STORE ATMOSPHERE (SUASANA TOKO) DAN KUALITAS PELAYANAN MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. RIZKY JAYA ABADI LAHAT
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12154Keywords:
Store Atmosphere (Suasana Toko), Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Rizky Jaya Abadi Lahat. Variabel dalam penelitian ini adalah Store Atmosphere (Suasana Toko) (X1), Kualitas Pelayanan (Price) (X2), dan Kepuasan Pelanggan (Y). Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Instrumen (Uji Reliabilitas, Uji Validitas), Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolinieritas), Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis (Uji T dan Uji F), dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa (1) Store Atmosphere berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel (7.146>1,990). (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel 3,286>1,990). (3) Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan, hal ini dapat dilihat dari nilai f hitung > f tabel (59,997>3,960) dan nilai signifikasinya lebih kecil daripada taraf signifikasi (a) 0,05 (0,000<0,05).
References
Arikunto, Suharsimi. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Berman dan Evans, (2018). Retail Management. 12 th. Edition. Jakarta; Pearson.
Ghozali, Imam. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husna, Asmaul & Suryana, Budi. (2019). Metodologi Penelitian dan Statistik. Pusat Pendidikan Sumber Daya Kesehatan (Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Edisi Tahun 2019).
Ibrahim, Amin. (2018). Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju
Kotler dan Armstrong. (2019). Dasar-Dasar Pemasaran. Alih Bahasa oleh Alexander Sindoro dan Tim Mark Plus. Jilid 4. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Kotler, Philips. (2019). Manajemen pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta.
Kotler, Phillips dan Keller, Kevin Lane. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi ke. Tiga belas, Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Lamb, Charles. (2017). Pemasaran. Edisi Ketiga. Salemba Empat: Jakarta.
Levy dan Weitz. (2014). Retailing Management. Mc. Graw Hill. Boston.
Mowen, John C dan Minor, Micheal. (2014). Perilaku Konsumen. Dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta: Erlangga.
Parasuraman, A. (2019). The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey: Prentince Hall.
Siyoto, Dr. Sandu & Sodik, M. Ali. (2019). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sudjana. (2019). Metode Statistika. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. (2019). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke empat. Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, Husien. (2019). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
Winarsunu, Tulus. (2019). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.
Yamit, Zulian. (2019). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Penerbit : Ekonisia.