PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI NAKOA CAFÉ MALANG: PHYSICAL EVIDENCE AND PEOPLE

Authors

  • Oktavia Fitri Hasiani Pasaribu Universitas Airlangga

Keywords:

Kata kunci: kedai kopi, bauran pemasaran, minat beli, keputusan pembelian

Abstract

Kedai kopi adalah tempat yang dibutuhkan orang pada saat ini. Sejalan dengan semakin banyaknya kedai kopi yang ada, persaingan bisnis di sektor kedai kopi juga semakin meningkat. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh physical evidence dan people pada bauran pemasaran terhadap minat beli dan keputusan pembelian konsumen di Nakoa Café Jl. Bondowoso, Malang, secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini diuji menggunakan software Warp-PLS 7.0 dengan seratus responden yang memiliki kriteria tertentu. Terdapat dua variabel penjelas, bukti fisik dan orang. Variabel responnya adalah minat beli dan keputusan pembelian. Salah satu tujuan penelitian ini, menganalisis minat beli sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian ini yaitu physical evidence berpengaruh langsung positif terhadap minat beli tetapi tidak signifikan namun berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel people memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Variabel minat beli tidak dapat menjadi variabel mediasi antara physical evidence dan keputusan pembelian tetapi dapat menjadi variabel mediasi antara variabel people dan keputusan pembelian.

References

Dwiastuti, R., Shinta, A., & Isaskar, R. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen. In Universitas Brawijaya Press (UB Press) (Vol. 51, Issue 4).
Harlim, A. W. B., & Siagian, H. (2020). Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Purchase Intention Pada Coffee Shop Yang Berada Di Sekitar Jalan Siwalankerto Surabaya. Publication.Petra.Ac.Id, 8(2). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/10592
Igiasi, T. S. (2017). Kedai Kopi Sebagai Ruang Publik : Studi Tentang Gaya Hidup. Jurnal Masyarakat Maritim, 1(1), 20–27. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jmm/article/view/1660
Kotler, P. (2012). Kotler On Marketing. In Kotler On Marketing (p. 272). Simon and Schuster UK.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556
Lutfiah, R. I., Widayanti, S., & Winarno, S. T. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Terhadap Minat Beli Konsumen di Okui Kopi 3 . 0 Surabaya. 22(Marketing Mix)
Maghfiroh, A., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 40(1), 132–140.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2020). KMK Nomor Hk.01.07/Menkes/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Tempat Kerja. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2019, 1–207.
Rakhman, F. (2018). Pengaruh People , Process dan Physical Evidence Terhadap Keputusan Mahas iswa Memilih STIBANKS Al Ma ’ so em ( Tahun Akademik 2017 / 2018 ). 10–22.
Sara, F. M., Ningsih, C., Andari, R., Katering, M. I., Pendidikan, F., & Pengetahuan, I. (2017). Pengaruh Physical Evidence terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Café Infinito Culinery Bandung. Gastronomy Tourism Journal, 3(2), 6–18.
Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat: Permodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. UB Press.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2010). Services Marketing Strategy. Wiley International Encyclopedia of Marketing, December. https://doi.org/10.1002/9781444316568.wiem01055

Downloads

Published

2024-11-28