Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Makan Sodara di Desa Karangawen

  • Ita Hendhiarti Sumitro Universitas Stikubank
  • Euis Soliha Soliha Universitas Stikubank
Keywords: Kualitas Produk, Persepsi Harga, Lokasi, Keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan makan di kedai makan sodara di desa karangawen. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan data pimer diperoleh 96 responden. Terdapat 3 hipotesis yang diuji dalam penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi responden, deskripsi variabel, uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, persepsi harga dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

References

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612
Werdiasih, R. D., Karnowati, N. B., & Yoana, Y. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Inovasi Daerah, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.56655/jid.v1i1.6
Dga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Pertama).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9 ed.). Universitas Diponegoro.
Nugroho, R. W., Triyani, D., & Prapti N.S.S, L. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cafe Riilfians and Bistro Pati. Solusi, 18(2). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i2.2303
Salsabila, A., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 156–167. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/1902
Adriyanto, A. T., & Fauzi, M. F. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Counter Handphone. Solusi, 21(3), 251. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7049
Amalia, I. K., & Maskur, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Rocket Chicken Cabang Kabupaten Kendal). Jesya, 6(1), 166–172. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.886
Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga , Kualitas Layanan Abstrak. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(c), 559–573. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772
Sinta Maria Sirait. (2023). Lokasi Usaha, Harga, Promosi, Dan Keputusan Penggunaan Layanan. Kindai, 18(3), 434–443. https://doi.org/10.35972/kindai.v18i3.914
Fathoni, M. R., & Saragih, D. R. U. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian di Mcdonald`s. 21(1), 209–228. https://doi.org/10.56444/mia.v21i1.1525
Ritonga, N. S., Junita, L., & Limbong, C. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Beras Di Toko Grosir Minang Di Desa TJ Medan Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Ekonomi Integra, 13(2), 338–348. htt://journal.stieip.ac.id/index.php/iga
Utomo, D. P., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Pelanggan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Super Sambel Semarang Cabang Lamper). Diponegoro Journal Of Management, Volume 7,(4), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Permata Sari, D. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, kualitas produk,harga kompetitif, lokasi (literatur review manajemen pemasaran)
Muchlisin, M. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis UMSU). repository.umsu.ac.id, 1-141.
Ghoni, M. A., & Soliha, E. (2022). Jurnal MiPengaruh Brand Image, Online Customer Review dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Mirai Management, 7(2), 14–22
Ricco Sukma Anggara (2023) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Pengguna Kartu Perdana Telkomsel di Universitas Semarang Mahasiswa Fakultas Ekonomi).
Published
2024-08-10
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 1 times