Pengaruh Perceived Value Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Skincare Skintific (Studi Kasus Pada Pengguna Skincare Skintific di Toko Kecantikan Senja Karawang)
Abstract
Skintific merupakan salah satu brand lokal yang banyak diminati oleh konsumen, brand ini dikenal dengan kemampuannya menjaga dan memperbaiki skin barrier karna mengandung 5x ceramide. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Perceived Value terhadap Kepuasan Konsumen. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk Skincare Skintific pada Toko Kecantikan Senja Karawang dan sampel di penelitian ini sejumlah 97 responden. Olah data menggunakan SPSS 26 dengan analisis regresi linier berganda dengan tahapan analisis data berupa transformasi data (MSI), Uji Normalitas ( uji validitas dan reliabilitas ), uji asumsi klasik (normalitas, heterokedasitas, multikoloniaritas), uji hipotetis (uji t dan uji F), analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Explanatory Survey . Instrumen penelitian menggunakan angkat kuesioner yang disebarkan menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukan dimensi Quality/Perfomence dan Price/Value for Money memberikan pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, dimensi Price/Value for Money memiliki pengaruh paling besar terhadap Kepuasan Konsumen.
References
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2
Aziza, W. A. (2021). Bab iii metoda penelitian 3.1. Bab III Metoda Penelitian, Bab iii me, 1–9.
Bisnis, K. (2023). No TitleSkincare China Dominasi Pasar, Bukti Nyata Algoritma Project S TikTok di RI. Kumparan Bisnis. https://kumparan.com/kumparanbisnis/skincare-china-dominasi-pasar-bukti-nyata-algoritma-project-s-tiktok-di-ri-20ooDZN0U3u/full
Cahyono, D., Qomariah, N., & Perusahaan, C. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi, XX(Xx), 1–5.
Centauri, P., & Rachmawati, I. (2021). Pengaruh Perceived Value Terhadap Kepuasan Konsumen Carne Smoked BBQ Bandung. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 203–212.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867
Di, M., Kartika, R., Klari, K., Sumiati, H., Nurlenawati, N., Anggela, F. P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Buana, U., & Karawang, P. (2023). The Influence Of Taste And Price On Customer Satisfaction At Ice Cream & Tea Mixue In Ruko Kartika, Klari Sub-District Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ice Cream & Tea. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 5860–5872. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Fathurrohman, D., Nurlenawati, N., & Triadinda, D. (2023). Pengaruh Live Streaming dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Hijab Kenan di Tiktok. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 6320–6334. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Firmansyah, D., & Prihandono, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan. Management Analysis Journal, 7(1), 120–128. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/20638
Hidayati, N., & Heryanda, K. . (2022). Pengaruh e-service quality dan harga terhadap kepuasan pelanggan Netflix. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1), 1–7.
Ii, B. A. B., & Teori, A. L. (2020). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan ..., Nining Feronika, FEB UMP, 2022. 12–42.
Irvan, S. (2020). Pengaruh Customer Participation Behavior Dan Customer Citizenship Behavior Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Customer Perceived Value Sebagai Variabel Intervening Pada Ohm Studi Jepang Di Kota Bandung. i, 16–45.
K Dwi Fatmawati. (2021). Pengaruh Budaya, Gaya Hidup dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Ms Glow Di Ponorogo. Makalah, 1–7. http://eprints.umpo.ac.id/6842/3/BAB I.pdf
Munadhiaksa, R. R., & Supriyanto, H. (2021). Evaluasi Atribut Kualitas Layanan Online Meeting Google Meet Menurut Persepsi Pengguna dengan Metode IPA-Kano dan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Jurnal Teknik ITS, 10(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.69945
Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359
Natassja, E. (2022). Efek Penggunaan Girlband K-Pop Twice sebagai Brand Ambassador terhadap Peningkatan Nilai Merek Scarlett Whitening. 1–23.
Netti, N., & Rohman, S. (2022). Management Studies and Entrepreneurship Journal. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(May), 884–897.
Ro’azah Afidatur. (2021). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.
Sa’diyah, A. A. N. (2018). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Indosat Ooredoo pada Santriwati Pondok Pesantren Avissina Ngronggo Kediri. IAIN Kediri, 13–32.
Sari, R. M. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN CAIR MEREK LUX (Studi Kasus pada Warga Kelurahan Semper Timur Jakarta Utara). Maulya Alfika, 2004, 6–25. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/7248
sugiyono (2018, P. 13. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 2014, 32–41.
Triadinda, D., Puspaningrum, A., & Hussein, A. S. (2018). Peranan Relational Benefits Dan Perceived Value Dalam Meningkatkan Trust Dan Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 65–78. https://doi.org/10.26905/jbm.v5i1.2317
Tuska, R., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2023). Pengaruh Functional Value, Social Value dan Emotional Value terhadap Green Purchase Intention, Dengan Green Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Produk Ramah Lingkungan di Yogyakarta). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(2), 1379. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i2.1507
Copyright (c) 2024 Ayu Juwita, Netti Nurlelawati, Dexi Triadinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.