Pengaruh Religiosity Dan Product Innovation Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Pelanggan Mcdonald’s Di Kota Cimahi

  • Sani Kautsar Ibadurrahman Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Hariyadi Triwahyu Putra Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Religiosity, Product Innovation, Customer Satisfaction, Repurchase Intention

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh religiosity dan product innovation terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction pada pelanggan McDonald’s di Kota Cimahi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif, Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 responden dengan teknik convenience sampling. Sumber data diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang sudah dinyatakan valid dan reliabel serta sudah lolos melewati uji asumsi klasik, untuk melakukan pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji regresi berganda dan uji sobel. Alat yang digunakan untuk melakukan pengujian yaitu software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiosity berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, product innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, religiosity berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, product innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Kemudian, customer satisfaction berperan dalam memediasi pengaruh religiosity terhadap repurchase intention, dan customer satisfaction berperan dalam memediasi pengaruh product innovation terhadap repurchase intention.

References

Agustina, L., & Farida, S. N. (2023). Pengaruh Customers Knowledge, Customers Experience, Dan Customers Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Produk Scarlett Whitening. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 922–930. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3773
Ananda, T. (2021). Pengaruh Religiusitas, Sertifikasi Halal dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Konsumen Es Krim Walls di Kota Semarang). Undergraduate Thesis. https://repository.unissula.ac.id/24729/
Annur, C. M. (2023). Perempuan Lebih Sering Konsumsi Makanan Cepat Saji Ketimbang Laki-laki. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/16/perempuan-lebih-sering-konsumsi-makanan-cepat-saji-ketimbang-laki-laki
Arbar, T. F. (2024). Dampak Ngeri Boikot-Anti Israel Terlihat di Asia, McD Cs Rugi-Tutup. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20240531105901-4-542711/dampak-ngeri-boikot-anti-israel-terlihat-di-asia-mcd-cs-rugi-tutup
Arista, M., & Nizam, A. (2023). Pengaruh Religiusitas, Inovasi Produk, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Korean Food Di Gapyeong Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahaisiswa Ekonomi Islam, 5(2), 131–143. https://doi.org/10.24815/jimeki.v5i2.28716
Bawono, A., Finisia, M., & Oktaviani, R. (2016). Analisis Pemahaman, Produk, dan Tingkat Religiusitas terhadap Keputusan Mahasiswa IAIN Menjadi Nasabah Bank Syariah Cabang Salatiga. Jurnal Muqtasid, 7, 29–53. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v7i1.29-53
Budiono, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868
Devica, S. (2018). EMPIRICAL STUDY OF PERCEIVED VALUE AND CUSTOMER SATISFACTION IN THE FAST FOOD RESTAURANT. AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3), 241–250. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i3.19122
Hendrawan, L. S. (2024). Kemenperin RI Catat Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 4,47 Persen. Times Indonesia. https://timesindonesia.co.id/ekonomi/488421/kemenperin-ri-catat-industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-447-persen
Hutagalung, D., Asbari, M., Fayzhall, M., Ariyanto, E., Agistiawati, E., Sudiyono, R. N., Waruwu, H., Goestjahjanti, F. S., Winanti, & Yuwono, T. (2020). Peran Religiusitas, Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Mediasi Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Guru. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 311–326. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/483
Ikhtiasari, D. S. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Richeese Factory. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(7), 1–16. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2316
Jo, B. (2023). amai Boikot McDonald, Muncul karena Dugaan McD Dukung Israel. Tirto.Id. https://tirto.id/ramai-boikot-mcdonald-muncul-karena-dugaan-mcd-dukung-israel-gQ6s
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga.
Laucereno, S. F. (2021). Sejarah McD di Indonesia, Gerai Pertama di Sarinah. Detikfinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5603700/sejarah-mcd-di-indonesia-gerai-pertama-di-sarinah
Mandili, I., Zarkasih, A., Munthe, R. S., & Wahyuni, E. (2022). Effect of Product Quality , Customer Satisfaction , Trust , and Brand Image on Repurchase Intention . Case Study : Halal Cosmetic Products. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2009), 10802–10809. https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/4895/pdf
Manuhutu, E. H. ., Alimudin, A., Wulandari, A., & Damayanti, E. (2021). The Effect of Product Innovation on Repurchase Intentions Mediated by Consumer Satisfaction of Oppo Smartphone Users. Jurnal Ekonomi, 21(2), 58–64. https://doi.org/10.29138/je.v21i2.146
Miati, I. (2019). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen Handycrafts pada Sentra Kerajinan Bambu Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis, 3(2), 19–34. https://jurnal.stisipbp.ac.id/index.php/ADBIS/article/view/18
Nurrachmi, I., & Setiawan, S. (2020). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Halal. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 7(2), 126–137. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v7i2.3521
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(3), 1651–1667. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial%20Issue%203.1004
Riadi, M. (2021). Makanan Cepat Saji (Fast Food) - Pengertian, Jenis, Kandungan dan Dampaknya. Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2021/09/makanan-cepat-saji-fast-food.html
Salindeho, A. E., & Mandey, S. L. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Tempat Dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Motor Suzuki (Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Cab.Malalayang). Jurnal EMBA, 6(4), 3348–3357. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21334
Sari, E. N., & Arianto, T. (2022). Effect of Food Quality, Product Innovation and Trust on Customer Satisfaction (Case Study at McDonald’s Bengkulu City) Pengaruh Food Quality, Inovasi Produk Dan Trust Terhadap Customer Satisfaction (Studi Kasus Pada McDonald ’ s Kota Bengkulu). Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Keuangan, 3(4), 1363–1372. https://doi.org/10.53697/emak.v3i4
Sari, N. N., Fauzi, A., & Rini, E. S. (2021). The Effect of Electronic Word of Mouth (E-Wom) and Brand Image on Repurchase Intention Moderated by Brand Trust in the Garuda Indonesia Airline. International Journal of Research and Review, 8(9), 81–91. https://doi.org/10.52403/ijrr.20210912
Sartika, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 10–21. https://doi.org/10.33633/jpeb.v2i1.2231
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Sudarti, K., & Ulum, S. B. (2019). Peran Sikap Konsumen Dalam Memediasi Pengaruh Religiusitas Dan Reputasi Merek Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 48. https://doi.org/10.30659/ekobis.20.2.48-61
Tiofani, K., & Aisyah, Y. (2021). 10 Restoran Cepat Saji Terkenal di Indonesia, Harga Menu Mulai Rp 8.000. Kompas.com. https://www.kompas.com/food/read/2021/10/20/170400475/10-restoran-cepat-saji-terkenal-di-indonesia-harga-menu-mulai-rp-8000
Top Brand Index. (2024). Komparasi Brand Index. Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=3&id_kategori=6&id_subkategori=157&tahun_awal=2021&tahun_akhir=2024&brand1=Burger King&brand2=HokBen&brand3=KFC&brand4=MC Donalds&brand5=Pizza Hut
Wahyoedi, S., Sudiro, A., Sunaryo, S., & Sudjatno, S. (2021). The effect of religiosity and service quality on customer loyalty of Islamic banks mediated by customer trust and satisfaction. Management Science Letters, 11, 187–194. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.8.016
Wire, P. (2024). 2024, industri mamin nasional diprediksi naik 7%. Antara. https://www.antaranews.com/berita/3928422/2024-industri-mamin-nasional-diprediksi-naik-7
Published
2024-08-17
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 4 times