PENGARUH TAX PLANNING, KEBIJAKAN HUTANG, IOS, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, CSR TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

  • Michell Vira Winata Universitas Prima Indonesia
  • Fenny Tan Tan Universitas Prima Indonesia
  • Annisa Nauli Sinaga Universitas Prima Indonesia
  • Mitha Christina Ginting Universitas Methodist Indonesia
Keywords: Tax Planning, Kebijakan Hutang, IOS, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, CSR, Manajemen Laba

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efek parsial dan simultan pada manajemen laba perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan variabel perencanaan pajak, kebijakan pinjaman, IOS, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan CSR. Ketika manajer menyiapkan laporan keuangan eksternal, mereka mengendalikan pendapatan. Ini memungkinkan mereka untuk mengimbangi, meningkatkan, atau menurunkan keuntungan yang akan dihasilkan oleh bisnis. Manajemen laba dipekerjakan ketika ada konflik kepentingan antara investor dan manajemen. Semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara 2018 dan 2022 adalah 177 perusahaan dan sampel yang terdiri dari 171 unit analisis terdiri dari populasi penelitian. Pendekatan analisis regresi linier berganda digunakan dalam prosedur penelitian. Hasil temuan penelitian adalah manajemen pendapatan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tidak dipengaruhi oleh perencanaan pajak, IOS, profitabilitas, ukuran perusahaan, atau CSR. Manajemen pendapatan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dipengaruhi oleh kebijakan utang. Manajemen pendapatan bisnis manufaktur yang terdaftar di bursa di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti perencanaan pajak, kebijakan utang, IOS, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan CSR.

References

Alexander, Nico. Agustin Palupi. 2019. Pengaruh Corporate Social Responsibility Reporting Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi. Vol. 22 No. 1.
Andrianto. Aminul Amin. 2023. The Effect Of Gross Profit Margin, Intellectual Capital, Investment Opportunity Set On Firm Value With Earnings Management As An Intervening Variable. Journal of Social Research. Vol. 2 No. 10.
Arthawan, Putu Teddy. I Wayan Pradnyantha Wirasedana. 2018. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Utang dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 22 No. 1.
Astuti. 2015. Tren Penghindaran Pajak Perusahaan Manufaktur di Indonesia yang Terdaftar di BEI tahun 2001-2014. Jurnal Akuntansi. Vol. XX. No. 03
Dewiningsih, Erna Niayati. Gustita Arnawati Putri dan Ardian Prima Putra. 2021. Pengaruh Siklus Hidup Perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba. Jurnal Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. Vol.1 No.1
Fahmi, Irham. 2018. Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan Keenam. Bandung: Alfabeta.
Fahmie, Arief. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Struktur Kepemilikan, Pertumbuhan Penjualan dan Komisaris Independen terhadap Manajemen Laba. Edisi Jiakes, Vol. 6 No. 2.
Fitriani, Pinda. Diamonalisa Sofianty. Elly Halimatusadiah. 2020. Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba. Prosiding Akuntansi. Vol. 6 No. 1.
Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Jakarta : Penerbit Universitas Diponegoro.
Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Grasindo.
Irawan, Sally dan Prima Apriwenni. 2021. Pengaruh Free Cash Flow, Financial Distress, Dan Investment Opportunity Set terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Bisnis. Vol. 14. No.1
Jannah, Raudatul. Moh Bukhori dan Fathorrahman. 2020. Pengaruh Investment Oppurtunity Set, Ukuran Perusahaan dan Arus Kas Bebas terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis. Vol.1 No.1
Kasmir. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Kharomah, Via Nur. 2022. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan. Vol. 5 No. 1.
Prasadhita, Chandra. Provita Citra Intani. 2017. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu. Vol. 10 No. 2.
Putri, Irsalina Dafinah. Kadarusman. 2021. Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Inspirasi Ekonomi. Vol. 3 No. 3.
Septiana, Aldina. 2019. Analisis laporan Keuangan. Jakarta: Duta Media.
Setiorini, Hesti. Dinal Eka Pertiwi. Marini. Yusmaniarti. 2023. Pengaruh Solvabilitas dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi tahun 2018-2020. Jurnal Ekombis Review. Vol. 11 No. 2.
Sihombing, Nurianti. Enggar Diah. Muhammad Gowon. 2020. Pengaruh Tax Planning Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Universitas Jambi. Vol. 5 No. 1.
Sudarso, Yoyo dan Dyah Purnamasari. 2019. Pengaruh Return On Assets, Debt To Equity Ratio Dan Invesment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Jurnal Ekonami. Vol. 1 No.1.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sultoni, Mohammad Hamim. 2020. Corporate Social Responbility (Kajian Korelasi Program CSR Terhadap Citra Perusahaan. Pamekasan: Duta Media Publishing.
Tandean, Vivi Adeyani. 2019. Pengaruh Arus Kas Bebas dan Tingkat Hutang Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi dan Perpajakan Jayakarta. Vol. 1, No. 1
Wardani, Dewi Kusuma. Desifa Kurnia Santi. 2018. Pengaruh Tax Planning, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi. Vol. 6 No. 1.
Widiasari, Ni Made Dian. Ni Luh Putu Ratna. Wahyu Lestari. Ni Made Vita Indriyani. 2023. Pengaruh Tax Planning, Investment Opportunity Set, Profitabilitas Dan Free Cash Flow Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa. Vol. 4 No. 1.
Winarti, Dewi. Dan Moch Imron. 2018. Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Rekayasa Keuangan, Syariah, dan Audit (REKSA).
Yatulhusna, Najmi. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Umur, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013). Skripsi. Jakarta: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Yehezkiel, William. Sugiarto Prajitno. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Dan Faktor Lainnya Terhadap Manajemen Laba. Media Bisnis. Vol. 14 No. 2.
Zulkarnain, Rizki. Nayang Helmayunita. 2021. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Mekanisme GCG terhadap Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Eksplorasi Akuntansi. Vol. 3 No. 3.
www.idx.co.id
Published
2024-09-03
Abstract viewed = 3 times
pdf downloaded = 2 times