Pengaruh Viral Marketing, Online Customer Review Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nivea Body Lotion Di Surabaya

Authors

  • Perdana Argi Annan Putri UPN Veteran Jawa Timur
  • Supriyono Supriyono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12294

Keywords:

Online Customer Review; Keputusan Pembelian; Persepsi Harga; Viral Marketing

Abstract

Perkembangan teknologi mempengaruhi semua bidang kehidupan salah satunya pola interaksi masyarakat termasuk komunikasi yang dapat dilakukan via sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing, Online Customer Review Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nivea Body Lotion di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel convenience sampling, sampel yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 85 responden. Metode pengumpulan data melalui kuesioner berbentuk tautan Google Form yang dibagikan kepada sampel penelitian. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) berbasis komponen alat analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Viral Marketing dan Online Customer Review berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada Nivea Body Lotion di Surabaya, sedang Persepsi Harga tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Nivea Body Lotion di Surabaya.

 

References

AMA. (2024). Definition of Marketing. American Marketing Association. https://www.ama.org/the-definition-of-marketing-what-is-marketing/. Diakses 14 Maret 2024.
Barker, C., Pistrang, N., & Elliott, R. (2002). Research Methods In Clinical Psychology An Introduction for Students and Practitioners Second Edition. John Wiley & Sons, Ltd, West Sussex.
Faradilla Kamal, A., & Nur Supriadi, Y. (2023). The Influence of Online Customer Review, Customer Rating, and Viral Marketing on Purchase Decisions in Generation Z at Tokopedia. In Technology, and Organizational Behavior (IJBTOB) Vol. 3, Issue 4. https://ijbtob.org
Fauziah, Y., Dwikotjo, F., Sumantyo, S., & Ali, H. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. JKIS, 1(1). https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1
Giovani, R. R., Purwanto, S., (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Pitstop Gresik. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 11, No. 1. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/
Kamus Besar Bahasa Indonesia (2024). Viral. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Karisma, N., & Hanifah, R. N. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, dan Brand Awerness terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Karawang. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 608. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.830
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management (16th ed.). Pearson.
Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jiniso.Id di Marketplace Shopee. Jurnal Economina Vol 2, No 3, https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/economina
Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, Vol. 9 Nomor 2, 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538
Najwah, J., & Chasanah, A. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews, Harga, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. BISECER (Business Economic Entrepreneurship) Vol 5.
Nia Distianari. (2023). Pengaruh Harga, Viral Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Dimarketplace Shopee. Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial Vol 6.
Nuryani, F. T., Nurkesuma, N., Hadibrata, B. (2022). Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran). JEMSI: Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi Vol.3 Issue 4. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4
Puriwat, W., & Tripopsakul, S. (2021). The role of viral marketing in social media on brand recognition and preference. Emerging Science Journal, 5(6), 855–867. https://doi.org/10.28991/esj-2021-01315
Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform Tiktok. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2), 457. https://doi.org/10.25273/capital.v6i2.15304
Syamsya, S. Q. N., & Purwanto, S. (2023). The Effect of Viral Marketing and Online Customer Reviews on Instagram on Purchase Decisions for Mixue Ice Cream in Surabaya. Journal of Business and Management Review, 4(9). https://doi.org/10.47153/jbmr49.7992023
Syarifuddin Muflih, F. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga, Dan Kualitas Jasa Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Studio Jingga). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. Vol. 12 No. 10. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/
Theresia, C., Parameswari, R., Buddhi, U., & Tangerang, D. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Online Customer Review, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Somethinc Melalui Marketplace Shopee Indonesia. EMABI : Ekonomi Dan Manajemen Bisnis Vol. 2, Issue 1. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/emabi
Wachid, A. I., & Sukaris, S. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Kepercayaan dan Online Customer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Electronic Commerce yang Terdaftar Pada Indonesian E-Commerce Association di Gresik. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 2(02), 167. https://doi.org/10.30587/mahasiswamanajemen.v2i02.2979 
Yayang Giana Putri, Nur Hidayati, & Mohammad Rizal. (2022). Pengaruh Customer Review, Customer Rating dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia Di Malang). EJRM: e – Jurnal Riset Manajemen. www.fe.unisma.ac.id

Downloads

Published

2024-09-05