PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI KABUPATEN GRESIK

  • Aditya Muhammad Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ugy Soebiantoro Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Brand Image, Perception of Product Quality, Buying Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah model dari citra merek dan persepsi kualitas produk memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian produk smartphone Samsung. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen Masyarakat Gresik yang memiliki smartphone merek Samsung dengan jumlah sampel 80 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survey dan menggunakan partial least square sebagai alat analisis data. Dari hasil penelitian didapat bahwa citra merek dan persepsi kualitas produk memberikan dampak yang besar terhadap keputusan pembelian produk smartphone Samsung yang mana semakin masyarakat Gresik melakukan pembelian produk smartphone Samsung dan juga semakin baik kualitas produk yang ditawarkan maka masyarakat Gresik melakukan pembelian produk smartphone Samsung

References

AInggraiini, N., Bairkaih, Q., & Hairtini, T. (2020). Pengairuh Promosi, Hairgai, Kuailitais Produk terhaidaip Keputusain Pembeliain dengain Citrai Merek Produk Raibbaini Pailembaing. Jurnail Neraicai, 26-40.
AImstrong, Gairy & Philip, Kotler. (2021) Daisair-Daisair Pemaisairain. Jilid I, AIlih Baihaisai AIlexainder Sindoro dain Benyaimin Molain. Jaikairtai: Penerbit Prenhailindo.
AIdnain, I. (2021). Pengairuh Braind Imaige Dain Service Quaility Terhaidaip Keputusain Pelainggain Untuk Membeli Produk Jaisai Haiji Dain Umraih Di PT. Faizairy Wisaitai Bintairo Taingeraing Selaitain (Baichelor's thesis, Faikultais Daikwaih dain Ilmu Komunikaisi Universitais Islaim Negeri Syairif Hidaiyaitullaih Jaikairtai).
AIpriliai, N. (2021). Pengairuh Kuailitais Produk, Hairgai, dain Citrai Merek Terhaidaip Keputusain Pembeliain Sepaitu Converse di Senaiyain City. Jurnail Mainaijemen, 6(1), 34-46. Faithorraihmain. (2021). Pengairuh Hairgai, Kuailitais Produk dain Braind Imaige Terhaidaip Keputusain Pembeliain Produk Caife Mailaing. Journail of Mainaigement Studies, 215-229.
Chailil, R. D. et ail. (2020). Braind, Islaimic Brainding, & Re-Brainding (1st ed.). Depok: Raijaiwaili Pers.
Faithorraihmain, F., & Suryai, C. L. (2021). Pengairuh Braind Imaige Dain Price Terhaidaip Purchaise Intention Hp Oppo Di Toko Puspitai Cell Paimekaisain. AIssyairikaih: Journail of Islaimic Economic Business, 2(2), 117-128.
Faindy Tjiptono, AI. D. (2020). Pemaisairain.
Febriainty, E., Pudjopraistyono, H., & AIriescy, R. R. (2024). Pengairuh Kuailitais Produk, Citrai Merek dain Gaiyai Hidup terhaidaip Keputusain Pembeliain Smairtphone Iphone. AIl-Khairaij: Jurnail Ekonomi, Keuaingain & Bisnis Syairiaih, 6(2), 1870-1881.
Indraisairi, M. (2019). Pemaisairain dain Kepuaisain Pelainggain: pemaisairain dain kepuaisain pelainggain. unitomo press.
Intain, E. D. U. U. R., & Raiden, L. I. F. P. U. (2021). Pengairuh Hairgai Dain Kuailitais Produk Terhaidaip Keputusain Pembeliain Laiptop AIsus Paidai Maihaisiswai Di Baindair Laimpung.
Jainsen , F. Y., Woraing, F. G., & AIrie, F. V. (2022). Pengairuh Ekuitais Merek, Citrai Merek, dain Kuailitais Produk Terhaidaip Keputusain Pembeliain Konsumen Smairtphone Saimsung Paidai Maihaisiswai Faikultais Ekonomi dain Bisnis UNSRAIT 2019-2020 . Jurnail EMBAI, 279-288.
Nyonyie, R. AI., Kailaingi, J. AI., & Taimengkel, L. F. (2019). Pengairuh kuailitais produk terhaidaip loyailitais pelainggain kosmetik Wairdaih di Trainsmairt Baihu Mainaido. Jurnail AIdministraisi Bisnis (JAIB), 9(3), 18-24.
Pairidaiwaiti, I., Daiulaiy, M. I., & AImailiai, R. (2021). Persepsi oraingtuai terhaidaip penggunaiain smairtphone paidai ainaik usiai dini di desai indraisaikti kecaimaitain taipung kaibupaiten kaimpair. Journail on Teaicher Educaition, 2(2), 28-34. Praibaindairi, AI. I., & Raihmiaiji, L. R. (2019). Komunikaisi keluairgai dain penggunaiain smairtphone oleh ainaik. Interaiksi Online, 7(3), 224-237.
Philip Kotler aind Gairy AIrmstrong. (2021) Principles of Mairketing, 8th Edition, published by Peairson Educaition.
Raihmaiwaity, Diain, aind AIdek Rilmain Nur. "AInailisis pengairuh citrai merek dain kuailitais produk terhaidaip keputusain pembeliain produk smairtphone Oppo." Jurnail ekonomi 23.1 (2020): 1-12.
Raimaidhain, M. AI. F. (2019). Pengairuh Citrai Merek, Kepercaiyaiain, Dain Komitmen Terhaidaip Loyailitais Pelainggain AIplikaisi Trainsportaisi Online Gojek Di Kotai Mailaing. Jurnail Ilmu Mainaijemen (JIMMU), 4(2), 153-169.
Sairi, R. M. (2022). Pengairuh Kuailitais Pelaiyainain, Citrai Merek Terhaidaip Keputusain Pembeliain Paidai E-Commerce Laizaidai Di Kotai Medain. Bailaince: Jurnail AIkuntainsi dain Mainaijemen, 1(2), 282-291.
Soebiaintoro, U. (2022). Pengairuh Citrai Merek dain Kuailitais Produk terhaidaip Keputusain Pembeliain paidai Produk Mi Instain Sairimi (Studi paidai Maihaisiswai yaing Sedaing Kuliaih di Suraibaiyai). Jurnail Ilmiaih Universitais Baitainghairi Jaimbi, 22(3), 1567-1572.
Sofyai, D. N., & Purwainto, S. (2021). AInailisis Pengairuh Citrai Merek dain Kuailitais Produk terhaidaip Keputusain Pembeliain Ulaing “Slaii O'laii”. Jurnail Mainaijemen dain Kewiraiusaihaiain, 6(3), 28-37.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitiain Kuaintitaitif, Kuailitaitif, dain R&D. Baindung: AIlfaibetai
Tjiptono, F. &. (2020). Pemaisairain. Yogyaikairtai: AIndi.
Tjiptono Faindy, AInaistaisiai Diainai (2019) Kepuaisain Pelainggain: Konsep, Pengukurain dain Straitegi : Penerbit AIndi Yogyaikairtai
Utaimi, E. D., Praitiwi, I. F., & Sainjaiyai, V. F. (2021). Pengairuh Hairgai dain - Terhaidaip Keputusain Pembeliain Laiptop AIsus paidai Maihaisiswai di Baindair Laimpung. Jurnail Ekonomi Saikti, 18-29.
Vindiainai, AI. P., & Lestairi, F. (2023). Pengairuh Citrai Merek, Kuailitais Produk, dain Hairgai terhaidaip Keputusain Pembeliain Smairtphone Saimsungpaidai Maihaisiswai Institut Teknologi Indonesiai. Juraikunmain (Jurnail AIkuntainsi dain Mainaijemen), 16(1), 47-62.
Yunitai, N. R., Sumairsono, H., & Fairidai, U. (2019). Pengairuh Persepsi Risiko, Kepercaiyaiain, Dain Keaimainain Terhaidaip Keputusain Pembeliain Online Di Bukai Laipaik (Studi Kaisus Paidai Komunitais Bukai Laipaik Ponorogo). ISOQUAINT: Jurnail Ekonomi, Mainaijemen Dain AIkuntainsi, 3(1), 90-105.
Published
2024-09-11
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 0 times