Determinan Kepuasan Pengguna E-Filing Dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Tahunan (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Kpp Pratama Bengkulu Satu)

Authors

  • Elvirha Dwi Kartika Universitas Andalas
  • Aries Tanno Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11929

Keywords:

Kepercayaan, Sikap Perilaku Wajib Pajak, Persepsi Kemudahan Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna e-filing.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepuasan pengguna e-filing dengan mempertimbangkan faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna e-filing. Faktor – faktor yang mempengaruhi mencakup kepercayaan, sikap perilaku wajib pajak, persepsi kemudahan, kualitas sistem dan kualitas informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dilakukan secara langsung kepada responden. Penelitian ini menggunakan metode convenience sampling dengan sampel penelitian adalah wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Bengkulu Satu sebanyak 90 responden. Teknik analisis data menggunakan model SEM dengan program Warp Partial Least Square (PLS) 7.0. Temuan penelitian ini  mengungkapkan Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna e-filing, Persepsi Kemudahan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna e-filing. Disisi lain, Sikap perilaku wajib, Kualitas sistem dan Kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna e-filing. Penelitian mengidentifikasi tantangan spesifik di KPP Pratama Bengkulu Satu terkait penerapan e-filing, yang dapat memberikan wawasan praktis untuk perbaikan sistem dan penelitian memberikan rekomendasi untuk meningkatkan adopsi e-filing dan meningkatkan kepuasan wajib pajak secara lebih luas.

 

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Aji, R. P., Puti, A. A., & Sari, D. P. P. (2022). Determinan Kepuasan Pengguna E-Filing Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 24(1).
Alawneh, A., Al-Refai, H., & Batiha, K. (2013). Measuring user satisfaction from e-Government services: Lessons from Jordan. Government information quarterly, 30(3), 277-288.
Al-Rahmi, A. M., Shamsuddin, A., Alturki, U., Aldraiweesh, A., Yusof, F. M., Al-Rahmi, W. M., & Aljeraiwi, A. A. (2021). The influence of information system success and technology acceptance model on social media factors in education. Sustainability, 13(14), 7770. https://doi.org/10.3390/su1314777
Ambarsari, I, T. 2018. Pengaruh Penerapan E-Filing dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pada KPP Madya Sidoarjo, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara, Surabaya.
Anisa, R., & Suprajitno, D. 2020. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan,Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan Efiling Bagi Wajib Pajak Di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa.
Ari, D. P. S., dan Hanum, L. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Website DJP Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Modifikasi E-GOVQUAL. Jurnal Administrasi Binis Volume. 15 No. 1. Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.
Calisir, F., Altin Gumussoy, C., Bayraktaroglu, A. E., & Karaali, D. (2014). Predicting the intention to use a web‐based learning system: Perceived content quality, anxiety, perceived system quality, image, and the technology acceptance model. Human Factors and Ergonomics in Manufacturing & Service Industries, 24(5), 515-531.https://doi.org/10.1002/hfm.20548
Carter, L., & Bélanger, F. 2005. The utilization of e-government services: citizen trust, innovation and acceptance factors. Pamplin College of Business, Virginia Polytechnic Institute & State University, 3007 Pamplin Hall, 0101, Blacksburg, VA 24061-0101, USA,
Çelik, H. E., & Yilmaz, V. (2011). Extending the technology acceptance model for adoption of e-shopping by consumers in Turkey. Journal of Electronic Commerce Research, 12(2), 152.
Chee-Wee. et al., 2005. Towards The Restoration Of Public Trust In Electronic Governments: A Case Study Of The E-Filing System In Singapore. Proceedings of the 38th Hawaii International Conference on System Sciences. University of British Columbia.
Chen, C. W. 2010. Impact of Quality Antecedents on Taxpayer Satisfaction with Online Tax-Filing. Information & Management 47 , 308–315.
Dai, C. Y., Kao, M. T., Harn, C. T., Yuan, Y. H., & Chen, W. F. (2011, August). The research on user satisfaction of easy teaching Web of Taipei assessed via information quality, system quality, and Technology Acceptance Model. In 2011 6th International Conference on Computer Science & Education (ICCSE) (pp. 758-762). IEEE.
Davis, F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Acceptance of Information System Technology. MIS Quarterly, Vol. 13, No. 3, pp. 319-339. University of Minessota. Minessota.
DeLone,W., & McLean E.R. 2003. The DeLone and McLean Model of Information System Success: A Ten Year Update. Journal of MIS (19:4), pp 9-30.
Dewi, C, Riswandari, E., & Bwarleling, T. H. 2021. Determinan Penggunaan E- Filing : Survey Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di DKI JAKARTA. Jurnal Digismantech Vol 1 (No.2 ) : 1 - 12. Th. 2021 p-ISSN: 2798-1819 e-ISSN: 2798-0189. Prodi Akuntansi, Universitas Bunda Mulia.
Fatima, A. 2017. Analysis Of Perceived Ease Of Use, Attitude, And Perceived Risk As Factors Influencing E-Filing Use. Thesis. International Program Faculty Of Economics Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling metode alternatif dengan partial
least Squares (PLS). Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, A. B., dan Mujilan. 2021. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Kepercayaan, Dan Computer Self Efficacy Terhadap Minat Penggunaan E-Spt Pada Pemilik Usaha Mikro Dan Kecil Di Kota Madiun. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi Vol. 09 No. 02. ISSN Online: 2338-6576 Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun.
Hair Jr, J. F., Sarstedt, M., Matthews, L. M., & Ringle, C. M. (2016). Identifying and TreatingUunobservedHheterogeneity with FIMIX-PLS: Part I–method. European Business Review.
Hambali, A. J. H. (2020). The success of e-filing adoption during COVID 19 pandemic: The role of collaborative quality, user intention, and user satisfaction. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 23(1), 57-68.
Haruna, I. U., Nadzir, M. M., & Awang, H. (2023). The Impact of Quality Factors on Continuous Usage of E-Taxation Filing Reporting System. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 30(2), 141-153. DOI: https://doi.org/10.37934/araset.30.2.141153
Helia, V. N., Asri, V. I., Kusrini, E., & Miranda, S. (2018). Modified technology acceptance model for hospital information system evaluation–a case study. In MATEC Web of Conferences (Vol. 154, p. 01101). EDP Sciences.
Herawan, L., & Waluya. 2014. Analisis Faktor-Faktor yan Mempengaruhi Perilaku Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-filing. Ultima Accounting Vol 6, No.2. Universitas Multimedia Nusantara.
Kirana, G. G. 2010. Analisis Perilaku Penerimaan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.
Kolompoy, Calvin, et al. 2015. “Pengaruh Perilaku Individu Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Penggunaan E-Filing di Kota Manado”. E-Journal Unsrat Vol.4 No. 2.
Laihad, Risal C.Y. 2013. Pengaruh Perilaku Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Wajib Pajak di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol 1, No.3. ISSN: 2303-1174. Fakultas Ekonomi, Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Legris, P., Ingham, J., & Collerette, P. (2003). Why do people use information technology? A critical review of the technology acceptance model. Information & management, 40(3), 191-204.
Li, Y., & Shang, H. (2020). Service Quality, Perceived Value, And Citizens’ Continuoususe Intention Regarding E-Government: Empirical Evidence From China. Information & Management, 57(3), 103197.
Ma, Q., & Liu, L. (2004). The technology acceptance model: A meta-analysis of empirical findings. Journal of Organizational and End User Computing (JOEUC), 16(1), 59-72.
Mahmudah, N., & Kartikaningdyah, E. (2020, August). The Effect of Perception of Utilization, Perception of Easy of Use and Taxpayer Satisfaction on E- Filing Use by Tax Payer. In First International Conference on Applied Science and Technology (iCAST 2018) (pp. 122-127). Atlantis Press. 10.2991/assehr.k.200813.028
Maryana, F., Ridhawati, R., & Sayekti, T. A. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan Area Barabai. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(2), 213-229.
Mulyani, S., & Fidiana. 2021. Pengaruh Penggunaan E-Registration, E-Billing, Dan E-Filing Dalam Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. e-ISSN: 2460-0585. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Napitupulu, Darmawan. 2016. Analisa Kualitas Layanan E-Government Dengan Pendekatan E-GOVQUAL & IPA, Analysis Of E-Government Services Quality Based On E-GOVQUAL & IPA APPROACH. JPPI Vol 6 No 2 (2016) 153 – 168 e-ISSN 2476-9266, p-ISSN: 2088-9402. Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Noviandini, N. C. 2012. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahaan Penggunaan, Dan Kepuasan Penggunaan e-Filling Bagi Wajib Pajak Di Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Oktavia, F. Z. F. (2023). Factors affecting user satisfaction on e-filing system in Indonesia. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 20(2), 239-253.
Oktavia, F. Z. F. (2023). Factors affecting user satisfaction on e-filing system in Indonesia. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 20(2), 239-253. 10.30595/kompartemen.v20i2.13564
Papadomichelaki, X,. & Mentzas, G. 2011. e-GovQual: A multiple - item scale for assessing e-Government service quality. Government Information Quarterly, 29, 98–109.
Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-34/PJ/2010 Tentang “Bentuk Formulir Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Dan Wajib Pajak Badan Beserta Petunjuk Pengisiannya Sebagaimana Telah Diubah Beberapa Kali Terakhir Dengan Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-19/PJ/2014”.
Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER - 03/PJ/2015 Tentang “Penyampaian Surat Pemberitahuan Elektronik”.
Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia. 2021. PMK No. 63/ PMK.01/2021. Tata Cara Pelaksanaan Hak dan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan serta Penerbitan, Penandatanganna dan Pengiriman Keputusan Atau Ketetapan Secara Elektronik.
Pradirza Utama, M. A. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Ketepatan Waktu, Kerahasiaan, Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Kepuasan Pengguna E-Filing (Studi Empiris di KPP Pratama Tangerang Barat) (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
Pratiwi, B. N. 2020. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan
E - Filing Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Kepuasan Penggunaan. Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara Yogyakarta.
Purwidyasari, A., & Syafruddin, M. (2017). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan E-Government Studi Kasus Pada Modul Penerimaan Negara Generasi 2. Diponegoro Journal of Accounting, 6(4), 23-31.
Putri, N. A & Tambun, S. 2018. Pengaruh Kualitas Sistem Perpajakan danSosialisasi Perpajakan Terhadap Kepuasan Pengguna e-filing Dengan Kepercayaan Terhadap Otoritas Perpajakan Sebagai Variabel Moderating. Media Studi Ekonomi Volume 21 No.1 Januari - Juni 2018. Universitas 17 Agustus 1945. Jakarta.
Rahmayanti, P. L. D. 2021. Integration of technology acceptance model and theory of reasoned action in predicting e-wallet continuous usageintentions. International Journal of Data and Network Science 5 (2021) 649–658.
Ramdhony, D., Liébana‐Cabanillas, F., Gunesh‐Ramlugun, V. D., & Mowlabocus, F. (2023). Modelling the determinants of electronic tax filing services’ continuance usage intention. Australian Journal of Public Administration, 82(2), 194-209. 10.1111/1467-8500.12559
Rianda, S. 2015. Pengaruh Kualitas Informasi Terhadap Sikap Atas Penggunaan E-Filing PPh 21, Perceived Usefulness (PU) Dan Perceived Ease Of Use (PEOU) Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta. Padang.
Risdiyanto (2014) Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas: Teori dan Aplikasi.Yogyakarta : Leutikaprio.
Riyandra. 2016. Pengaruh Trust, Perceived Ease Of Use (Peou) dan Information Quality Terhadap Penggunaan E-Filing. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Universitas Bung Hatta. Padang.
Salloum, S. A., Alhamad, A. Q. M., Al-Emran, M., Monem, A. A., & Shaalan, K. (2019). Exploring students’ acceptance of e-learning through the development of a comprehensive technology acceptance model. IEEE access, 7, 128445-128462. 10.1109/ACCESS.2019.2939467
Saptono, P. B., Hodžić, S., Khozen, I., Mahmud, G., Pratiwi, I., Purwanto, D., & Khodijah, S. (2023, February). Quality of e-tax system and tax compliance intention: The mediating role of user satisfaction. In Informatics (Vol. 10, No. 1, p. 22). MDPI. https://doi.org/10.3390/informatics10010022
Saputra, D. (2023). Kesalahan Hitung Pajak: Dampak Ketidaktahuan Sistem dan Tata Cara Perpajakan bagi Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi dan Bisnis.
Sarazkha, M. A. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Persepsi Kemudahan dan Ketepatan Waktu Penggunaan E-Filing Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).
Saripah, S., Putri, A. A., & Darwin, R. (2016). Pengaruh kepercayaan, persepsi kebermanfaatan, persepsi risiko dan kepuasan wajib pajak terhadap penggunaan e-filling bagi wajib pajak orang pribadi di KPP pratama Pekanbaru tampan tahun 2015. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 6(2), 134-149.
Sekaran, U., & Bougie, R. 2017. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Setyoko, D., et al. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Baru dalam Pelaporan Kewajiban Perpajakan: Studi Kasus pada Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia. Jurnal Administrasi Publik.
Sholihin, Mahfud, and Dwi Ratmono. 2013. Analisis SEM-PLS Dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: Penerbit Andi
Siswoyo, A., & Irianto, B. S. (2023). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Aplikasi Mobile Banking. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(2), 1196-1205.
Sugihartono, T., & Putra, R. R. C. 2020. Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model pada Sistem Pelayanan Publik.SATIN – Sains dan Teknologi Informasi. Vol. 06, No. 02, Desember 2020, pp. 96-105 ISSN: 2527-9114.
Sugiono, 2017. “Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D)”. Bandung: Alfabeta.
Supawanhar, M, Rahmawati, E., & Sepika, S. 2023. Sosialisasi Reformasi Administrasi Perpajakan Tentang Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Dengan Sistem E-Filling. Volume 1, No 1 – Februari 2023. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS.
Tahar, Afrizal dan Alya Jilan Sabiqoh. 2020. Persepsi Kebermanfaatan, Appearance, dan Individualism terhadap Penggunaan E-Filing dengan Kepuasan Pengguna sebagai Variabel Intervening. e-ISSN 2302-8556 Vol. 30 No. 11 Denpasar, Nopember 2020 Hal. 2983-2998. Fakultas Ekonomi dan BisnisUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta. Indonesia.
Tahar, Afrizal., et al. 2021. Pengaruh Appearance dan Individualism terhadap Penggunaan E-filing dengan Kepuasan Pengguna sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Wajib Pajak UMKM di Provinsi Bengkulu). Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, Vol. 5 No. 1, Hlm: 79- 90.
Tantra, H., Frederica, D., Pakpahan, J., & Diweri, O. D. (2023). ANALYSIS OF E-FILING USAGE FACTORS. International Journal of Accounting, Management, Economics and Social Sciences (IJAMESC), 1(3), 118-127.
Thong, J. Y., Hong, S. J., & Tam, K. Y. (2006). The effects of post-adoption beliefs on the expectation-confirmation model for information technology continuance. International Journal of human-computer studies, 64(9), 799-810. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2006.05.001
Tian, Y., Chan, T. J., Suki, N. M., & Kasim, M. A. (2023). Moderating Role of Perceived Trust and Perceived Service Quality on Consumers’ Use Behavior of Alipay e‐wallet System: The Perspectives of Technology Acceptance Model and Theory of Planned Behavior. Human Behavior and Emerging Technologies, 2023(1), 5276406.
Toraman, Y., & Geçit, B. B. (2023). User acceptance of metaverse: an analysis for e-commerce in the framework of technology acceptance model (TAM). Sosyoekonomi, 31(55), 85-104.
Utami, Adisti Putri dan Osesoga, Maria Stefani. 2017. Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Filing Wajib Pajak Orang Pribadi. Universitas Multimedia Nusantara. Ultima Accounting. Vol. 9, No. 2, Desember 2017, Hal. 15-32. ISSN 2085-4595.
Utari, Suci. 2015. Pengaruh Kepercayaan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing. Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Utomo, G. S., Titisari, K. H., & Wijayanti, A. 2019. Pengaruh Kualitas E - Goverment terhadap kepuasan penggunaan E-Filing Studi Kasus Wajib Pajak OP di Surakarta Tahun 2019. Jurnal Widya Ganeswara, Vol 28 No. 2 Juli 2019. Program Studi Akuntansi, Universitas Islam Batik Surakarta.
Veeramootoo, N., Nunkoo, R., & Dwivedi, Y. K. (2018). What determines success of an e-government service? Validation of an integrative model of e-filing continuance usage. Government information quarterly, 35(2), 161-174.
Venkatesh, V., & Davis, F. D. (1996). A model of continued use of information technology. Journal of management information systems, 12(4), 286-306.
Wibowo, A. (2008). Kajian tentang perilaku pengguna sistem informasi dengan pendekatan technology acceptance model (TAM). Konferebsi Nasional Sistem Informasi, 9
Widiani, Y. N., & Abdullah. 2018. Kualitas Pelayanan E-Government Melalui Aplikasi E-Filing Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Volume 11, No 2, Agustus 2018, Hal. 88-96 ISSN 1979- 0600 (print) 2580-9539. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom.
Widyadinata, Y & Toly, A. A. 2014. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Ketepatan Waktu, dan Kerahasiaan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pengguna E-Filing. Tax & Accounting Review, Vol. 4, No.1. Jurusan akuntasi, Universitas Kristen Petra. Surabaya.
Wiratan, K., & Harjanto, K. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Filing Oleh Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar pada KPP Madya dan Pratama di Kota Tangerang dan Tangerang Selatan). Universitas Multimedia Nusantara.

Downloads

Published

2024-08-16