Customer Relationship Management (CRM) Pada PT Indotex Tripadu Jaya
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12025Keywords:
Customer Relationship Management CRM, Delivery, Machine, Man, Material, MethodAbstract
Penelitian ini menganalisis implementasi Customer Relationship Management (CRM) di PT Indotex Tripadu Jaya dengan fokus pada kendala dalam pengiriman produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala-kendala ini disebabkan oleh interaksi kompleks antara empat faktor utama: mesin, manusia, material, dan metode. Pertama, penjadwalan yang tidak konsisten dan performa mesin yang tidak stabil menyebabkan alur kerja yang tidak efisien dan pencatatan yang buruk. Kedua, pelatihan yang kurang memadai dan pengalaman yang terbatas di antara karyawan berdampak negatif pada konsistensi proses kerja. Ketiga, kualitas material yang tidak konsisten mengakibatkan masalah dalam produksi dan pengiriman, seperti kerusakan produk dan keterlambatan. Terakhir, biaya bahan baku yang tinggi menjadi kendala dalam proses produksi dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk bersaing di pasar. Dengan menggunakan diagram fishbone, penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mengatasi kendala pengiriman, perusahaan perlu meningkatkan keempat aspek tersebut. Upaya perbaikan termasuk penjadwalan yang lebih baik, pelatihan karyawan yang lebih intensif, jaminan kualitas material, dan pengelolaan biaya bahan baku yang lebih efektif. Dengan demikian, efisiensi proses produksi dan pengiriman diharapkan meningkat, sehingga dapat memperbaiki kinerja perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
References
Alwi Rizki. (2021). Analysis Of Customer Relationship Management (CRM) Implementation At PT. Sisfomedika
Amruddin, & Muskanandola, I, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV. Media Sains Indonesia.
Andi Muhammad Arian. (2021). Analisi Customer Relationship Management (CRM) pada KlikDokter. Manajemen Ekonomi Bisnis.
Ariska, A. M., Irawati, N., & Muhazir, A. (2022). Penerapan Elektronik Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Penjualan Roti Berbasis Web. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(2), 1090–1101. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.4002
Bali).
Bentouhami, H., Casas, L., & Weyler, J. (2021). Reporting of “theoretical design” in explanatory research: A critical appraisal of research on early life exposure to antibiotics and the occurrence of asthma. Clinical Epidemiology, 13, 755–767. https://doi.org/10.2147/CLEP.S318287 Bisnis.
Cendani, P. C., Ningsih, N. M. S. U. A., & Andriani, N. K. D. (2022). Penerapan Supply Chain Management Dalam Sistem Operasional Pada Pt. Nestle Indonesia (Studi Kasus Pada Distributor Nestle PT. Siwa Citra Utama
Conflict Studies. https://doi.org/10.46743/2160-
Dinata, A. A. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Hotel Pantai Gapura Makassar. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 1–109.
Dyantina Ovi, Afrina Mira, I. A. (2012). Penerapan Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Web Dalam Bidang Jasa," 2009. [Online]. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4, No. 2(2), 516 529.http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/131120-IDpenerapan-customer-relationship-manageme.pdf
eka komalasari, N. (2020). Analisis Pelaksanaan Customer Relationship Management Pada.6(1), 17–31.
https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/5283
Eungoo, K., & Hwang, H.-J. (2021). Ethical Conducts in
Hang, D. N. T. (2020). Research Function Or Planning In Administrative Works Modern Offices. The Usv Anals Of Economics And Public Administration, 20(1(31)).
Hardani dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV.Pustaka Ilmu Grup.
https://doi.org/10.15722/jrpe.2.2.202109.5%0D
Jain, N. (2021). Survey versus interviews: Comparing data collection tools for exploratory research. In Qualitative Report (Vol. 26, Issue 2, pp. 541–554). Peace and
Kumar, R. (2022). Operations Management. In Operations Management: Vol. Module-1 (1st ed., p. 2). Jyothis Publishers.https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S221478532105999X
Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O.,
Kurniawan, R., Nelson, A., Frendy, & Jofia, N. (2022). Membangun Dan Mendidik Generasi Anti Korupsi Bersama SMP Yos Sudarso. 4. Management (CRM). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan
Ngelyaratan, D., Soediantono, D., Staf, S., Tni, K., & Laut, A. (2022). Customer Relationship Management (CRM)and Recommendation for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(3), 2722–8878. http://www.jiemar.org
Primayana, K. H. (2019). Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1 ISBN 978-602-53984-1-4 Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4. 71. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaaca%0Arya
Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31–37.
Qualitative Research Methodology :Participant Observation and Interview Process.
Rahmadany Putri, & Zainarti. (2022). Analisis Customer Relationship Management (CRM) Pada PT. Telkom Indonesia, Tbk Medan. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 3(8.5.2017), 2003–2005.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabet. ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan.
Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 342–351
Wildyaksanjani, J. P., & Sugiana, D. (2019). Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero). Jurnal Kajian Komunikasi,. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.8754%0A
Yusuf, A. M., & Soediantono, D. (2022). Supply Chain Management and Recommendations for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review. International Journal of Social and Management Studies (Ijosmas), 3(3), 63–77.

