Brand Image And Price As Antecedents Repurchase Intention Citra Merek Dan Harga Sebagai Anteseden Dari Minat Beli Ulang

Authors

  • Fariddudin Rumi Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Faizal Fardhani Sigarlaki Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12082

Keywords:

Citra Merek, Harga, Minat Beli Ulang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap minat beli ulang konsumen Pocari Sweat di Kota Bandung. Sebanyak 110 responden yang pernah membeli dan mengonsumsi minuman Pocari Sweat berperan serta dalam penelitian ini. Metode judgement sampling digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini. Instrumen telah lolos dalam tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi berganda. Alat analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 26. Dari tiga hipotesis penelitian yang diajukan, dua diantaranya didukung oleh data empiris. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap minat beli ulang secara parsial. Lalu, citra merek dan harga berpengaruh positif terhadap minat beli ulang secara simultan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu penelitian selanjutnya dan pihak pengelola objek yang dinilai terkait merancang strategi yang relevan dengan peningkatan kualitas atribut tersebut. Peneliti di masa depan disarankan untuk menggunakan penentuan sampel yang berbeda dan menyelidiki variabel lain sebagai anteseden dari Minat Beli Ulang.

 

References

Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa.
Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.
Assael, H. (2004). Consumer Behavior: A Strategic Approach (illustrate). Houghton Mifflin.
Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2001). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 56, 58–59.
Ekawatiningsih, & Prihastuti. (2008). Restoran untuk Sekolah Menengah Kejuruan Jilid 1. In Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Fan, W.-F., Zhang, Q., Luo, L.-H., Niu, J.-Y., & Gu, Y. (2013). Study on the clinical significance and related factors of thirst and xerostomia in maintenance hemodialysis patients. Kidney and Blood Pressure Research, 37(4–5), 464–474.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Univ. Diponegoro Press.
Gujarati. (2015). Dasar-dasar Ekonometrika. Salemba Empat.
Hair, J. F., Babin, B. J., Black, W. C., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Cengage.
Hardiansyah, B. (2010). Kebiasaan minum dan status dehidrasi pada remaja dan dewasa di beberapa daerah di Indonesia. The Indonesian Regional Hydration Study. Bogor: Pergizi Pangan Indonesia.
Jaya, F. S., & Hasyim, H. (2024). Pengaruh Citra Merek,
Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Pada Merek Minuman Menantea. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 2(5), 819–832.
Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran (7th ed.). Erlangga.
Kustianti, D. D. N. (2019). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian ulang kartu seluler telkomsel. Psikoborneo, 7(1), 83–92.
Mudfarikah, R., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap minat beli ulang. Jurnal Manajemen, 13(4), 654–661.
Putri, M. L. (2014). Prof. Dr. Andreanus Andaja Soemardji:Jangan Tertipu oleh Minuman Isotonik. Institut
Teknologi Bandung. https://www.itb.ac.id/berita/prof-drandreanus-andaja-soemardji-jangan-tertipu-olehminuman-isotonik/4351#:~:text=Minuman isotonik diperlukan untuk mengatasi,sangat dibutuhkan untuk kontraksi otot.
Rasmana, F. A. S., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020).
Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 114–122.
Saputra, A. B., Ningrum, N. R., & Basri, A. I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Desain dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Sepatu. Equilibrium: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 32–38.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian Edisi 6 Buku 2.
Sudjana. (2011). Metode Statistika. Tarsito.
Sugiama. (2014). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Guardaya Intimarta.
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. In Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Andi Offset.
Top Brand Award. (2024). Komparasi Brand Index.
Top Brand Award. https://www.topbrandaward.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=2&id_subkategori=15
Wijiastuti, R. D., & Cantika, N. (2021). Pengaruh persepsi harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang jasa gofood di kota sorong. Kalianda Halok Gagas, 4(1), 1–8

Downloads

Published

2024-08-22