PENGARUH CITRA MEREK DAN PRICE DISCOUNT FRAMING TERHADAP MINAT BELI ULANG MCDONALD'S DI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12165Keywords:
Kata Kunci: Citra Merek; Minat Beli Ulang; Price Discount FramingAbstract
Perkembangan dan kemajuan zaman di dunia berjalan begitu cepat, disertai dengan perkembangan teknologi yang sangat canggih, dan kebutuhan manusia akan makanan terus berkembang. Munculnya industri makanan cepat saji cukup berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, sehingga permintaan akan makanan cepat saji semakin banyak. Ini adalah peluang sekaligus tantangan bagi perusahaan makanan cepat saji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image (X1), dan Price Discount Framing (X2) terhadap Minat Pembelian Kembali McDonald's (Y) di Surabaya. Dengan 100 responden yang memenuhi kriteria sampel, metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Demografi penelitian ini terdiri dari konsumen Surabaya dan pelanggan McDonald's. Targeted sampling digunakan untuk proses sampling, dan persyaratannya adalah berusia minimal 17 tahun, berdomisili di Surabaya, dan telah membeli dan mengonsumsi McDonald's setidaknya sekali. SEM-PLS digunakan dalam analisis data penelitian ini. Temuan studi menunjukkan bahwa minat pembelian kembali McDonald's di Surabaya dan diskon harga dipengaruhi secara positif oleh citra merek. Dampak framing terhadap minat McDonald's untuk membeli kembali Surabaya bersifat negatif.
References
Azmi, M. (2022). Pengaruh Iklan, Sales Promotion, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 4(4), 151–160. https://doi.org/10.36782/jemi.v4i4.2181.
Ernanda, Dimas. “Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Motive Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 6 (2017): 1– 16.
Nurhayati, & Murti, W.W. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang masyarakat terhadap produk handphone. Jurnal of Value added – manajemen Unimus, 8(2), 47-62.
Fatmalawati, D. S., & Andriana, A. N. (2021). P CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG KOSMETIK PT. PARAGON TECHNOLOGY AND INNOVATION.
Girsang, N. M., Rini, E. S., & Gultom, P. (2020). THE EFFECT OF BRAND IMAGE AND PRODUCT QUALITY ON RE-PURCHASE INTENTION WITH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES IN CONSUMERS OF SKINCARE ORIFLAME USERS – A STUDY ON STUDENTS OF NORTH SUMATRA UNIVERSITY, FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS Nitasri. European Journal of Management and Marketing Studies, 5(1).
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556.
KW, N. I., & Pebrianto, R. (2020). Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Pond’S Men. Economic and Business, 1, 55–66.
Lukel, Jenfabella. 2015. Pengaruh Price Discount Framing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Matahari Departement Store Bandar Lampung (Study Pada Produk Pakaian Wanita). Skripsi. Universitas Lampug.
McCarthy, E Jerome., William, D Perreault. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran 5th Edition, Jakarta : Erlangga.
McKechnie, Sally. Devlin, James. Ennew, Christine. Smith, Andrew. 2012. “Effects of discount framing in comparative price advertising”, European Journal of Marketing, Vol. 46 Iss 11/12 pp. 1501.\
Muttaqin, S. M. Z., Ayu, I., & Kartini, N. (2020). PENGARUH PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA GOJEK DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN (Vol. 5, Issue JEM17).
Nurdiansah, A., & Widyastuti, W. (2022). PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN REPURCHASE INTENTION (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE FOOD). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(8), 1495–1514. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i8.198.
Permata Sari, N., & Khairi, A. (2022). BUYING BEHAVIOR IN ONLINE FOOD DELIVERY APPLICATIONS DURING THE COVID-19 PANDEMIC (Vol. 7, Issue 1). www.jraba.org.
Putri, L. A., & Albari, A. (2023). Pengaruh Positif Penggunaan Bingkai Diskon Terhadap Reputasi Merek, Citra Merek, Dan Minat Beli Ulang Di Toko Online Shopee. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 1(5), 105–120. https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i5.462.
Ramadhani, F., & Nurhadi. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 774–789.
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG SMARTPHONE OPPO.
Shakti, D. N., & Zuliarni, S. (2019). Pengaruh Price Discount Framing Terhadap Purchase Intention Pada Ramayana Department Store, Jodoh, Batam. Journal of Applied Business Administration, 3(1), 132–147. https://doi.org/10.30871/jaba.v3i1.1292.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta.
Yuan, Q., Li, J., Jiang, Y., & Liu, C. (2021), When Do Amount-off Discounts Result in More Positive Consumer Responses? Meta-analytic evidence. Psychology & Marketing, 39(1): 46-58. https dorg/10.1002/mar.21572
Ahcmady, A. C. N., & Wardhani, N. I. K. (2022). Citra Merek, Inovasi Produk pada Minat Beli Ulang Es Krim di Sidoarjo. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1118–1125. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1382.
Azmi, M. (2022). Pengaruh Iklan, Sales Promotion, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 4(4), 151–160. https://doi.org/10.36782/jemi.v4i4.2181.
Ernanda, Dimas. “Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Motive Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 6 (2017): 1– 16.
Nurhayati, & Murti, W.W. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang masyarakat terhadap produk handphone. Jurnal of Value added – manajemen Unimus, 8(2), 47-62.
Fatmalawati. . S., & Andriana, A. N. (2021). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG KOSMETIK PT. PARAGON TECHNOLOGY AND INNOVATION.