Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Sikap Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pembelian (Studi Pada Pelanggan Di Toko Sepeda Wijaya Cepiring)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap sikap konsumen dan pengaruh sikap konsumen terhadap loyalitas pembelian produk Toko Sepeda Cepiring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner yang disusun dengan menurunkan beberapa aspek yang terkait dengan variabel penelitian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini mengacu pada Skala Likert. Masing-masing item pernyataan menyedakan alternatif pilihan jawaban yang disusun berdasarkan Skala Likert dengan rentang lima skala (1 s.d 5) yang menggambarkan tingkatan kondisi, yakni kategori-kategori tertentu yang mewakili pilihan jawaban responden. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yang terdiri dari kualitas produk (X1) dan persepsi harga (X2), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu sikap konsumen (Y1) dan loyalitas pembelian (Y2). Uji instrumen data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji model dilakukan dengan uji koefisien determinasi dan uji F. Uji hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial atau uji t dengan bantuan aplikasi SPSS. Temuan penelitian adalah (1) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen (2) Persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen. (3) Sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pembelian.
References
Cretu, A.E., dan Brodie, R.J. 2005. The influence of brand image and company reputation where manufacturers market to small firms: A customer value perspective. Industrial Marketing Management.
Crosby, L.A., Evans, K.R. and Cowles, D. 1990. Relationship Quality in Services Selling: an Interpersonal Perspective. Journal of Marketing. Vol. 54. pp.68-81.
Doll, W.J., Xia, W., and Torkzadeh, G. 1994. A Conformatory Factor Analysis of the end-user Computing Satisfaction Instrument. MIS Quarterly, 12(2): 159-174.
Engel, J. F., Miniard, P.W., and Blackwell, R.D. Consumer Behavior (9th ed.). USA: Harcourt.
Ganiyu, R.A. 2017. Customer Satisfaction and Loyalty: A Study Of Interrelationships And Effect In Nigerian Domestic Aieline Industry. Oradea Journal of Business and Economics. Volume II, Issue 1.
Garvin dan Davis. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Terjemahan M.N. Nasution. Jakarta: Erlangga.
Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., and Black, W.C. 2010. Multivariate Data Analysis, Fifth Edition. USA: Prentice Hall International.
Handini, S. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Word of Mouth dengan mediasi Kepuasan Pasien dan dimoderasi oleh Persepsi Harga. Tesis pada Program Pasca Sarjana Universitas Esa Unggul. Jakarta.
Harjati, L., dan Venesia, Y. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika. Volume 1, Nomor 1.
Jahanshahi, A.A., Gashti, M.A.H., Mirdamadi, A., Nawaser, K., and Khaksar, S.M.S. 2011. Study the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 1 No. 7.
Jaya, I., dan Saepudin, D. 2014. Pengaruh Kualitas Produk Frutang Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Tang Mas Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntasi Fakultas Ekonomi. Volume Semester II.
Kim, W.G., and Cha, Y. 2002. Antecendents and Consequences of Relationship Quality in Hotel Industry. Hospitally Management. Vol. 21. No.3. pp 321-338.
Kotler, P., and Keller, K. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi13, Erlangga.
Kusuma, N.P., Suyadi, I., dan Abdillah, Y. 2014. Analyzing The Effect Of Product Quality On Customer Satisfaction And Customer Loyalty In Indonesian SMEs. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).Vol. 14 No. 1.
Lewis R.C., and Booms B.H. 2007. Marketing Aspects in Quality and Product Differentation. Jurnal of Marketing, Vol 15, pp 99-107.
Lin, C.P., and Ding, C.G. 2006. Evaluating the Group Differences in Gender During the Formation of Relationship Quality and Loyalty in ISP Service. Journal of Organizational and End User Computing. Vol. 18, 38-62.
Lovelock C., Jochen, W., Jacky, M. 2012. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi: Perspektif Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Mohsan, F., Nawas, M.M., Khan. S., Shaukat., Zeeshan and Aslam. N. 2011. Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyalty and Intentions to Switch: Evidence from Banking Sector of Pakistan. Journal International Bussiness and Science. Vol. 2. No.16. p. 263-270.
Peter, J.P., dan Olson, J.C. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarata: Salemba Empat.
Prayitno, T.H. 2016. Pengaruh Persepsi Harga dan Kesimpulan Belanja Online Terhadap Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Batik di Indonesia. International Journal of Recent Advances in Multidisciplinary Research. Vol. 03, Issue 12, pp.2086-2091.
Saidani, B., dan Arifin, S. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Sains Indonesia.Vol.3, No.1.
Senthilkumar, V. 2012. A study on the effects of customer service and product quality on customer satisfaction and loyalty. Namex International Journal of Management Research. 2(2): 123-129.
Stevenson, W.J. 2005. Operation Management. Eight Edition. McGraw-Hill.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendar, U., Ruswanti, E. 2019. Effect Of Product Quality, Perception Of Price And Satisfaction To Customer Loyalty (Study On Agroindustrial Company In Indonesia). International Journal Of Economics, Commerce and Management, 7(3).
Syah, T.Y.R. 2014. Fasilitas Partisipasi Provider Sebagai Pembentuk Loyalitas Pelanggan, dengan Mediasi Kualitas Relasional, dan Dimoderasi Implicit Self Theorist. Disertasi pada Program Doktoral Universitas Indonesia. Depok.
Copyright (c) 2024 Muhammad Ivan Rafly, Endang Tjahjaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.