Pengaruh Tingkat Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada PT.BPRS Al-Washiliyah Krakatau

  • Meutya Ananda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Syahrul Amsari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Level of Trust, Satisfaction, Customer Interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Tingkat Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada PT.BPRS Al-Washiliyah Krakatau baik secara parsial maupun simultan. Populasinya adalah seluruh nasabah PT.BPRS Al-Washiliyah Krakatau dan sampelnya sebanyak 100 nasabah PT.BPRS Al-Washiliyah Krakatau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Analisis Regresi Liner Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 29.00. Secara parsial bahwa variabel tingkat kepuasan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menabung. Secara parsial bahwa variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menabung. Secara simultan variabel tingkat kepuasan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung nasabah

References

Achbianto, D., & Adriyanto, A. T. (2023). Pengaruh Pengetahuan Akutansi, Pendidikan Pemilik, Dan Pengalaman Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku Umkm. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 15(3), 1–11. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v15i3.638
Dampaknya, D., Loyalitas, P., Di, N., Unit, B. R. I., Pradana, F., & Setiawan, M. B. (2024). Its Impact On Customer Loyalty At BRI Boja Unit Pengaruh Perceived Risk Dan Technology Orientation Terhadap Kepercayaan Nasabah. 5(2), 3905–3919.
Derajad Wijaya, H. (2024). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kinerja Perusahaan. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 1279–1289. https://journal-nusantara.com/index.php/EKOMA/article/view/3260/2675
Dewi, W. P., & Amsari, S. (2023). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan, Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan Murabahah Di Bprs Puduarta Insani. At Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 175–187.
Hariani MD, P. P., Rahmayati, R., & Mujiatun, S. (2020). Model Bisnis Islamic Financial Technology Produk Bank Syariah di Kota Medan. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 4(2), 69. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v4i2.15545
Indah Rezqi Vitria Ma, & Syahrul Amsari. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, dan Brand Image Terhadap Penggunaan Layanan Digital Perbankan Syariah: Studi Kasus Mahasiswa FAI UMSU. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 3390–3401. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i4.2088
Ismail, H., Lutfiana, Z., & Sriyanto, A. (2024). Pengaruh kepuasan nasabah dalam penggunaan kartu kredit pada pt bank uob jakarta. 5(2), 88–101.
Kumala, L., Nazori, N., & Anita, E. (2024). Pengaruh Pengetahuan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah di Kelurahan Pandan Jaya Kabupaten Tanjung Jabung Timur. SANTRI : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam. 2(2). 173-188.
Kusnadi, H, A., Nurbaiti, N., & Yanti, N. (2024). Pengaruh Layanan Internet Banking, Mobile Banking, Dan Automatic Teller Machine (ATM) Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Syariah Di Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2019). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi. 2(1). 1-10.
Lutfiana, Z., Sriyanto, A., Ismail, H. (2024). Pengaruh Kepuasan Nasabah Dalam Penggunaan Kartu Kredit Pada Pt Bank Uob Jakarta. Jurnal Manajemen & Bisnis Jayakarta. 5(2). 1-11.
Miles and hubberman. (1994). Qualitative Data Analysis.
Muthia Anggraeni. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keunggulan Produk terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Bandung. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 10(01), 59–64. https://doi.org/10.29313/jrieb.vi.825
Nabil, N., & Dwiridotjahjono, J. (2024). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2547–2562. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i7.2210
Saharuddin, H., Gani, N., & Gani, I. (2024). Pengaruh Promosi Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Moderating pada Bank Syariah Indonesia KCP Enrekang. Jurnal Ilmiah Penelitian Mandira Cendikia, 2(7), 176–192.
Siregar, P. A., Wahyuni, T., & Bancin, K. (2020). Faktor Makroekonomi dan Mikroekonomi dalam Pembiayaan Bermasalah Bank Syariah di Indonesia. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 8(1), 89. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v8i1.6091
Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal: Imwi Student Research Journal, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.52851/wt.v1i1.5
Sugiyono. (2013). Metode Penelitin Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (cet. 19). Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (cetakan ke). Alfabeta.
Suhendra, R., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pemakai Sepatu Onitsuka Pada Mahasiswa FEB UMSU ). Jurnal Salman (Sosial Dan Manajemen), 4(2), 138–155.
Zusmawati, Magdalena, M., Fernos, J., & Ramadhani, S. A. (2023). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Menabung. Economics and Digital Business Review, 4(1), 478.
Published
2024-08-13
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 3 times