PENGARUH RELIGIUSITAS, PENDAPATAN DAN MEDIA INFORMASI TERHADAP MINAT WAKAF UANG PADA LABORATORIUM ZAKAT INFAQ SEDEKAH DAN WAKAF FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Authors

  • Weli Agustina Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Desi Isnaini Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Andi Cahyono Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Nonie Afrianty Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Yuyun Yuniara Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12211

Keywords:

Kata Kunci: Religiusitas, pendapatan, media informasai dan minat wakaf uang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh religiusitas, pendapatan dan media informasi terhadap minat wakaf uang pada Laboratorium Zakat Infaq Sedekah dan wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu alumni dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu yang melakukan wakaf uang 3 tahun terakhir  yang berjumlah 1.102 dan sampel yang diambil adalah 10 % dari 1.102 yaitu 110 orang. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, karena jumlah variabel bebas dalam penelitian ini sebanyak 3 variabel.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh religiusitas, pendapatan dan media informasi terhadap minat wakaf uang pada Laboratorium Zakat Infaq Sedekah dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Dibuktikan dengan nilai sig. sebesar 0.000<0.05. Sedangkan hasil perhitungan Adjusted R Square (R2) sebesar 0,653 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh religiusitas, pendapatan dan media informasi terhadap minat wakaf uang sebesar 65,3%, masuk dalam kategori kuat. Sedangkan sebesar 34,7% dimana minat wakaf uang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Amin Abdul Rohman. (2022). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, Perspesi, Pendapatan, dan Media Infromasi terhadap Minat Wakaf Uang Masyarakat Kota Bandung. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 136–144. https://doi.org/10.29313/jrieb.v1i2.513
Chusma, Nafisah Maulidia.Wakaf Uang Sebagai Instrumen Perkembangan Ekonomi Islam, Jurnal Perbankan Syariah. Vol 6, No 1 2022.
Choirunnisak, Konsep Pengelolaan Wakaf Uang Di Indonesia, Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah. Volume 7 Nomor 1 Edisi Agustus 2021
Denis, M. 2003. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Heriyati Chrisna, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwakaf Tunai Pada Jamaah Majelis Taklim Istiqomah Kelurahan Tanjung Sari Medan. Junal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 11, 7.
https://www.google.comdata-tanah-wakaf-se-provinsi-bengkulu
Khosyi’ah, S. (2010). Wakaf dan Hibah Perspektif Ulama Fiqih dan Perkembangannya di Indonesia,. CV. Pustaka Setia.
Leo, Sutanto. 2013. Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Erlangga.
McQuail, D. (2003). Teori Komunikasi Massa. Erlangga.
Prayud, Wing Redy. Potensi Wakaf Uang Dalam Sistem Ekonomi Islam, Jurnal Pengkajian Penelitian Ekonomi dan Hukum Islam Vol:8, No:1 Juni 2023.
Quraisy, M., Istiqomawati, R., & Widianti, E. (2024). Influence of Religiosity, Income and Access to Information Media on Community Interest in Cash Waqaf in Magelang City. International Journal of Scientific Multidisciplinary Research (IJSMR), 2(1), 53–62. https://journal.formosapublisher.org/index.php/ijsmr
Quratullah, Mohammad Farhan. 2013. Analisis Regresi Terapan: Teori, Contoh Kasus dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta:CV. Andi Offset.
Rijal, N., Mukhtar Lutfi, & Sirajuddin, S. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Religiusias Dan Akses Media Informasi Terhadap Minat Masyarakat Berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(2), 225–242. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v8i2.2236
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhasti, W., Handayani, L. F., & Winarno, Y. P. (2022). Pengaruh Persepsi, Religiusitas, Dan Pendapatan Masyarakat Muslim Kabupaten Sleman Terhadap Minat Berwakaf Uang. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 114. https://doi.org/10.29300/aij.v8i1.6389
Suroso, A. (2008). Psikologi Islam: Solusi Islam Dan Problem-Problem Psikologi. Pustaka Pelajar.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2024-11-29