ANALISIS NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2020-2023

  • Khairunnisa Rosyadah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Nurjanti Takarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan

Abstract

Perekonomian Indonesia terus tumbuh seiring dengan perkembangan ekonomi global, ditandai dengan semakin banyaknya perusahaan setiap tahunnya. Perusahaan menjadi lebih kompetitif, memaksa manajer untuk membuat keputusan penting agar dapat bertahan dan mencapai tujuan mereka. Nilai perusahaan menjadi satu antara lain parameter yang dimanfaatkan pemegang saham untuk meramalkan kemajuan sebuah perusahaan. Perusahaan sektor consumer non-cyclicals melihat nilai perusahaannya turun antara tahun 2020-2023. Penelitian ini mempunyai maksud untuk mengetahui dampak profitabilitas, leverage, likuiditas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi yang diteliti dalam riset ini merupakan perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang tercantum di BEI hingga tahun 2023. Pengutipan sampel dilaksanakan secara purposive sampling menghasilkan 33 perusahaan yang memenuhi kondisi yang diidentifikasi. Metode analisis yang dipergunakan dalam riset adalah analisis regresi linier berganda. Temuan riset memperlihatkan bahwa profitabilitas dan leverage berdampak signifikan positif pada nilai perusahaan, sebaliknya likuiditas dan kebijakan dividen non signifikan pada nilai perusahaan.

References

Agustin, L., & Anwar, M. (2022). Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Property Dan Real Estat yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 1251–1267.
Akustika, S., & Wikartika, I. (2023). Increasing Company Value Through Internal and External Factors of the Company with Dividend Policy as a Moderating Variable. Indonesian Journal of Business Analytics, 3(4), 1389–1400.
Atmikasari, D., Indarti, I., & Aditya, E. M. (2020). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Deviden sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Aset, 22(1), 25–34.
Barna, R. T., & Pertiwi, T. K. (2021). THE EFFECT OF PROFITABILITY ON COMPANY VALUE WITH DIVIDEND POLICY AS INTERVENING VARIABLES. Balance: Jurnal Ekonomi, 17(1), 78–89.
Bon, S. F., & Hartoko, S. (2022). The Effect of Dividend Policy, Investment Decision, Leverage, Profitability, and Firm Size on Firm Value. European Journal of Business and Management Research, 7(3), 7–13.
Ferdyansyah, M. D., & Suwaidi, R. A. (2023). Faktor Fundamental Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, Dan Transportasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7349–7356.
Fitriana, N. L., & Purwohandoko, P. (2022). Pengaruh Leverage, Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Airlines Company Listed IDX 2011-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 39–50.
Gitman, L. J., & Zutter, C. J. (2015). Principles of Managerial Finance (14th ed.). Pearson Education Limited.
Herdiani, N. P., Badina, T., & Rosiana, R. (2021). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Good Corporate Governance dan Sales Growth Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 87–106.
Irawan, A., Setiawan, S., & Andini, R. D. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan LQ45. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 1–14.
Izdihar, D. F., & Takarini, N. (2021). Analisis Nilai Perusahaan Food and Baverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Journals of Economics Development Issues (JEDI), 4(2), 501–510.
Karim, A. N., & Nur, D. I. (2024). Analisis Nilai Perusahaan Food & Beverage di Bursa Efek Indonesia. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(4).
Kontan.co.id. (2023). Angin Segar Pertumbuhan Ekonomi, Saham Konsumen Primer Berikut Ini Layak Dikoleksi. https://investasi.kontan.co.id/news/angin-segar-pertumbuhan-ekonomi-saham-konsumen-primer-berikut-ini-layak-dikoleksi
Modigliani, F., & Miller, M. H. (1963). Corporate Income Taxes and the Cost of Capital: A Correction. The American Economic Review, 53(3), 433–443.
Nurdiyana, N. A., & Nur, D. I. (2021). Analysis of Company Value on Coal Sub Sector Companies in Bursa Efek Indonesia. Balance: Jurnal Ekonomi, 17(1), 12–21.
Pamungkas, A. P., & Yuniningsih. (2022). Dampak Faktor Fundamental dalam Penentuan Nilai Perusahaan. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1), 179–187.
Pertiwi, T. K., & Dewati, R. A. D. M. (2022). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(3).
Pradani, A. P., Nur, D. I., & Wikartika, I. (2021). Analisis Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Wholesale. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1).
Pratama, M. B. A., & Takarini, N. (2021). Analisis Nilai Perusahaan Pada Sektor Basic Industry and Chemicals Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Fidusia : Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 4(2), 124–137.
Putri, Z. S., & Nur, D. I. (2023). Analysis of Firm Value with Dividend Policy as a Moderating Variable : Empirical Evidence on Real Estate Companies on the Indonesia Stock Exchange. Jurnal Ekbis : Analisis, Prediksi Dan Informasi, 24(2), 249–261.
Rahayu, M. S., Suhadak, & Saifi, M. (2020). The reciprocal relationship between profitability and capital structure and its impacts on the corporate values of manufacturing companies in Indonesia. International Journal of Productivity and Performance Management, 69(2), 236–251.
Ramadhan, M., & Takarini, N. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). SEIKO : Journal of Management & Business, 374–383.
Ranti, M., & Pertiwi, T. K. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif dan Komponen Bursa Efek Indonesia (BEI). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 9(1), 12–20.
Rizki, M., & Takarini, N. (2021). Analisis Nilai Perusahaan Pada Subsektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Politik, 2(2), 65–73.
Santoso, B. A., & Junaeni, I. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2), 1597–1609.
Setyowati, I., Paramita, P. D., & Suprijanto, A. (2018). PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Sektor Property & Real Estate yang terdaftar di BEI Periode 2012-2016). Journal of Accounting, 36–54.
Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355–374.
Sukmahayati, L., & Suwaidi, R. A. (2021). Analisis Nilai Perusahaan pada Sektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal E-Bis:Ekonomi Bisnis, 5(2).
Umbung, M. H., Ndoen, W. M., & Amtiran, P. Y. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 10(2), 211–225.
Wardana, M. A. D., & Suwaidi, R. A. (2023). Analisis Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Cyclicals Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal E-Bis:Ekonomi Bisnis, 7(2).
Wiguna, R. R. D. R. P. R., & Suwaidi, R. A. (2023). The Effect of Liquidity, Capital Structure, and Profitability on Firm Value in Cosmetic Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multidisciplinary Research and Literature IJOMRAL, 2(6), 756–764.
Wikartika, I. (2024). Company Value Analysis of Automotive Subsector Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Jurnal Multidisiplin Madani MUDIMA), 4(6).
Yuniningsih, Y., Pertiwi, T. K., & Purwanto, E. (2019). Fundamental factor of financial management in determining company values. Management Science Letters, 9(2), 205–216.
Published
2024-11-21
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times