang E-Commerce Shopee, Tokopedia & Lazada, Siapa Juaranya? CNBC Indonesia. Retrieved December 18, 2023, from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220605111737- 37-344437/perang-e-commerce-shopee-tokopedia-lazada-siapa-juaranya
Zainah, S., Hamzah, M. L., Rozanda, N. E., & Salisah, F. N. (2023, Juni). Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Menggunakan Metode E-Servqual Dan Kano. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 10.
Published
2024-08-13
Abstract viewed = 1 times
pdf downloaded = 1 times