Pengaruh Influencer (Syifa Hadju) Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pinkflash Di Marketplace Shopee
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12039Keywords:
Influencer, Online Consumer Review, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Influencer Syifa Hadju dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian kosmetik PinkFlash di marketplace Shopee. Pada era digital sekarang ini, influencer sangat digandrungi dalam hal strategi pemasaran, terutama industri kosmetik. Seorang influencer terkenal, Syifa Hadju memiliki pengaruh yang besar dalam media sosial. Metode dalam Studi ini menggunakan kuantitatif dan mengumpulkan 100 responden dengan kriteria sebagai pengguna shoppe, pembeli produk PinkFlash, dan berusia 20-25 tahun. Data dianalisis secara deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengaruh dari Syifa hadju sebagai influencer serta online customer review mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Integrasi strategi ini dapat menciptakan kombinasi yang kuat, meningkatkan visibilitas produk, dan menyediakan informasi yang komprehensif kepada konsumen, yang pada gilirannya dapat memperkuat keputusan pembelian.
References
Aji, M., Nurlenawati, N., Triadinda, D., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Buana Perjuangan Karawang, U. (2023). The Influence Of Online Customer Review And Customer Rating On Interest In Buying Fashion Products On The Shopee Platform (Study On Management Students At University Buana Perjuangan Karawang) Pengaruh Online Customer Review Dan Customer Rating Terhadap M. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 9373–9392. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Amalia, K., & Nurlinda, R. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Value Produk Serum Somethinc. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2383–2398. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i11.353
Anggoro Wilis, R., & Faik, A. (2022). Effect of Digital Marketing, Influencer Marketing and Online Customer Review on Purchase Decision: A Case Study of Cake Shop “Lu’miere.” Petra International Journal of Business Studies, 5(2), 155–162. https://doi.org/10.9744/ijbs.5.2.155-162
Anggraeni, R., & Maulani, I. E. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Jurnal Sosial Teknologi, 3(2), 94–98. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i2.635
Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 92–101.
Azka, N. A. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Layanan Cash On Delivery, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Situs Shopee Generasi Z Di Kota Surakarta. Jurnal Visi Manajemen, 9(2), 25–35. https://doi.org/10.56910/jvm.v9i2.281
Cahya, A. D., & Prabowo, R. E. (2023). The Influence Of Promotions, Online Consumer Reviews, And Brand Image On Purchasing Decisions (Study On Shopee E-Commerce Users In Central Java Pengaruh Promosi , Online Consumer Review, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna E-. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 5667–5677. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Fachmi, M., & Sinau, H. (2022). The effect of Online Costumer Reviews and Influencer Marketing on Shopee Purchasing Decisions. Terbuka Journal of Economics and Business, 3(2), 44–52. https://doi.org/10.33830/tjeb.v3i2.4206
Fajrina, R. (2024). Pengaruh Online Consumer Review Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tokopedia. Journal Of Social Science Research, 4(1), 10442–10453.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Hulu, B., Dakhi, Y., & Zalogo, E. F. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Mitra Kecamatan Amandraya. PARETO: Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 16–25.
Komara, E., & Erwand, D. N. (2023). The Effect of Online Consumer Review, Social Media Advertisement, and Influencer Endorsement on Purchase Intention. Research of Economics and Business, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.58777/reb.v1i2.79
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L. D., Andriana, I., & Thamrin, K. M. H. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29
Ningsih, S. (2020). Strategi Membangun Customer Trust Pada Online Shop Dikalangan Mahasiswa Milenial. Dinamis: Journal of Islamic Management and …, 3(1), 1–9.
Permana, R. A. M., & Astuti, B. (2023). Pengaruh Review Beauty Influencer Terhadap Niat Beli Produk Pada Media Sosial YouTube. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(3), 290–304. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i3.276
Puspita, Y., Widyastuti, S., & W, A. M. (2023). Pengaruh Beauty Vlogger Review Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Pada Generasi Y Dan Z Dengan Variabel Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. JEMBA (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi), 2(6), 983–998.
Rusilawati, E., Angkasa, C., Purwati, A. A., & Hamzah, M. L. (2022). Online Consumer Review , Keamanan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Disitus Jual Beli Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(2), 606–617.
Saputri, A. D., Handayani, S., & DP, M. K. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja dan Pemberian Insentif terhadap Kinerja Karyawan PT Putra Karisma Palembang. In Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM e (Vol. 2, Issue 1).
Savitri, C., Hurriyati, R., Wibowo, L. A., & Hendrayati, H. (2021). The role of social media marketing and brand image on smartphone purchase intention. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 185–192. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.9.009
Savitri, C., & Maemunah, M. (2021). Brand Switching Model Against Consumer Dissatisfaction onthe Shopee Marketplace to Other Marketplaces. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik (JMIL), 5(2), 171–180. http://dx.doi.org/10.30988/jmil.v5i2.1153171http://jurnal.poltekapp.ac.id/
Savitri, C., Pertiwi, W., & Pranata, R. M. (2021). Pengaruh Review Beauty Richard Lee terhadap Minat Beli dengan Citra Merek sebagai Variabel Mediasi. Pacioli: Jurnal Kajian …, 1(2), 48–59. https://journal.actual-insight.com/index.php/pacioli/article/view/1980
Sugiarti, D. I., & Iskandar, R. (2021). Pengaruh Consumer Review Terhadap Keputusan Pembeli Terhadap Toko Online Shopee. Jurnal Sosial Teknologi, 1(9), 954–962. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i9.195
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Tampubolon, A., & Adlina, H. (2023). Pengaruh Brand Image, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Konsumen Mie Gacoan Medan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 367–374. https://doi.org/10.572349/neraca.v1i2.163%0Ahttps://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/163

