ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS HAYYU STEAK DENGAN ANALISIS SWOT MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSSINES MODEL CANVAS (BMC)

Authors

  • Dhani Aswangga Saputra Universitas Mulawarman
  • Tuti Wediawati Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12298

Keywords:

Business Model Canvas (BMC), SWOT Analysis, Promotion, Business Development Strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi terbaik untuk dapat mengembangkan bisnis dari Hayyu Steak menggunakan analisis SWOT dan pendekatan Bussines Model Canvas (BMC). Pengumpulan data di dapatkan dengan melakukan observasi berupa wawancara kepada Manager dan juga Bendahara yang berada di Hayyu Steak, kemudian peneliti juga mewawancarai pelanggan yang telah melakukan pembelian di Hayyu Steak minimal sebanyak dua kali. Hasil wawancara tersebut kemudian di tuangkan kedalam identifikasi analisis SWOT terhadap komponen Bussines Model Canvas, kemudian hasil tersebut di masukan ke dalam Matriks SWOT untuk menciptakan strategi terbaik untuk pengembangan bisnis dari Hayyu Steak, hasil dari strategi tersebut kemudian di tuangkan ke dalam Bussines Model Canvas terbaru.

References

Afuah, A. (2004). Business Model: A strategic Management Approach. New York: McGraw-Hill.
Ahyar, H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Amanullah, A. M. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Forever Green Hydroponic Farm dengan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc). Bachelor's Thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarih Hidayatullah Jakarta.
Amstrong, Gary, Philip, & Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.
Amstrong, K. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Daft, R. L. (2010). Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
David, F. (2004). Manajemen Strategis: Konsep. Edisi ketujuh. Jakarta: PT. Prenhallindo.
David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management concepts and cases A Competitive Advantage Approach. Sixtennth Edition. England: Pearson Education Limited.
Hartatik, H., & Baroto, T. (2017). Strategi pengembangan bisnis dengan metode business model canvas. Jurnal Teknik Industri, 113-120.
Hunger, J. D., & Wheelend, T. L. (2003). Manajemen Strategi edisi II. Yogyakarta: Andi Offset.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2017). Business Model Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Rachmar Sunjoto, A. (2016). Strategi Pemasaran Swalayan Pamella Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia.
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rumelt, R. (2011). Good Strategy/Bad Strategy: The DIfference and Why It Matters. New York: Crown Publishing Group.
Siagian, S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Stanton, W. J. (2001). Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Wijaya, R. (2020). Strategi Pengembangan Model Bisnis Dengan Pendekatan Wawan Pelanggan (Studi Kasus UMKM Home Siomay, Kota Bogor). Bachelor's Thesis.

Downloads

Published

2024-09-09