Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Shop Terhadap Sikap Warga dan Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Pada Warga Tambora IV Kota Semarang)

  • Rusdiana Permanasari Universitas Semarang
  • Wahyu Puspitasari Universitas Semarang
  • Linda Novasari Universitas Semarang
Keywords: Pengaruh penggunaan, sikap warga, perilaku konsumtif

Abstract

Media sosial mempunyai banyak manfaat yang diperoleh salah satunya, yaitu dengan adanya media sosial masyarakat dapat mencari tahu segala informasi, berkomunikasi, berkirim pesan, membagikan foto/video, menelfon, hingga melakukan pembelian barang secara online. Media sosial sudah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan saat ini. Kebutuhan akan keberagaman informasi menunjukkan rasa ingin tahu masyarakat yang begitu besar. Salah satu media sosial yang digemari di Indonesia adalah TikTok Shop. Tujuan Penelitian ini mengetahui pengaruh media sosial TikTok Shop terhadap sikap masyarakat dan perilaku konsumtif. Fokus penelitian dilakukan di Warga Tambora IV Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan observasi dan wawancara di lokasi penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan dapat mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media sosial TikTok Shop pada sikap dan perilaku konsumtif masyarakat, mengetahui alasan-alasan masyarakat berperilaku konsumtif serta memberikan pengetahuan pada masyarakat  pengguna media sosial untuk bijak menggunakan media sosial  khususnya TikTok Shop terutama dalam berbelanja online.

 

References

Anisa Qodaril, “Perilaku Konsumtif Melalui Online Shopping Fashion pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadyah Surakarta”, (Skripsi, Universitas Muhammadyah Surakarta, Surakarta, 2015), 3-4
Augustinah, Ferdianty, and Widayati. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi.” Jurnal Dialektika 4(2): 1–20.
Budiyani, Rista Nur Eka. 2023. “PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBAHASA ISYARAT BERBASIS H5P TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA TUNARUNGU PADA MATERI BANGUN DATAR.” In Skripsi, Magelang: UNIVERSITAS TIDAR, 232. https://www.google.com/search?q=Eka+Rista+Nur+%282021%29+media+sosial+ini+mempunyai+ciri+karakteristik&sca_esv=8ab36c672be0c8ca&sxsrf=ACQVn0_a4d_F3gpGa45A2HYrbmX-RPkFZg%3A1708581521374&ei=keLWZa-uFteb4-EP-8mMgA0&ved=0ahUKEwjvupqVor6EAxXXzTgGHfskA9AQ4dUDCBA&uact=5&oq=Eka+Rista+Nur+%282021%29+media+sosial+ini+mempunyai+ciri+karakteristik&gs_lp=Egxnd3Mtd2l6LXNlcnAiQkVrYSBSaXN0YSBOdXIgKDIwMjEpIG1lZGlhIHNvc2lhbCBpbmkgbWVtcHVueWFpIGNpcmkga2FyYWt0ZXJpc3Rpa0jXEVCZCliZCnABeACQAQCYAVWgAVWqAQExuAEDyAEA-AEB-AECqAIUwgIHECMY6gIYJ8ICFhAuGAMYjwEY5QIY6gIYtAIYjAPYAQHCAhYQABgDGI8BGOUCGOoCGLQCGIwD2AEBugYGCAEQARgL&sclient=gws-wiz-serp.
Cahyono, Anang Sugeng. 2016. “PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA.” Jurnal Elektronik Universitas Tulungagung 9(1): 140–57. doi:10.32923/asy.v5i2.1586.
Chaedir, Amalia. 2022. “PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL GUNA PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM (Studi Kasus UMKM Di Kecamatan Wotu).” In Skripsi, Palopo: IAIN Palopo, 117.
databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-TikTok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as
Daniella Putri Islamy, “Pengaruh Online Shop Pada Media Sosial Instagram terhadap Perilaku Konsumtif Siswa – Siswi SMP Islam Cikal Harapan 1 Bumi Serpong Damai (BSD) Kota Tangerang Selatan”, (Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2015), 28.16
Fatmawati, Nurul. 2021. “Pengaruh Positif Dan Negatif Media Sosial Terhadap Masyarakat.” Kementrian Keuangan Republik Indonesia: 5.
Hardianti. 2021. “PERSEPSI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TERHADAP BERITA HOAX DI KELURAHAN BITTOENG KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG.” In Skripsi, Parepare: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan DakwahIAIN Parepare, 106.
Laoli, Jasamantrin, Delipiter Lase, and Suka’aro Waruwu. 2022. “Analisis Hubungan Sikap Pribadi Dan Harmonisasi Kerja Pada Kantor Kecamatan Gunungsitoli Alo’Oa Kota Gunungsitoli.” Jurnal Ilmiah Simantek 6(4): 145–51.
Liedfray, Tongkotow, Fonny J Waani, and Jouke J Lasut. 2022. “Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara.” Jurnal Ilmiah Society 2(1): 2.
Nasrullah, Rulli. 2012. “Internet Dan Ruang Virtual, Sebuah Atas Teori Publik.” Jurnal Komunikator 4: 26–35. www.kangarul.com.
Norberta, Lisa Ignacia, and Reza Widhar Pahlevi. 2023. “PENGARUH KETERLIBATAN KONSUMEN DAN SIKAP TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM PEMANFAATAN WHATSAPP BUSINESS.” JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2(3): 491–506. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12.
Nurudin, Nurudin. 2018. “Media Sosial Baru Dan Munculnya Braggadocian Behavior Di Masyarakat.” Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi 10(1): 25–36. doi:10.23917/komuniti.v10i1.5335.
Pratiwi, Ayu. W, and Sulistyowati Raya. 2020. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Social Media Marketing Terhadap Sales Performance Pada Ikm Batik Gedog Kabupaten Tuban.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 8(1): 681–87. https://scholar.google.co.id/citations?user=VoOt8ggAAAAJ&hl=en#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Den%26user%3DVoOt8ggAAAAJ%26citation_for_view%3DVoOt8ggAAAAJ%3A1qzjygNMrQYC%26tzom%3D-420.
Qadri, Muhammad. 2020. “Pengaruh Media Sosial Dalam Membangun Opini Publik.” Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara 1(1): 49–63. doi:10.24239/qaumiyyah.v1i1.4.
Ramadhani, Niko. 2023. “Ini Dampak Perkembangan Teknologi Yang Dapat Dirasakan.” Akseleran. https://www.akseleran.co.id/blog/perkembangan-teknologi/ (June 20, 2023).
Ramly, Rizal Arizaldy, and Sadriana Ayu. 2022. “PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA.” Jurnal Kependidikan Media 11(3): 107–18. https://www.google.com/search?q=Eka+Rista+Nur+%282021%29+media+sosial+ini+mempunyai+ciri+karakteristik&sca_esv=8ab36c672be0c8ca&sxsrf=ACQVn0_a4d_F3gpGa45A2HYrbmX-RPkFZg%3A1708581521374&ei=keLWZa-uFteb4-EP-8mMgA0&ved=0ahUKEwjvupqVor6EAxXXzTgGHfskA9AQ4dUDCBA&uact=5&oq=Eka+Rista+Nur+%282021%29+media+sosial+ini+mempunyai+ciri+karakteristik&gs_lp=Egxnd3Mtd2l6LXNlcnAiQkVrYSBSaXN0YSBOdXIgKDIwMjEpIG1lZGlhIHNvc2lhbCBpbmkgbWVtcHVueWFpIGNpcmkga2FyYWt0ZXJpc3Rpa0jXEVCZCliZCnABeACQAQCYAVWgAVWqAQExuAEDyAEA-AEB-AECqAIUwgIHECMY6gIYJ8ICFhAuGAMYjwEY5QIY6gIYtAIYjAPYAQHCAhYQABgDGI8BGOUCGOoCGLQCGIwD2AEBugYGCAEQARgL&sclient=gws-wiz-serp.
Siregar, Adinda. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Online Pada Toko Online Shop (Studi Kasus Di Kalangan Pemillik Toko Online).” https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19113.
Sulalah, Anis. 2023. “Anis+Sulalah.” 1(1): 96–109.
Tresna, T.A.J. 2013. Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa FIS UNY pada Klinik Kecantikan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Trigita Ardikawati, “Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa FIS UNY Pada Klinik Kecantikan”, (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2013), 5-6
Triyana, I Gusti Ngurah. 2018. “Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.” Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu 5(1): 79–90. doi:10.25078/gw.v5i1.614.
Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1): 2896–2910.
Yusanda, Awallina, Rini Darmastuti, and George Nicholas Huwae. 2021. “STRATEGI PERSONAL BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Analisis Isi Pada Media Sosial MahasiswaUniversitas Kristen Satya Wacana).” Scriptura 11(1): 41–52. doi:10.9744/scriptura.11.1.41-52.
Yusuf, Faidah, Hardianto Rahman, Sitti Rahmi, and Angri Lismayani. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera.” JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2: 1–8. https://journal.unm.ac.id/index.php/JHP2M.
Published
2024-08-10
Abstract viewed = 10 times
pdf downloaded = 8 times