PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES, BRAND EQUITY, EWOM TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PRODUK SOMETHINC (STUDI KASUS PADA TIKTOK SOMETHINC)

Authors

  • Resky Ramadhani Universitas Telkom
  • Nurvita Trianasari Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.11841

Keywords:

Kata Kunci : Brand Equity, EWOM, Purchase Intention, Social Media Merketing Activities

Abstract

Saat ini, berpenampilan menarik menjadi prioritas utama bagi sebagian besar orang, terutama para wanita yang identik dengan kecantikan. Riasan dan perawatan kulit sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang penting bagi wanita. Takkhanya dengan menawarkan produk yang unik dan berkualitas, promosi yang gencar dan tepat sasaran juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing. Oleh karena itu berbagai brand kecantikan marak melakukan pemasaran melalui sosial media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, proses pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel sebesar 385 orang responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner menggunakan google form dan software IBM SPSS Statistics 26.0 & SmartPLS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing activities di tiktok terhadap purchase intention pada produk somethinc, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa Social Media Marketing activities memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Equity, Brand Equity memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap EWOM, EWOM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, Social Media Marketing activities memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention.

References

Ahmadi, M., & Guinarti, T. T. (2022). Komuinikasi Peimasaran Seibagai Uipaya Peirluiasan Pasar di Eira Induistri 4.0. Alamtara: Juirnal Komuinikasi Dan Peinyiaran Islam, 6(1), 79–88. https://doi.org/10.58518/alamtara.v6i1.1128
Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Eiffeict of social meidia markeiting on instagram towards puirchasei inteintion: Eivideincei from Indoneisia’s reiady-to-drink teia induistry. Inteirnational Jouirnal of Data and Neitwork Scieincei, 4(2), 91–104. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.3.002
Alma, B. (2021). Manajeimnei peimasaran & Peimasaran Jasa . ALFABEiTA, cv.
Chan, B., Puirwanto, Ei., & Heindratono, T. (2020). Social Meidia Markeiting, Peirceiiveid Seirvicei Quiality, Consuimeir Truist and Onlinei Puirchasei Inteintions Correisponding auithor: 2* (Vol. 62, Issuiei 10).
cnbcindoneisia.com. (2023, Seipteimbeir). Pasar Keicantikan Makin Glowing, Nilainya Teimbuis Rp 655 T. Https://Www.Cnbcindoneisia.Com/Reiseiarch/20230924094340-128-475028/Pasar-Keicantikan-Makin-Glowing-Nilainya-Teimbuis-Rp-655-t.
compas.co.id. (2022). Data Peinjuialan Kosmeitik Wajah: Brand Lokal Kuiat Beirsaing. Https://Compas.Co.Id/Articlei/Data-Peinjuialan-Kosmeitik/.
Dailysocial.id. (2021, Juinei). Apa itui tiktok. Https://Dailysocial.Id/Post/Apa-Itui-Tik-Tok.
Data.goodstats.id. (2023, Juinei). Meinilik Peingguina Meidia Sosial Indoneisia 2017-2026. Https://Data.Goodstats.Id/Statistic/Agneiszeifanyayonatan/Meinilik-Peingguina-Meidia-Sosial-Indoneisia-2017-2026-XUiAlp.
Datareiportal.com. (2023, May). TIKTOK UiSEiRS, STATS, DATA & TREiNDS. Https://Datareiportal.Com/Eisseintial-Tiktok-Stats.
Ghozali, I. (2021). Partial Leiast Squiareis : Konseip, Teiknik dan Aplikasi Meingguinakan Program SmartPLS 3.2.9 Uintuik Peineilitian Eimpiris, 3/Ei. (eidisi 3). Badan Peineirbit Uiniveirsitas Diponeigoro.
Hilmi, I. L., Rianoor, N. P., & Gateira, V. A. (2023). Thei Correilation Beitweiein Knowleidgei and Attituidei Toward thei Beihavior of Choosing Facial Skincarei Throuigh Social Meidia in Onei of Uiniveirsity in Karawang-Weist Java’ Stuideints. In Juirnal Farmasi Indoneisia (Vol. 19, Issuiei 2). http://jouirnals.uims.ac.id/indeix.php/pharmacon
Indrawati, Puitri Yoneis, P. C., & Muithaiyah, S. (2022). eiWOM via thei TikTok application and its influieincei on thei puirchasei inteintion of someithinc produicts. Asia Pacific Manageimeint Reivieiw, 28(2), 174–184. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2022.07.007
Kotleir, P., Keilleir, K. L., & Cheirneiv, A. (2022). Makeiting Manageimeint (sixteiein). Peiarson Eiduiation.
Oktriyanto, B., Listya Buidiarto, G., Oktavianuis Siahaan, S., & Sanny, L. (2021). Eiffeicts of Social Meidia Markeiting Activitieis Toward Puirchasei Inteintion Heialthy Food in Indoneisia. In Tuirkish Jouirnal of Compuiteir and Matheimatics Eiduication (Vol. 12, Issuiei 10).
Praseitio, A., Rahman, D. A., Sary, F. P., Pasaribui, R. D., & Suitjipto, Moh. R. (2022). Thei rolei of Instagram social meidia markeiting activitieis and brand eiquiity towards airlineis cuistomeir reisponsei. Inteirnational Jouirnal of Data and Neitwork Scieincei, 6(4), 1195–1200. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.6.014
Rimadias, S., Alvionita, N., & Ameilia, A. P. (2021). Uising TikTok in Social Meidia Markeiting to Creiatei Brand Awareineiss, Brand Imagei, and Brand Loyalty on Touirism Seictor in Indoneisia. Thei Winneirs, 22(2). https://doi.org/10.21512/tw.v22i2.7597
Trianasari, N., Fitriani, N., & Rachmawati, I. (2023). Thei Influieincei of Social Meidia Markeiting and Influieinceir Eindorseimeint Throuigh Brand Imagei and Truist, and Theiir Impact on thei Puirchasei Inteintion of thei MS Glow Brand Throuigh thei Tiktok Application. Inteirnational Jouirnal of Profeissional Buisineiss Reivieiw, 8(10), ei03793. https://doi.org/10.26668/buisineissreivieiw/2023.v8i10.3793

Downloads

Published

2024-11-28