PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN YAMAHA LAUTAN TEDUH KEDATON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari 100 responden dan data sekunder diperoleh dari dealer Yamaha Lautan Teduh Kedaton. Teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pelayanan, citra merek, kepuasan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pelayanan dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pelayanan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Citra merek secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Citra merek secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen secara parsial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen
References
Herudiansyah, G., Fitantina, & Suandini, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Reliability, Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah. Motivasi Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.32502/mti.v8i1.5663
Laili, S. W. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Kunjung Pembeli CV . 88 Auto Motor Surabaya. Journal of Islamic Economics and Finance, 2(1), 1–6. https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/JUREKSI/article/view/787/738
Putra, P. D., & Budiyarti, A. (2022). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Vivo. JIRM : Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 11(9), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4876
Putri, P. B. A., & Suartina, I. W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Mitra Dewata Sukses (J&T Express). Widya Amrita:Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(4), 799–807. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/3023
Putri, S., Anisa, F., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Indomie di Kartasura. SAMMAJIVA: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 2(1,2), 39–51. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i1.757
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ualng Smartphone OPPO. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan keuangan, 4(3), 1–17. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/1004/766
Rizki, N. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Parfum di Kota banda Aceh (Studi di Kecamatan Syiah Kuala) [Universitas Islam Negeri Ar-RAniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15389/1/Nadia Rizki, 150604025, FEBI, IE, 082274541606.pdf
Safavi, V. D. R., & Hawignyo. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar. Jurnal Manajemen, 13(1), 142–150.
Sari, I. W., & Amalia, L. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Kopi Kenangan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen (EBISMEN), 2(3), 1–19. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/view/1286
Sidiq, A., & Kasidin. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone di Karesidenan Surakarta. Riset Manajemen dan Akuntansi, 12(November), 1–15. https://www.ejournal.lppm-stieatmabhakti.id/index.php/RMA/article/view/203
Sihura, H. K., Harea, A. K., & Giawa, Y. (2023). Pengaruh kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada UD. Mawar Desa Tuindrao Kecamatan Amandraya. CURVE ELASTICITY: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1–19. https://www.jurnal.uniraya.ac.id/index.php/JPE/article/view/990
Sogen, D. M., Cahyani, Y., Maryani, F., & Umami, N. Z. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Optik A . Samik. Jurnal Mata Optik, 5, 1–6. https://ejournal.arogapopin.ac.id/index.php/mataoptik/article/view/188/82
Utami, A. A., & Wasis, G. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Indihome Fiber Di Daerah Lubang Buaya Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.861
Oktadiani, & Dinar, O. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Pada Fast Fhasion Uniqlo di Tanjungan Plaza Mall. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen,9(1), 1-21.
Copyright (c) 2024 Dinda Kianjung Herlozi, Armalia Reny WA, Hasbulloh Hasbulloh Hasbulloh, M.Renandi Ekatama Surya, Desmon Desmon Desmon, Maria Septijantini Alie, Susi Indriani Indriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.