Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Garnier Micellar Water Di Gresik
Abstract
Penting bagi perusahaan untuk menetapkan strategi dalam menghadapi kompetisi persaingan yang kian kompetitif, khususnya strategi untuk menarik konsumen dalam membuat keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian Garnier micellar water di Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 99 responden masyarakat di Kabupaten Gresik yang pernah membeli produk Garnier micellar water. Kuesioner dan studi kepustakaan merupakan metode yang diterapkan untuk pengumpulan data dalam penelitian. Dilakukan analisis data pada software SmartPLS 4 dengan mengunakan teknik analisis yakni Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS). Diperoleh hasil pada penelitian bahwasanya citra merek dan kepercayaan merek berkontribusi terhadap keputusan pembelian Garnier micellar water di Gresik.
References
Cemara, Nimas. (2023). Compas Data Market Insight: Makeup Be Gone, Ini Dia Top Brand Makeup Remover yang Menyapu Bersih Penjualan di E-commerce. https://compas.co.id/article/brand-makeup-remover/
Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Qiara Media.
Gunawan, A. A., & Wibowo, A. E. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Restoran Sederhana Di Harbout Bay Batam. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9(1), 57-67.
Hair et al. (2019). Multivariate Data Analysis Eighth Edition. United Kingdom: Cengage Learning EMEA.
Hantika, S., Farida, N., & Widiartanto, W. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Konsumen melalui Pembelian Ulang (Studi pada Konsumen Produk Merek Wardah di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 175-183.
Hastoko, Y. P., & Wati, W. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian di Burger King Trans Studio Mall Cibubur. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(01), 188-203.
Haudi, H., Handayani, W., Musnaini, M., Suyoto, Y., Prasetio, T., Pitaloka, E., & Cahyon, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 961-972.
Herviani, V., Hadi, P., & Nobelson, N. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, E-WOM, dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Lipstick Pixy. In Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 1, pp. 1351-1363).
Keller, Kevin Lane dan Swaminathan, Vanitha. (2020). Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity. United States of America: Pearson Education.
Kotler, Philip., Armstrong, Gary., & Balasubramania, Sridhar. (2024). Principles of Marketing Nineteenth Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited.
Lestari, W. P., Soebiantoro, U., & Amriel, E. E. Y. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Melalui OFD Gofood: Studi Pada Mahasiswa Manajemen UPN “Veteran” Jawa Timur. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2774-2789
Limanseto, Haryo. (2024). Hasil Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5626/hasilkan-produk-berdaya-saing-global-industri-kosmetik-nasional-mampu-tembus-pasar-ekspor-dan-turut-mendukung-penguatan-blue-economy
Lotte, Luckhy Natalia Anastasye et al. (2023). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Magfiroh, I., & Rufial, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian Skincare (produk serum) di PT. AVO Innovation Technology (Avoskin) (Survey pada Mahsiswa FEB UPI YAI). IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 215-224.
Maulana, Y. S., & Marista, M. (2021). The Effect of Brand Image and Brand Trust on Oppo Cellphones Purchasing Decisions in Banjar City. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2), 214-225
Maulidya, S. A. T., & Supriyono, S. (2023). The Influence of Celebrity Endorsers, Brand Image, and Brand Trust on Purchasing Decision of Wardah Lightening Serum Ampoule Products in Surabaya. International Journal of Economy, Education and Entrepreneurship, 3(2), 377-386
Maulita, A., Taharuddin., & Hairudinor. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Merek Sensi oleh Pelanggan Di Kota Banjarmasin. Smart Business Jurnal (SBJ), XX(XX), 2828-4437
Miswanto, M., Mubarok, R. R., & Wijaya, N. H. S. (2019). The effect of brand image, brand trust and reference group on the buying decision of sneakers. International Journal of Financial, Accounting, and Management, 1(2), 105-118.
Nasir, M., Sularso, A., Irawan, B., & Paramu, H. (2020). Brand trust for creating brand loyalty in automotive products. International Journal of Management, 11(06), 1237-1250.
Octavia, A. N., Erlinda, D., & Lau, M. P. (2023). Analisis Citra Merek, Periklanan dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi (EMBA), 2(02), 157-167
Pansawira, Pittara. (2021). Manfaat Micellar Water untuk Kulit Wajah. https://www.alodokter.com/manfaat-micellar-water-untuk-kulit-wajah
Permatasari, D., & Pudjoprastyono, H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Club. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 1107-1117.
Premesti, A. D., & Aminah, S. (2023). Pengaruh Brand Image dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Lazada. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 7640-7647.
Ramadhani, Farah. (2021). Top 10 Brand Makeup Remover Terlaris di Shopee dan Tokopedia: 4 Diantaranya Lokal!. https://compas.co.id/article/makeup-remover-terlaris/.
Sari, R. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada Di Kota Medan. Balance: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 1(2), 282-291.
Simanjuntak, P., Pangaribuan, H., & Syastra, M. T. (2021). Data Mining Rekomendasi Pemakaian Skincare. MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 6(1), 80-83
Statista. (2024). Skin Care – Indonesia. https://www.statista.com/outlook/cmo/beauty-personal-care/skin-care/indonesia
Utami, D. I., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan Brand Ambassador terhadap keputusan pembelian produk scarlett. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 102-111.
Widarti, Peni. (2024). Kadin Jatim Siap Bantu Perluas Jaringan Ekspor Bagi Industri Kosmetik. https://surabaya.bisnis.com/read/20240110/531/1731188/kadin-jatim-siap-bantu-perluas-jaringan-ekspor-bagi-industri-kosmetik
Wirasakti, M. R., & Purwanto, S. (2023). The Effect of Brand Image and Brand Trust on Hotel Booking Purchase Decisions in The Agoda Application. International Journal of Multidisciplinary Research and Literature, 2(6), 765-775.
Zahroh, A. & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Janji Jiwa di Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2).
Copyright (c) 2024 Dea Naurotul Jannah, Supriyono Supriyono, Wilma Cordelia Izaak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.