PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA SERTA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA UD. SUBUR JAYA MEBEL SAMARINDA)

Authors

  • Nopiana Indah Sari Universitas Mulawarman
  • Lailatul Hijrah Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12019

Keywords:

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh pada UD. Subur Jaya Mebel Samarinda. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling, dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan data tinjauan kepustakan dengan menggunakan jurnal dan penelitian terdahulu serta pengumpulan data langsung dilapangan yaitu dengan observasi dan kuisioner. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) serta Kualitas Pelayanan (X3) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kemudian secara parsial Kualitas Produk (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan variabel Harga (X2) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, serta Kualitas Pelayanan (X3) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen.

References

Tajuddin, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Mitra Bangunan Di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu. Universitas Muhammadiyah palopo.
Abosag, I., & Ramadan. (2020). Customers’ need for uniqueness theory versus brand congruence theory: The impact on satisfaction with social network sites. Journal of Business Research, 117, 862–872.
Apriasty et.al. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan: kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga (literature strategic marketing management). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 135–145.
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614–3747.
Cahyani et.al. (2016). Pengaruh Kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).
Desafitri et.al. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai Kopi Uptown Brew, Greenlake City, Tangerang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 402–408.
Madiistriyatno, H., & Nurzaman, F. (2020). The Impact of Product Quality and Price on Consumer Satisfaction of PD Jamu Seduh Utama Pamanukan. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 23(2), 639–643.
Muttalib et.al. (2017). Pengaruh Faktor Modal dan Tenaga Kerja Terhadap Output Marginal pada Pander Jaya Mebel. Jurnal Ilmu Manajemen Profitability, 1(2), 130–139.
Rufliansah, F. F., & Seno, A. H. D. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 389–401.
Rustandi, I. (2021). The Effect of Product Development and Product Quality on Consumer Satisfaction at PT. Langgeng Perkasa in Cikarang. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 470–480.
Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.
Rustiana et.al. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Martabak Alim. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 05(03), 25–43.
Setiawan et.al. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Relationship Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk di PT Asaba Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 64–77. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Downloads

Published

2024-11-27