MODEL PEMASARAN DAN STRATEGI PROMOSI (STUDI KASUS: PERCETAKAN DINDA DI KELURAHAN LALEBATA KECAMATAN PANCA RIJANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG)

Authors

  • Fitrah Anindhita Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Rusdi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Haslindah Haslindah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Pratiwi Ramlan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12168

Keywords:

Marketing, Promotion, Printing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pemasaran dan strategi promosi yang efektif untuk Percetakan Dinda di Kelurahan Lalebata, mengingat promosi yang kurang optimal telah mempengaruhi pendapatan dan kelangsungan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian berupa manajer dan karyawan, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis untuk menyusun pola-pola yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa model pemasaran tradisional yang digunakan efektif untuk konsumen lokal tetapi terbatas dalam jangkauan yang lebih luas. Strategi promosi belum memanfaatkan teknologi digital secara maksimal, sehingga diperlukan adaptasi dalam pemasaran dan inovasi promosi digital untuk meningkatkan daya saing dan pangsa pasar Percetakan Dinda.

References

Fadhallah. (2020). Wawancara. Jakarta Timur: UNJ Press.
Anwar, *, Rohman, F., Fauzi, A., Universitas, R., Karawang, B. P., Buana, U., & Karawang, P. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Pada Percetakan Cipta Ratu Syifa Pramudita Faddila. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(3), 34–51.
Derama, T., Fikry Aransyah, M., Studi Administrasi Bisnis, P., & Mulawarman, U. (n.d.-a). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis Swot Dan Waspas Pada Jasa Percetakan Undangan Confetti Project. In ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 8, Issue 1).
Derama, T., Fikry Aransyah, M., Studi Administrasi Bisnis, P., & Mulawarman, U. (n.d.-b). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis Swot Dan Waspas Pada Jasa Percetakan Undangan Confetti Project. In ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 8, Issue 1).
Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN 1*. 1. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1
Gumilang, G. S. (2016). METODE PENELITIAN KUALITATIF DALAM BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Fokus Konseling, 2, 144–159.
Gunawan, R. D., Ariany, F., & Novriyadi. (2023). Implementasi Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Plano Kertas. Journal of Artificial Intelligence and Technology Information (JAITI), 1(1), 29–38.
Harsinta, A. R. N. S. R. C. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN JASA . Jurnal MediaTIK, 2, 62–71.
Lestari, W., Musyahidah, S., Istiqamah, R., Syariah, J. E., Ekonomi, F., Islam, B., & Palu, I. (2019a). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili Dalam Perspektif Ekonomi Islam. In Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam (Vol. 1, Issue 1).
Lestari, W., Musyahidah, S., Istiqamah, R., Syariah, J. E., Ekonomi, F., Islam, B., & Palu, I. (2019b). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili Dalam Perspektif Ekonomi Islam. In Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam (Vol. 1, Issue 1).
Meida, S. ;, & Samsuri. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERCETAKAN PADA PT. BALEBAT DEDIKASI PRIMA BOGOR. In Jurnal Visionida (Vol. 4).
Nasruddin. (2021). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP. Manajemen Ekonomi, 3, 22–27.
Nuvia Ningsih, D., & Wahyu Hidayat Rusno, C. (n.d.). PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP MINAT BELI GARSKIN YANG DIMEDIASI WORD OF MOUTH. In Journal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM) (Vol. 6).
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus). Jawa Barat: CV. Jejak.
Khasanah, U. (2020). Pengantar Mikroteaching. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Downloads

Published

2024-08-27