Pengaruh Brand Image, Digital Marketing, Celebrity Endorcement Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11974Keywords:
Citra Merek, Pemasaran Digital, Dukungan Selebriti, Keputusan Pembelian .Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pemasaran dengan menggunakan platform media digital dan influencer untuk menyebarkan branding produk. Salah satu produk yang menggunakan branding adalah Scarlett Whitening. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh brand image, digital marketing dan celebrity endorcement terhadap keputusan pembelian mahasiswa Universitas Kristen Maranatha. Metode yang digunakan adalah paradigma kuantitatif dengan teknik pengumpulan data purposive sampling. Untuk membuktikan dan menganalisis digunakan hasil uji validitas dan reliabilitas kuesioner, penentuan koefisien korelasi (R), uji regresi linier berganda dan uji F serta uji T. Hasil pengujian pada margin error 5% menunjukkan nilai signifikansi brand image (X1 ) dan Celebrity Endorcement (X3 ) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X1 dan X3 memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan nilai signifikansi Digital Marketing (X2 ) sebesar 0,075 yang lebih besar dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X3 tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diterima yaitu H1 dan H3 sedangkan H2 ditolak .
References
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hananto, K. (2015). Pengaruh Brand Image Dan Country Of Origin Image Terhadap Minat Pembelian Iphone. PARSIMONIA, 2(2), 13–22.
Kautsar, M., Dida, S., & Nugraha, A. R. (2023). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Kepuasan Publik Scarlett Whitening. Comdent: Communication Student Journal, 1(1), 167. https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.48252
Kholifah, S. (2022, October). Pembahasan Lengkap Apa Itu Digital Marketing + 9 Strateginya. Universitas STEKOM. https://komputerisasi-akuntansi-d4.stekom.ac.id/informasi/baca/Pembahasan-Lengkap-Apa-Itu-Digital-Marketing-9-Strateginya/736296dbda109889e947064c0d24330eafd5d13d
Nabhan, N., Harahap, S., & Faishal, M. (2021). Penerapan Digital Marketing sebagai Komunikasi Pemasaran Jasa Photography Happy Stories Terhadap Konsumen di Medan.
Pandiangan, K., Masiyono, & Dwi Atmogo, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4
Pramesti, E. A., & Wardhana, A. (2022). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Pepsodent di Kota Bandung. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 615–627. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.556
Purnama Ningsih, D. (2019). Analisis Dampak Celebrity Endorse Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Produk Wardah Instaperfect (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). In Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) (Vol. 8).
Riadi, R. A., Setyaningrum, I., & Kartikasari, C. Y. (2023). Peran Celebrity Endorser Terhadap Perilaku Konsumen Saat Pembelian Online Pada Platform E-Commerce. Jurnal E-Bis, 7(2), 804–813. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i2.1436
Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, 8(2), 92–121.
Sanditya, R. (2019). Hubungan Celebrity Endorser Dengan Keputusan Pembelian Produk Pakaian Pada Konsumen Secara Online di Media Sosial Instagram. Psikoborneo, 7(1), 100–104.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sumartias, S., Subekti, P., & Syuderajat, F. (2022). Literasi Informasi Dalam Penggunaan Media Sosial. In Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat (Vol. 11, Issue 4).
Suryani, S., & Koranti, K. (2022). Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Keamanan Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Sikap Pengguna E-Commerce. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(2), 183–198. https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i2.5189
Sutriono, & Haryatmoko. (2018). Selebriti dan Komodifikasi Kapital di Media Sosial.
Tamba, M. R., & Panday, R. (2020). Analisa Peramalan Penjualan Pada Produk Kosmetik Wardah Dengan Menggunakan Time Series. https://www.researchgate.net/publication/348002916
Tenriwaru, T., Kalsum, U., & Agus, A. A. (2022). IBM Penyusunan Company Profile Untuk Penguatan Bisnis Badan Usaha Milik Desa Harapan Jaya Desa Padanglampe Kab. Pangkep. Celebes Journal of Community Services, 1(2), 38–43. https://doi.org/10.37531/celeb.v1i2.291

