Pengaruh Brand Image, Product Quality, Dan Price Perception Terhadap Repurchase Intention Honda Vario Di Kota Cimahi

  • Galang Dasesar Yudhiswara Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Leni Evangelista Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Brand Image, Product Quality, Price Perception, Repurchase Intention

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pernyataan dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), yaitu penjualan motor baru di dalam negeri pada tahun 2023 mencatatkan kenaikan 26% dengan angka 5.237.976 unit dengan segmen penjualan terbesar dipegang oleh motor matic. Namun, peningkatan penjualan motor tersebut tidak sejalan dengan hasil survei Top Brand Award, pada tahun 2023 Honda Vario mengalami penurunan menjadi sebesar 20,60%. Hal tersebut mengindikasikan adanya penurunan repurchase intention pada Honda Vario di tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image, product quality, dan price perception Honda Vario di Kota Cimahi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan penelitian convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 120 orang pengguna Honda Vario yang berdomisili di Kota Cimahi dengan rentang usia 17 tahun ke atas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan brand image, product quality, dan price perception berpeng|aruh baik secara parsial maupun simultan terhadap repurchase intention.

References

Aprilia, Y., & Andarini, S. (2023). Pengaruh Product Quality dan Brand Trust terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Produk Kecantikan Brand Somethinc. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 3193–3205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.3649
Basit, A., & Rahmawati, T. H. (2018). Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method. Nyimak (Journal of Communication), 1(2), 197–208. https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.483
Faradannisa, M., & Supriyanto, A. (2022). Kepuasan Pelanggan Ditinjau dari Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Etika Bisnis Islam. Tawazun: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 76–94. https://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jes/article/view/216
Metodologi Survey. (2023). Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/metodologi-survei
Pratama T, & Suryadi N. (2021). Pengaruh Perceived Quality, Price Perception, Dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention (Studi Pada Pengguna Produk Olahraga Merek Specs di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 9(2), 6–7. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7447
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value, 4(3), 1651–1667. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial%20Issue%203.1004
Ristanti, A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 1026. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p1026-1037
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitan Untuk Bisnis.
Published
2024-08-17
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 2 times