Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Administrasi Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan administrasi di rumah sakit Bhayangkara Sartika Asih Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian yang akan diteliti adalah Penelitian ini dilakukan pada Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat II Sartika Asih Bandung Jl. H. Waasid No. 1 Bandung. Populasi diambil dari pasien rawat inap RSU dengan sampel sebanyak 100 pasien. Upaya pengambilan data dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Kemudian pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi,wawancara dan angket. Hasil observasi peneliti menunjukan administrasi pelayanan RS Bhayangkara Tingkat II Sartika Asih Bandung meliputi fasilitas rumah sakit, dan jenis-jenis pelayanan yang ada hingga struktur organisasinya sekarang. Hasil angket yang dilakukan peneliti kepada 100 orang pasien dengan instrument pertanyaan yang serupa mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan administrasi RS Bhayangkara Tingkat II Sartika Asih Bandung tingkat kepuasan pasien sangat puas dengan jumlah rata-rata 86,6% dari segi kenyamanan (Tangible), tingkat kepuasan pasien sangat puas dengan jumlah rata-rata 86,8% dari segi jaminan (Assurance), tingkat kepuasan pasien sangat puas dengan jumlah rata-rata 87,5% dari segi kehandalan (Reability), tingkat kepuasan pasien sangat puas dengan jumlah ratarata 82,3% dari segi Empati (Empaty) dan tingkat kepuasan pasien sangat puas dengan jumlah rata-rata 81,8% dari segi Daya Tanggap (Resposiveness).
References
Aminatuzzahroh. (2015). Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Poncol Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang, 1–16.
Azwar, A. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan. Binarupa Aksara.
Burhanuddin, N., Akk, B., & Masyarakat, K. (2016). Relationship between Health Service Quality and Patients’ Satisfaction of RSUD Syekh Yusuf Gowa. Jurnal Mkmi, 12(1), 41– 46. https://journal.unhas.ac.id/index.php/perennial/article/view/552
Chairman. (2010). costumer loyalty. Erlangga.
Daulay. (2024). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan terhadap Pelayanan Kefarmasian. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/55602%0D
Etlidawati, E., & Handayani, D. Y. (2017). Hubungan kualitas mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta jaminan kesehatan nasional. Medisains, 15(3), 142–147.
Harianto, N. K. S. (2015). Kepuasaan Pasien Terhadap Rumah Sakit Budhi Asih Jakarta. Jurnal Kesehatan Dan Masyarakat (Jurnal KeFis), 2(1), 12–21.
Herwanda. (2020). Pengaruh Perceived Quality Pasien terhadap Pemanfaatan Ulang Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Di RSGM Unsyiah. Cakradonya Dent, 9(1), 16–25.
Irmawati. (2017). Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu. Katalogis, 5, 97–188.
Kemenkes, R. . (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.
Kemenkes RI, K. K. R. I. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.
Kementerian Kesehatan RI. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Kementrian Kesehatan RI.
Kepmenpan No 25 tahun 2004, Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat.
Kevin Efendi (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019, Jurnal Kesehatan
Maulina, L., Madjid, T. A., & Chotimah, I. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018. Promotor, 2(2), 130. h
Nursalam, D. (2014). Manajemen Keperawatan" Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika.
Putra, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Tingkat Kepuasan Pasien pada Puskesmas di Pemerintah Daerah Boyolali. Ekon Dan Bisnis, 1(1), 16.
Sugianingsih, A. (2020). ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA. Arfak Chem: Chemistry Education Journal. http://www.journalfkipunipa.org/index.php/accej/article/view/294
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 5.
Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia.
Wahyu Kuntoro (2017) .Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta Jurnal Kesehatan Vokasional
Copyright (c) 2024 Eka Revikasari, Sani Fitriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.