Pengaruh Konten Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Albaby Official Di Bogor

Authors

  • Rico Alfianur Azis Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nandang Nandang Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ismail Yusuf Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12040

Keywords:

Tiktok (Konten), Keputusan penjualan, dan UMKM Albaby Official.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten marketing TikTok terhadap keputusan pembelian pada UMKM Albaby Official. Dengan meningkatnya penggunaan media sosial sebagai platform pemasaran, khususnya TikTok, penting untuk memahami bagaimana konten yang dibuat dan dibagikan dapat memengaruhi perilaku konsumen. Metode kuantitatif diterapkan pada penelitian untuk melakukan survei terhadap pelanggan Albaby Official. Populasi penelitian meliputi 476 pengikut TikTok Albaby Official yang aktif, dan sampel diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin, menghasilkan 83 responden yang representatif. Hasil penelitian membuktikan jika konten TikTok memberikan dampak positif terhadap keputusan pembelian dengan tingkat interaksi sebesar 40,9%. Nilai rata-rata keputusan pembelian sebesar 47,142 menunjukkan bahwa konsumen yang terpapar konten TikTok cenderung membuat keputusan pembelian yang lebih tinggi dan positif. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran yang efektif melalui TikTok, dimana konten berkualitas dapat secara signifikan menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pembelian. Dengan kontribusi yang besar ini, konten TikTok berperan penting dalam proses pengambilan keputusan pembelian di UMKM Albaby Official.

References

Amirullah. (2015). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Rajawali Pers.
Kharisma, D. A., & Nawawi, Z. M. (2023). Pengaruh aplikasi Tiktokshop terhadap minat berwirausaha mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen FEBI UINSU). Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1).
Asari, A., Widji Astut, T., & Saleh Sahib, M. (2023). Peran sosial media dalam pendidikan (A. Asari, T. Widji Astuti, & M. S. Saleh, Eds.; 138th ed.). CV. Istana Agency.
Azhara, S., Fatkhul Hidayat, M., Paradiba, N. P., Anggraini, D. A., Syarifa, H., Adelia, A., Arya, B., Soeharto, Z., Oktiani, M., Nafsya, T., & Permata, P. (2023). Pengaruh konten TikTok terhadap keputusan pembelian produk Mixue pada Mahasiswa Universitas Djuanda. In Karimah Tauhid (Vol. 2, Issue 1).
Azizah Lukita, Gunawan Janti, & Sinansari Puti. (2021). Pengaruh pemasaran media sosial TikTok terhadap kesadaran merek dan minat beli produk kosmetik di Indonesia. Teknik ITS, 10(2).
Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social media: Defining, developing, and divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 46–65.
Chaffey, D. (2009). Digital marketing: Strategy, implementation, and practice. Pearson.
Duta, G. L. (2022). Pengaruh sosial media marketing tiktok dan online consymer review terhadap keputusan pembelian produk jiniso (Studi kasus pada Mahasiswa pengguna TikTok di Indonesia). Universitas Lampung.
Gunelius, S. (2011). Social media marketing: An hour a day. Wiley.
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., & Musfirowati, I. (2021). Perilaku konsumen. Widina Media Utama.
Khairinal. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & Piercy, N. F. (2021a). Principles of marketing (8th ed.). Pearson.
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & Piercy, N. F. (2021b). Principles of marketing (16th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Pearson.
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2021). Marketing management (16th ed.). Pearson.
Muljono, R. K. (2009). Digital Marketing Concept. Gramedia Pustaka Utama.
Nugroho. (2008). Perilaku konsumen. Kencana.
Palapa, A., & Sulkha, M. R. A. (2021). Pengaruh kedisiplinan dan kompetensi terhadap kecelakaan kerja. Prosiding Kemaritiman.
Pang, M., & Tarigan, A. (2023). Pengaruh konten sosial media marketing pada aplikasi TikTok terhadap keputusan pembelian Shopee. Digismantech, 3(1).
Nabawi, F. R., Nandang, & Yusuf, I. (2024). Pengaruh jingle iklan versi “Shopee COD” terhadap brand awareness Shopee Indonesia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (Costing).
Sawalha, I. H., & Anchor, J. R. (n.d.). (2021). Business continuity management in emerging markets: the case of Jordan.
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer behavior (12th ed). Pearson.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. . Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Trisliantanto, S. (2020). Metode penelitian: Teori dan praktik. Deepublish

Downloads

Published

2024-08-21