Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk MS Glow Di Kota Samarinda

  • Tika Umilatul Muniroh Universitas Mulawarman
  • Fareis Althalets Universitas Mulawarman
Keywords: Customer Satisfaction, Sales Promotion, Repurchase Decision.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian ulang produk MS Glow di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh masyarakat Kota Samarinda dengan kriteria pernah menggunakan produk MS Glow minimal 2 kali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan menggunakan Purposive sampling non propbability sampling sehingga diperoleh 110 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian ulang. Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi penjualan dengan keputusan pembelian ulang. Terdapat pengaruh secara simultan kepuasan konsumen dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian ulang.

References

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor di Kota Bogor. Jimea \ Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 38–51.
Alvian & Prabawani, (2022).Pengaruh Sales Promotion & Keragaman Produk pada Shopee terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening
Ariska, N., Wijaksana, T. I., Sos, S., Si, M., Prodi, S., Bisnis, A., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Pada Konsumen Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung) THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND SALES PROMOTION TO REPURCHASE INTENTIONS (Study on Consumer Bakso Boedjang). 4(3), 2909–2915.
Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya).
Dzulkharnain, E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Sophie Martin di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal QTISHADequity, 1(2).
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941
Handayani, L. S., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Harga , dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk MS Glow Beauty. Jurnal Ikraith-Ekonomika, 5(2), 135–145.
Irwanto, M. R., & Subroto, W. T. (2022). Pengaruh kepuasan konsumen dan promosi terhadap niat pembelian ulang konsumen shopee saat pandemi. 17(2), 289–302.
Jakaria, D., & Estri, S. (2005). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Screamous Effect of Product Quality and Sales Promotion on Purchase Decisions on Screamous nasional sehingga dapat memacu pertumbuhan perekonomian yang lebih tinggi di. 38, 1246–1254.
Jakaria, D., & Estri, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Screamous. Prosiding Manajemen, 4(2), 1246–1254.
Jayabaya, P., & Madiawati, P. N. (2018). Pengaruh Penerapan Bauran Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Pengguna Kereta Api Melalui Aplikasi Mobile Kai Access. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.34010/jurisma.v8i2.1002
KOTA PALU. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(1), 71–80. https://doi.org/10.22487/jimut.v4i1.107
Kusumadewi, 2020. (2020). THE EFFECT OF CUSTOMER SATISFACTION ON REPURCHASE INTERESTS AT THE SCARLETT OFFICIAL STORE AT SHOPEE AND TOKOPEDIA. 7(2), 6476–6489.
Makarim, S. A., & Bambang Kurnia Nugraha. (2023). Pengaruh Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Fuji Mebel Sukamantri Ciamis. Jurnal E-Bis, 7(1), 209–222. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i1.1044
Mamonto, Tumbuan, & Rogi. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 110–121.
Mas’ud, A. A., Rombe, E., & Nainggolan, E. P. (2018). PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN ULANG KONSUMEN PADA CAFÉ DAN RESTO BANGI KOPITIAM DI
Mediawati, P. N., Riset, J., & Dan, B. (2018). PEMASARAN DIGITAL TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA KERETA API MELALUI PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG. VIII(2).
Nadia, I., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Sumbawa, U. T., Rusni, A., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Sumbawa, U. T., & Pelayanan, K. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Toko Sumber Mas Sumbawa Besar) Effect of Price, Service Quality, and Promotion on Consumer Repurchase Decisions (Case Study at Sumber Mas Store, S. 1(4), 233–239. No, V., Makarim, S. A., & Nugraha, B. K. (2023). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis) Pengaruh Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian pada CV . Fuji. 7(1), 209–222.
Nurrachmi & Setiawan. (1905). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Halal. https://doi.org/10.1905/iqtishadia.v7i2.3521.
Permatasari, L. D., & Santosa, S. B. (2021). Pengaruh Review Konsumen, Kualitas pelayanan dan Promosi Penjualan terhadap minat Pembelian Ulang melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening( Studi Pada Konsumen Marketplace Shopee di Kota Semarang ). 10, 1–6.
Purnamasari, 2015. (2015). KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG (Studi Kasus di Miulan Hijab Semarang) SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Tugas dan Melengkapi Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Strata 1 Dalam Ilmu Ekonomi Islam Oleh : WAHYU IKA PURNAMASARI FAKULTAS EKONOMI.
Putri, B. P. (2017). Bintang Permadani Putri , 2017.Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Sariayu Martha Tillar.
Rani, F. D., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image Dan Rebranding Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Iconnet Di Bandung. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 300–311. https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.321
Ristanto, H., & Aditya, G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada CV Mitra Sejati Foamindo Semarang). Bingkai Ekonomi, 6(1), 58–71.
Salsabila, C., Umbara, T., Setyorini, R., & Telkom, U. (2022). Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang produk somethinc. IX, 668– 679.
Yusuf. et al. (2022). Pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang di traveloka. 2015.
Published
2024-08-09
Abstract viewed = 13 times
pdf downloaded = 6 times