Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Ritel Miniso Di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12010Keywords:
Store atmosphere, Kualitas pelayanan, Minat berkunjung kembaliAbstract
Pertumbuhan bisnis online telah menyebabkan posisi ritel offline semakin terdesak, yang salah satunya adalah ritel Miniso yang diindikasikan oleh menurunnya indeks ritelnya pada Top Brand pada tahun 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Store atmosphere dan Kualitas pelayanan Terhadap Minat berkunjung kembali pada ritel Miniso di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Regresi berganda menguji teori setelah pengujian asumsi klasik. Skala likert digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Prosedur purposive sampling digunakan untuk memilih 90 responden, yang merupakan ukuran sampel penelitian. Dari 3 pengujian hipotesis hasilnya menunjukkan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali, store atmosphere dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali.
References
Andriani, N. N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Servicescape Terhadap Niat Berkunjung Kembali Pada Toya Devaya Di Kintamani Bangli Bali. (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar. 41).
Apriyanti, E., & Silviani, W. D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Daya Tarik, Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Umbul Siblarak Sidowayah Polanharjo (Doctoral Dissertation, Uin Raden Mas Said).
Chandra, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Kunjung Ulang Konsumen Ke Miko Mall Kopo Bandung.
Cronin, J., & Taylor, S. (1992). Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension. Journal Of Marketing.
Dewi, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Ketersediaan Fasilitas Terhadap Minat Konsumen Berkunjung Kembali Pada Minimarket Alfamart Raya Sukodono Siduarjo (Doctoral Dissertation, Universitas Pgri Adi Buana Surabaya).
Fitriani, F., & Nurdin, H. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pada Breaktime Kota Bima. Jurnal Stie Semanarang (Edisi Elektronik), 12(2), 42-51.
Ginting, L. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Gaya Hidup, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pelanggan Jabu Cafe Berastagi . PhD Thesis. Universitas Sumatra Utara.
Hongdiyanti, Homan. (2020). Pengaruh Event Marketing Dan Store Atmosphere Terhadap Revisit Intention Pengunjung Di Ciputra World Surabaya.
Isnaini, P. R., & Abdillah, Y. (2018). "Pengaruh Citra Merek Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Kepuasan Pengunjung Serta Dampaknya Pada Mint Berkunjung Ulang". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol.55 No. 2(124).
Kusumawati, A., Putri, H. L., & Kumadji, S. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Monpoli Cafe Dan Resto Soekarno Hatta Malang). Jurnal Admiistrasi Bisnis (JAB).
Kwan, O. G. (2016). Pengaruh Sales Promotion Dan Strore Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Planet Sport Tunjangan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen pemasaran 10(1), 27-34.
Manuntun, & Leonardus. (2011). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Mirota Batik. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Ni'am, Z. S., Purwanto, H., & Kadi, D. C. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Fasilitas Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Rumah Coklat Bodag Kabupaten Madiun. In Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi , (Vol.5).
Nuraeni, B. S. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang. Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 23 No. 1 (Juli).
Permatasari, D. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisatawan Rumah Atsiri. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Vol.5,No.1(ISSN : 2503-0337).
Saputra, Y., Niswan, E., & Utama, N. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan Dan Citra Rasa Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Aming Coffe Podomoro. E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 59-67.
Sari, W. A., & Najmudin, M. (2021). Pengaruh Media Sosial, Kualitas Layanan Dan Pengalaman Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Pulepayung Kabupaten Kulon Progo. Efektif Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 49-58.
Tri Waluyo. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Membangun Minat Berkunjung Kembali : Studi Pada Hote X Kota Pekalingan .
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service Quality and Satisfaction. Andi Offset.
Umur, S. A., Prihatini, A. E., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Destinasi Pariwisata. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 641-650.
Utami, & Cristina, W. (2006). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Modern. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba 4.

