IMPLEMENTASI SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PANGSA PASAR PADA PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI BASE CONSTRUCTION

  • Baiq Armellya Maharani Yuriawan Universitas Telkom
  • Astri Wulandari Universitas Telkom
Keywords: Media Sosial, Instagram, Pemasaran Media Sosial.

Abstract

Kebanyakan perusahaan konstruksi menggunakan strategi pemasaran Wort Of Mouth ( WOM ) atau strategi komunikasi mulut ke mulut kepada orang sekitar.Perusahaan Base construction sebelumnya mengandalkan pemasaran menggunakan cara konvensional seperti Wort Of Mouth ( WOM ), akan tetapi untuk meningkatkan perluasan pangsa pasar di perlukan metode pemasaran yang efektif dan sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi atau gabungan ketiganya (triangulasi). Penulis juga menyusun strategi pembuatan konten melalui pembuatan content plan. Hasilnya, akun instagram perusahaan mendapatkan kenaikan insight secara reach, engagement dan followers. Penulis melakukan evaluasi dengan menganalisis akun berdasarkan jangkauan akun, rentan usia audience dan lokasi audience. Hasilnya, akun instagram @baseconstruction.bali menujukan perkembangan jangkauan pada market pasarnya di media sosial yang terbukti dari adanya peningkatan jangkauan akun sebanyak 2.441. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan penulis mendapatkan insights akun Instagram @baseconstruction.bali mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Oleh karena itu perusahaan Base Construction sebaiknya selalu menjaga konsistensi pada konten yang akan dibuat dan meningkatkan inovasi baru pada ide konten serta agar performa akun akan tetap terjaga.

References

Ari Prabowo, T. R. (2023). Peran Enterpreneurial Orientation dan Social Media Marketing Terhadap Peningkatan Strategi Bersaing (UMKM) Coffe Shop PadaEra Modern Customer Di Kota Medan. Menara Ekonomi.
Chan JF, Y. S. (2020). A Familiar Cluster of Pneumonia Associated With the 2019 Novel Coronavirus Indicating Person to Person Transmission : a study of a family . Lancet.
Cheung, L. (2020). The influence of perceived social media marketing elements on consumer–brand engagement and brand knowledge. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.
Danirjito, A. (2022). STRUKTUR PASAR INDUSTRI KONSTRUKSI DI INDONESIA TAHUN 2018-2021. JURNALKU.
Didin Hadi Saputra, d. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis.
Diharpi Herli Setyowati, A. S. (2019).
Ekonomika, I. (2019). Pengaruh Social Media Marketing, Word of Mouth Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Nwansa Coffee. Jurnal Ikhraith Ekonomika.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah Non-Bank, . Jurnal Iqtisaduna.
Fandy Tjiptono, A. D. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi 2020.
Femi Oktaviani, D. R. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awereness. Jurnal Profesi Humas.
Firdiansyah, A. (2022). Memahami Social Media Marketing, dari Pengertian Sampai Strateginya.
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Francis Buttle, S. M. (2019). Customer Relationship Management. London: Routledge.
Hidayat, A. R. (2020). Analisis Market Share Perbankan Syariah di Indonesia. Universitas Islam Indonesia.
Irfan Ardiansyah, A. M. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai. Bandung: CV CENDEKIA PRESS.
Jacobson, d. (2020). Social Media Marketing: Who is Watching the Watchers? Jurnal of Retailing and Consumer Services.
Philip Kotler, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Jember: Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantutatif Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantutatif Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantutatif Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-08-31
Abstract viewed = 8 times
pdf downloaded = 4 times