PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE XIAOMI DI ERAFONE MEGAMALL
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi membuat setiap orang dapat beraktifitas dengan mudah dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, citra merek dan nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi di Erafone Megamall. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian explanatory research. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang merupakan masyarakat yang membeli Smartphone Xiaomi di Erafone Megamall. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan analisis desktiptif dengan menggunakan uji asumsi klasik. Berdasarkan data dan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukan hasil bahwa kualitas produk secara positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian Smartphone Xiaomi di Erafone Megamall. Selain itu citra merek secara positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian Smartphone Xiaomi di Erafone Megamall. Pada variabel nilai pelanggan secara positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian Smartphone Xiaomi di Erafone Megamall. Dan secara simultan, kualitas produk, citra merek dan nilai pelanggan secara positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian Smartphone Xiaomi di Erafone Megamall.
References
Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 492–503. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3926
Alvatwa, N. I., Fadilah, M., & Cahyani, P. D. (2021). Citra Merk, Fitur dan Kualitas Produk dalam keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 816–825. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.392
Ariella, R. I. (2018). “Pengaruh kualitas produk, harga produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian Konsumen Mazelnid.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.
Capriati, A. L., & Waluyo, H. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 922–928. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29918
Chardika Respatya Hendro, W. H. (2018). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun 2018, Hal. 1-8 http://ejournal- s1.undip.ac.id/index.php/ Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–8.
Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. ., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan smartphone dalam menunjang aktivitas perkuliahan oleh mahasiswa fispol unsrat manado. E-Journal “Acta Diurna,” 6(1), 1–15.
Hikmah. (2020). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif di Kota Batam. Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif Di Kota Batam, 1(2), 173–179.
Ramadhan, M. R., & Arifiansyah, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Sofia Restaurant Jakarta. Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(11), 1667–1682.
Rifai, W. A., & Sigit, M. (2022). Pengaruh Citra Merek , Sikap Konsumen , dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dengan Harga sebagai Variabel Intervening ( Pertimbangan Mahasiswa yang Berkuliah di Yogyakarta dalam Membeli iPhone ). Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(04), 15–29.
Rissa Febrianti, & Mochammad Mukti Ali. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Downy di Borma Dago. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 675–687. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.2064
Veronika, J., & Hikmah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tempe di Kota Batam. Jurnal Ilmu Manajemen, 01(02), 210–223. http://trianglesains.makarioz.org
Vidianto, R., & Ugy Soebiantoro. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Im3 Prabayar By Indosat Di Kota Tuban, Jawa Timur. Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen), 10(3), 188–197. https://doi.org/10.20527/jwm.v10i3.209
Wibowo, E. A., Tibrani, R. A. L. P. R., & Rustandi, D. (2022). Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT DNR Corporation Batam. Jurnal BENING Prodi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Batam, 9(1), hlm. 129-137.
Xian, Gou Li, dkk. (2011). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
Copyright (c) 2024 Serli Ratih, Inda Sukati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.