Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru PNS Di SD Negeri Desa Cijagang
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12034Keywords:
Work Motivation, Work Environment, Civil Servant Teacher PerformanceAbstract
Kinerja guru memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan proses pendidikan, terutama di tingkat sekolah dasar. Guru PNS di lingkungan sekolah negeri sering kali menghadapi tantangan yang beragam, baik dari aspek motivasi internal maupun kondisi lingkungan kerja. Motivasi kerja yang kuat dapat mendorong seorang guru untuk terus berinovasi dan memberikan pembelajaran yang lebih efektif, sementara lingkungan kerja yang kondusif mampu mendukung suasana yang produktif dan kolaboratif. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha menggali lebih dalam bagaimana motivasi kerja dan lingkungan kerja mempengaruhi kinerja guru PNS di SD Negeri Desa Cijagang. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai hubungan antara kedua faktor tersebut dan implikasinya terhadap peningkatan kinerja guru di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada sejumlah guru PNS di SD Negeri Desa Cijagang. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen (motivasi kerja dan lingkungan kerja) terhadap variabel dependen (kinerja guru). Hasil dari uji hipotesis motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja menunjukkan 0,000< 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, motivasi kerja dan lingkungan kerja secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Dengan demikian, manajemen sekolah diharapkan mampu menyediakan fasilitas yang memadai serta merancang program-program yang dapat memotivasi guru agar kinerja mereka semakin optimal.
References
Choiriyah, C. &. (2012). Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga.
Fathurrahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Kristiawan, M. &. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 373-390.
Mulyasa, H. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Priansa, D. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.

