Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Smartphone Xiaomi Di Kota Cimahi

Authors

  • Salma Afifah Purbaya Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Siti Herawati Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12037

Keywords:

Product Quality, Consumer Satisfaction, Repurchase Intention

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa, meskipun secara umum jumlah pengguna telepon pintar meningkat, jumlah pengguna telepon pintar Xiaomi di Indonesia justru menurun. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna telepon pintar Xiaomi semakin kurang berminat untuk melakukan pembelian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana keinginan konsumen untuk melakukan pembelian berulang telepon pintar Xiaomi di Kota Cimahi dipengaruhi oleh kualitas produk. Pendekatan purposive sampling digunakan, dan ukuran sampel terdiri dari sembilan puluh responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari distribusi kuesioner yang dianggap valid, reliabel, dan telah lulus uji asumsi klasik. Uji Sobel, uji regresi berganda, dan uji regresi sederhana digunakan dalam penyelidikan ini untuk mengevaluasi hipotesis. Ujian dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa sementara kualitas produk dan niat pembelian ulang berkorelasi positif dan signifikan, kepuasan konsumen juga berkorelasi positif dan signifikan dengan niat pembelian ulang, yang berfungsi sebagai faktor mediasi dalam hubungan ini.

References

Amdk, K., Di, C., Gunung, K., Surabaya, A., Sugiharto, D. S., Ph, D., Renata, M., Ekonomi, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (1995). No Title.
Anjellia, R. R. D., & Herawati, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Smartphonexiaomi Di Kota Bandung. Performa, 6(5), 465–473. https://doi.org/10.37715/jp.v6i5.2204
Ariasa, M., N, R., & Priyono, A. A. (2020). Pengaruh Atribut Produk, Persepsi Nilai, Pengalaman Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Yang di mediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Pada Pengguna Smartphone Xiaomi di Kelurahan Dinoyo, Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 09(04).
Aziz, S. N., Putra, S. S., & Digdowiseiso, K. (2023). Repurchase Intentions For Yonex Products Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga , Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Produk Yonex. 4(6), 9043–9051.
Databoks. (2022). Kepemilikan Ponsel di Indonesia Melonjak 68% dalam 1 Dekade Terakhir. Databoks.
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. 2(2), 603–612.
Febrianto, M., Kurniati, R. R., & Krisdianto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli. Jiagabi, 10(2), 70–76.
Fuadi, M. I., Survival, & Budiantono, B. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi.
Hamdani, M. I., & Irda. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Smartphone Vivo (Studi Kasus Mahasiswa Bung Hatta ). 19(2).
Hasan, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Dosen Indonesia.Org, 1.
Hermawan, Y., Maylani, D., & Mulyana, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Smartphone Samsung di Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(3), 641–652. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i3.1256
Index, T. B. (2023). Top Brand Index.
Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran. PT. Raja grafindo Persada.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12 Title. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall, Inc.
Mahemba, U. S. A. K., & Rahayu, C. W. E. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 1(2), 428–439. https://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/view/234
Prastiyani, M., & Suhartono. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Advan Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Di Wilayah Yogyakarta. Riset Manajemen, 7(1), 58–74. https://doi.org/https://doi.org/10.32477/jrm.v7i1.188
Pratiwi I & Soliha E. (2023). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Natasha Skin Care di Semarang. Journal of Management & Business, 6(1), 355–367. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3096
Purba, M., Nasution, A. P., & Harahap, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi. 7(April), 1091–1107.
Riswan, M. S., Waloejo, H. D., & Listyorini, S. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Smartphone Merek Iphone Apple di Kota Semarang. JURNAL ILMU ADMINISTRASI BISNIS, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34635
Sekaran, U., & Bougie, R. (n.d.). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian (6th ed.). Salemba Empat.
Suastrini, F., & Reza, M. H. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Ulang Smartphonemerek Xiaomi Padamasa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6). https://doi.org/https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i6.1098
Sudirman, A., Halim, F., Pakpahan, G., & Sherly. (2020). Faktor-Faktor Yang Mendorong Minat Beli Smartphone Merek OPPO Dalam Kondisi Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, September, 1–11. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/223
Supriadi, I. (2020). Metode Riset Akuntansi. Deepublish.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian : Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. 5(1), 67–86.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Andy.
Wijaya, W. R. B., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Harga , Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus Pada Restoran ABC Di Pantai Indah Kapuk ). 1(3), 82–91.
Zullaihah, R., & Setyawati, H. A. (2021). Analisis Pengaruh Iklan , Identitas Merek , dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang. 3(1), 169–184.

Downloads

Published

2024-08-20