Pengaruh Celebrity Endorser Dan Instagram Ads Terhadap Minat Beli Produk Lipstik Wardah Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Di Kota Cimahi

Authors

  • Nabila Dwi Reina Wijaya Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Veronika Santi Paramita Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11999

Keywords:

Celebrity Endorser, Instagram Ads, Brand Awareness, Purchase Intention

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan instagram ads terhadap minat beli produk lipstik Wardah melalui brand awareness sebagai variabel intervening di Kota Cimahi. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 120 responden dengan teknik convenience sampling. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang sudah dinyatakan valid dan reliabel serta sudah lolos melewati uji asumsi klasik, untuk melakukan pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji regresi berganda dan uji sobel. Alat yang digunakan untuk melakukan pengujian yaitu software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan celebrity endorser berpengaruh positif terhadap brand awareness, instagram ads berpengaruh positif terhadap brand awareness, celebrity endorser berpengaruh positif terhadap minat beli, instagram ads berpengaruh positif terhadap minat beli, brand awareness berpengaruh positif terhadap minat beli. Kemudian, brand awareness berperan dalam memediasi pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli, dan brand awareness berperan dalam memediasi pengaruh instagram ads terhadap minat beli.

References

Adiba, S., Suroso, A., & Afif, N. (2020). The Effect of Celebrity Endorsement on Brand Image in Determining Purchase Intention. Journal of Accounting, Business and Management (JABM), 27(2), 60–73.
Agustina, N. A., Sumowo, S., & Wijayantini., B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Roti Aloha Perumahan Gunung Kidul Kabupaten Jember). Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 186–196.
Alfaruq, A. N. (2021). Pengaruh Instagram Ads (Advertising) Dalam Membangun Brand Awareness Clothing Line HEBE The Effect of Instagram Ads (Advertising) in Creating the Brand Awareness of Clothing Line HEBE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 9(2), 1–17.
Astuti, D., & Renwarin, J. (2019). Memaksimalisasi Minat Beli Kaum Milenial Jakarta di Era Booming Sosial Media. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR, 3(1), 63–72.
Chekima, F. Z., Wafa, S. A. W. S. K., & Sulong, R. S. (2018). The Impact of Celebrity Credibility on Purchase Intention of Cosmetic Products: The Moderating Role of Ethnocentrism. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 7(1 SE-Review Article), 1–10. https://doi.org/10.9734/AJEBA/2018/41283
Dewi, D. A. D. P., & Jatra, I. M. (2018). Peran Brand Awareness Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli. EJurnal Manajemen Unud, 7(8), 4599–4627.
Dewi, V. C., & Sulistyawati, E. (2018). Peran Brand Awareness Memediasi Pengaruh Iklan Terhadap Niat Beli (Studi Pada Produk Pasta Gigi Merek Sensodyne Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(4). https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i04.p02
Durianto, & Liana, S. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar; Melalui Riset Ekuitas. Dan Prilaku Merk. Gramedia Pustaka Utama.
Global Bussiness Guide Indonesia. (2018). Industri Kosmetik Indonesia: Bangkitnya Kosmetik Halal. GBG. https://www.gbgindonesia.com/en/manufacturing/article/2018/indonesia_s_cosmetics_industry_the_rise_of_halal_cosmetics_11842.p hp
Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033
Hasmawati, H., & Zahara, Z. (2020). Peran Atribut Produk Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Wardah Di Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 6(1), 79–87. https://doi.org/10.22487/jimut.v6i1.174
Herlina Debby, S., & Ai Lili, Y. (2016). Pengaruh Tingkat Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Victoria’ S Secret (Studi Pada Konsumen Victoria’s Secret di PVJ Bandung). E-Proceeding of Management, 3(1), 497–505.
Ismayanti, N. M. A., & Santika, I. W. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Sepatu Olahraga Nike Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(10).
Keller, & Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Manggalania, L. K., & Soesanto, H. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement, Country of Origin dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Management, 10(6), 1–15.
Nursyecha, N., Sapari, Y., & Risnawati, R. (2021). Pengaruh Iklan Shopee Di Televisi Dalam Pembentukan Brand Awareness Platform Aplikasi Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Signal, 9(1), 01. https://doi.org/10.33603/signal.v9i1.4400
Osei-Frimpong, K., Donkor, G., & Owusu‐Frimpong, N. (2019). The Impact of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention: An Emerging Market Perspective. The Journal of Marketing Theory and Practice, 27, 103–121. https://doi.org/10.1080/10696679.2018.1534070
Paramhita, A. A. S. K., & Purnami, N. M. (2018). Peran Brand Awareness Memediasi Hubungan Kredibilitas Endorser Dengan Online Purchase Intention Melalui Situs Belanja Online Bukalapak.Com. UNEJ E-Proceeding; 2018: Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis III (SNMB3). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9179
Pratiwi, W. A., & Rahanatha, G. B. (2016). Peran Brand Awareness Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Indomie Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(12), 7899–7928.
Priatni, S. B., Hutriana, T., & Hindarwati, E. N. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variable Intervening pada Martha Tilaar Salon Day Spa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 5(3), 145– 155.
Putri, A. A., & Haninda, A. R. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Produk. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian Program Studi Ilmu Komunikasi, 6, 474–484.
Sampurno, N. V., Ciakrawinata, C. P., & Jokom, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Selebriti Endorser Terhadap Minat Beli Melalui Kesadaran Merek Hotel di Instagram. Manajemen Perhotelan, 5(1).
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. (2018). Perilaku Konsumen, Edisi 7. Indeks.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Salemba Empat.
Septiawan, D. B., Harini, C., & Hasiholan, L. B. (2020). The Effect Of Instagram And Celebrity Endorser Advertising On Purchase. Journal of Management, 6(1).
Setiawan, L. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Green Tea Esprecielo Allure. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1 SE-), 53─60. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.53─60
Syahputra, M. I. A. (2015). Pengaruh Brand Personality Sepatu Nike Terhadap Minat Beli : Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Universitas Telkom. Universitas Telkom.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. CV Andi Offset.
Yudha, A. P., & Irawan, A. W. (2022). Analisa Iklan Melalui Fitur Instagram Ads Terhadap Minat Beli Konsumen Frozen Food. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 8(1), 55–74. https://doi.org/10.34203/jimfe.v8i1.5280

Downloads

Published

2024-08-17